Happiness Service & Handling Complaint With NLP for Hospital

pelatihan rumah sakit

Happiness Service & Handling Complaint With NLP for Hospital

  • Yogyakarta, 15 – 16 September 2014
  • Yogyakarta,13 – 14 Oktober 2014
  • Yogyakarta,10 – 11 November 2014
  • Yogyakarta,15 – 16 Desember 2014

 

Rumah Sakit adalah sebuah institusi pelayanan jasa sehingga salah satu tolok ukurnya adalah seberapa baik-kah pelayanan yang diberikan. Karena salah satu penyebab masyarakat mau menggunakan jasa sebuah Rumah Sakit adalah pelayanan rumah sakit yang optimal dan memuaskan sehingga pasien merasa lebih dihargai. Efek umum yang terjadi didalam sebuah pelayanan adalah efek informasi dari mulut ke mulut.

Jika pelayanan yang didapatkan oleh pasien baik, maka pasien tidak hanya sekali menggunakan jasa pelayanan rumah sakit anda, bahkan mereka juga akan mengatakan hal itu kepada orang-orang di sekitarnya. Dan orang-orang tersebut akan lebih percaya terhadap orang yang sudah berpengalaman langsung dibandingkan dari iklan atau janji-janji melalui media apapun. Inilah salah satu dasar diterbitkannya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, dimana setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Pelatihan pelayanan untuk rumah sakit ini didisain dengan menggunakan pendekatan Hypnotherapy (mengoptimalkan pikiran bawah sadar) dan NLP (Neuro-Linguistic Programming) untuk dapat mengetahui jalan pikiran pasien, membangun komunikasi menggunakan Pola Bahasa Hypnotic dengan pasien serta terampil dalam membingkai ulang (Reframming) keluhan pasien. Melalui pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan efektivitas penerimaan keluhan untuk mereka yang bekerja di bidang pelayanan. Selain membantu peserta pelatihan pelayanan untuk rumah sakit ini dalam meningkatkan teknik dan metode dalam menangani keluhan berbasis Kenyamanan Pikiran dan Perasaan pasien dan pihak keluarganya.

 

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN

Pelatihan ini akan membahas mengenai seputar pelayanan prima dan handling complaint untuk rumah sakit. Berikut tujuan dan manfaat pelatihan Happiness Service & Handling Complaint With NLP for Hospital:

  1. Peserta dapat memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan Rumah Sakit.
  2. Peserta mampu melihat konsep pelayanan prima untuk rumah sakit dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami 9 Service Bites (9 Ujung Tombak) yaitu: Access, Responsiveness, Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, Professional.
  3. Peserta dapat memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image dan integritas rumah sakit yang tinggi sehingga tercipta citra rumah sakit yang baik dimata masyarakat.
  4. Peserta akan memahami keterampilan Hypnotic Communication Technique dalam menangani keluhan pelanggan dan Teknik Reframming dalam memodifikasi cara pandang pelanggan terhadap hal-hal yang dikeluhkan.
  5. Peserta dapat mentransfer energi positif dari pelayanan prima kepada pasien, dimana hal tersebut akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan akan berbuah pada loyalitas pasien kepada rumah sakit.
  6. Peserta dapat mengetahui teknik dalam menghadapi dan menangani kompalin pelanggan dan mengubah komplain tersebut menjadi sebuah alat untuk meningkatkan pelayanan.

 

MATERI PELATIHAN

Berikut adalah ringkasan materi pelatihan Happiness Service & Handling Complaint With NLP for Hospital :

1.  Konsep dasar pelayanan pelanggan

  • Setiap karyawan merupakan bagian dari system bisnis dalam sebuah perusahaan, sehingga semuanya akan terlibat penuh dalam pelayanan terhadap pelanggan, baik secara langsung (pelanggan eksternal) maupun tdak langsung (pelanggan internal).
  • Paradigma perubahan, dalam menyikapi keluhan menjadi perbaikan dan tanggung jawab sebagai dasar perubahan menjadi lebih baik.
  • Pemahaman dasar Sikap dan mentalitas implementasi service excellence

 

2. Strategi pelayanan holistic

  • Mengenal karakter buruk pelayanan rumah sakit
  • Mengenal karakter pelayanan rumah sakit yang prima
  • Strategi menghadapi perbedaan karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien
  • Implementasi pelayanan dengan multi dimensi dan multi kecerdasan.

 

3.  Handling Complaint with NLP (Neuro-Linguistic Programming).

  • Menangani dan menyelesaikan komplain dengan pendekatan mengenali type-type kepribadian.
  • Membangun sikap mental positive dalam menangani komplain
  • Teknik menangani keluhan pelanggan dengan menggunakan NLP (Neuro-Linguistic Programming) dan Hypnotic Communication Technique Dalam Menangani Keluhan Pelanggan.

 

4.  Recovery

  • Teknik dalam melalukan pemulihan setelah adanya permasalahan atau komplin.
  • Teknik Reframming dalam memodifikasi cara pandang Pelanggan terhadap hal-hal yang dikeluhkan
  • Sesi ini bertujuan untuk merebut kembali hati pelanggan sehingga akan mengembalikan suasana yang lebih baik pasca kompln.
  • Langkah-langkah praktis dalam merubah sikap dan perilaku negatif pelanggan menjadi kegembiraan dan kebahagiaan.

 

5.  Manajemen pengembangan pelayanan

  • Membangun sebuah sistem untuk mengukur kepuasan pelanggan
  • Teknik menganalisa serta evaluasi pelayanan dan complain sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan pelayanan berkelanjutan.

 

 

TARGET PESERTA PELATIHAN

  • Pimpinan Rumah Sakit, Bagian promosi rumah sakit, Sales & Marketing Rumah Sakit, Team Customers Services Rumah Sakit, Call Centre Rumah Sakit, Dept CSR Rumah Sakit, Seluruh Team Management Rumah Sakit, Dokter, Perawat, Bidan, dan semua pihak yang terkait.

 

METODE PELATIHAN

  • Penyampaian konsep
  • Diskusi kelompok
  • Latihan
  • Studi kasus

 

BIAYA PELATIHAN

Biaya pelatihan adalah Rp. 3.000.000,- / Peserta

Durasi pelatihan : 2 hari

Catatan :

  1. Harga diatas adalah harga untuk public training di Yogyakarta.
  2. Biaya pelatihan sudah termasuk ruang pelatihan di hotel beserta perlengkapan pelatihan, makan siang, coffee break, modul materi, sertifikat, training kit dan souvenir.
  3. Biaya belum termasuk transportasi dan akomodasi peserta pelatihan.
  4. Biaya belum termasuk biaya pajak (apabila dibutuhkan).
  5. Bagi peserta dari luar kota, kami dapat membantu mencarikan hotel/penginapan yang sesuai dengan kebutuhan.
  6. Untuk permintaan materi custom (yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta) atau in house training dapat menghubungi kami di sini

 

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in jadwal pelatihan training diklat bimtek 2014, pelatihan manajemen, Pelatihan NLP & Hypnotheraphy, Pelatihan Pengembangan Diri, Pelatihan Pengembangan Diri, pelatihan rumah sakit, pelatihan sdm and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.