HUMAN CAPITAL MANAGEMENT & DEVELOPMENT SYSTEM BUILDING PROGRAM (PAKET 2)

HUMAN CAPITAL MANAGEMENT & DEVELOPMENT SYSTEM BUILDING

HUMAN CAPITAL MANAGEMENT & DEVELOPMENT SYSTEM BUILDING (PAKET 2)

 

Peran Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan semakin diakui keberadaannya. Hal tersebut dikarenakan bahwa secanggih-canggihnya teknologi yang digunakan oleh sebuah organisasi/perusahaan, kembali kepada manusia lah yang merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan, untuk mencapai sasaran-sasarannya. Pengakuan pentingnya SDM tersebut dapat dilihat dari bergesernya sebutan terhadap manusia di organisasi/perusahaan, mulai dari buruh, pegawai/karyawan, SDM (Human Resource), hingga yang terbaru adalah HC (Human Capital)

Organisasi/perusahaan yang telah menggunakan istilah HC, berarti telah mengakui bahwa peran manusia di organisasi/perusahaan adalag sebagai asset, dan bukan lagi beban, manusia mempunyai peran sentral (maju mundurnya perusahaan sangat tergantung dari produktivitas HC tersebut), dan bukan lagi dianggap hanya sebagai peran pendukung saja.

Memperhatikan kondisi tersebut, maka pengelolaan manusia di suatu organisasi/perusahaan harus dikelola sedemikian rupa, sejak perencanaan hingga pensiun. Pengelolaan manusia di organisasi/perusahaan memerlukan sistem yang kuat dan terintegrasi dengan Departemen/Divisi/bagian lain, dan didukung oleh teknologi informasi, yang membuat sistem tersebut berjalan dengan lancar dan saling terkait.

Program “Human Capital Management & Development System Building” ini didisain untuk membantu organisasi/perusahaan dalam membangun sistem pengelolaan manusia, agar terencana, sistematis, terintegrasi, dan produktif, yang pada akhirnya mampu berkontribusi positif terhadap pencapaian sasaran-sasaran organisasi. Semoga disain program ini dapat berguna sebagai sebuah strategi untuk menentukan kebijakan perbaikan organisasi dan pada akhirnya perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya sekaligus mampu bersaing dan bahkan mengungguli perusahaan sejenis lainnya.

 

TUJUAN & MANFAAT PROGRAM

  1. Menyadarkan semua pihak (stakeholder) akan pentingnya peran SDM/HC di organisasi/perusahaan.
  2. Membantu pembangunan sistem manajemen dan pengembangan SDM/HC di organisasi/perusahaan.
  3. Membantu perancangan dan pengimplementasian teknologi informasi yang mendukung operasionalisasi sistem manajemen SDM/HC yang sudah terjadi.
  4. Membantu mendampingi organisasi dalam menerapkan/implementasi sistem manajemen SDM/HC.

 

SASARAN PROGRAM

  1. Pada tahap awal adanya perubahan/pembangunan mindset positif, sasarannya adalah para Supervisor ke atas (dari manajer level bawah hingga Top Manager)
  2. Pada tahap perancangan sistem manajemen & pengembangan SDM/HC, sasarannya adalah Tim kecil/Tim internal organisasi/perusahaan
  3. Pada tahap implementasi sistem manajemen & pengembangan SDM/HC, sasarannya adalah sampel dari karyawan organisasi/perusahaan untuk mendapatkan data tentang implementasi sistem yang berlaku.
  4. Pada tahap revisi sasarannya adalah Tim internal organisasi/perusahaan.

 

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

Tahapan kegiatan program “Human Capital Management & Development System Building” paket 2, sebagai berikut :

1. Workshop dengan tema pentingnya peran SDM di Organisasi/Perusahaan.

Deskripsi kegiatan :

Workshop ini ditujukan untuk seluruh pimpinan perusahaan, dari pimpinan tertinggi (Direktur) hingga level manajer, hal ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan persamaan pandangan tentang pentingnya SDM/HC yang dikelola dan dikembangkan secara terencana dan sistematis sehingga dapat memberikan peranan dalam mencapai sasaran-sasaran bisnis organisasi.

Durasi Kegiatan : 1 hari

2. Pembentukan agen perubahan internal

Deskripsi kegiatan :

Tahap Pembentukan Tim Internal (3-5 orang), yang bertugas sebagai agen perubahan internal, yang selanjutnya bersama-sama dengan Trainer / Konsultan bekerjasama untuk membentuk dan membangun sistem Manajemen dan Pengembangan SDM/HC.

3. Pelatihan Basic Human Resource Management

Deskripsi kegiatan :

Tim internal yang telah dibentuk akan diberikan pemahaman mengenai dasar-dasar manajemen dan pengembangan SDM/HC dan memahami semua proses yang ada sehingga dapat menerapkan dan merancang sebuah kebijakan yang tepat terkait tugasnya di bidang HRD

Durasi Kegiatan : 3 hari

4. Pelatihan Job Analysis

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pengetahuan untuk dapat melakukan pengkajian seputar struktur organisasi, rincian tugas, tanggung jawab, wewenang, hubungan kerja, lingkungan kerja, yang akan digunakan untuk berbagai proses lainnya (Analisis Beban Kerja, Disain sistem Penggajian, dsb) dengan menggunakan beberapa metode: observasi sampel pekerjaan, kuesioner, hingga FGD (Focus Group Discussion).

Durasi Kegiatan : 3 hari

5. Pelatihan Competencies Mapping

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pengetahuan untuk membuat berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh semua level pekerjaan/jabatan, yang berasal dari visi-misi-value organisasi, job description. Pengetahuanini selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk penentuan persyaratan pemegang jabatan, mencari kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan, dan sistem – sistem SDM/HC lain yang berbasis kompetensi.

Durasi Kegiatan : 3 hari

6. Pelatihan Workload Analysis/Analisis beban Kerja

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pengetahuan tentang proses penghitungan beban kerja pada setiap jabatan, unit kerja, kebutuhan SDM, efisiensi & efektivitas  serta prestasi suatu jabatan dan unit kerja, penyempurnaan struktur organisasi dan total organisasi serta pemanfaannya utk HRD/HC Manajemen & Development.

Durasi Kegiatan : 3 hari

7. Pelatihan Human Capital Procurement

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pengetahuan seputar proses pembuatan perencanaan, pengadaan, penyeleksian, penempatan dan perpindahan SDM. Sehingga perusahaan memiliki sistem perencanaan, pengadaan, penyeleksian, penempatan, hingga perpindahan SDM yang tepat.

Durasi Kegiatan : 3 hari

8. Pelatihan Human Capital Performance System

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pengetahuan tentang perancangan sistem penilaian kinerja/KPI (Key Performance Indicator) level corporate, unit kerja, sampai individu, hingga manajemen kinerja HC (pengukuran, pemanfaatan hasil, sistem umpan balik, dan kaitannya dengan kebutuhan pelatihan dan pengembangan HC).

Durasi Kegiatan : 3 hari

9. Pelatihan Human Capital Development System

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pemahaman tentang Career Management & Development, Talent Management, Assessment Center System, Training & Development, Sehingga diharapkan perusahaan akanme miliki sistem yang tepat untuk melakukan pengembangan SDM/HC, termasuk di dalamnya perencanaan dan manajemen karir, perencanaan suksesi, penilaian kompetensi SDM, peta SDM, pelatihan dan pengembangan SDM yang dibutuhkan.

Durasi Kegiatan : 3 hari

10. Pelatihan Reward Management System

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pemahaman tentang proses pemberian imbalan SDM, dimulai dari pembuatan evaluasi jabatan, bobot jabatan, struktur penggajian, penentuan gaji dasar, berbagai tunjangan dan benefit lain. Sehingga perusahaan dapat memiliki sistem imbalan yang adil , menarik dan memotivasi.

Durasi Kegiatan : 3 hari

11. Pelatihan Human Capital Relations System

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberikan pemahaman tentang hubungan industrial melalui pembuatan Kesepakatan Kerja Bersama, termasuk sistem hubungan ke luar organisasi, penyelesaian konflik/perselisihan, termasuk berbagai sistem untuk mengelola hubungan antara SDM dengan pemilik.

Durasi Kegiatan : 2 hari

12. Pelatihan Human Capital Termination

Deskripsi kegiatan :

Peserta akan diberika npemahaman tentang program pengelolaan pensiun dan resign SDM, dimulai dari persiapan pra pensiun, sampai pengelolaan dana pensiun SDM. Sehingga perusahaan memiliki sistem pengelolaan pensiun SDM, baik pensiun normal, ataupun karena sebab-sebab lain.

Durasi Kegiatan : 2 hari

 

 

Untuk melihat seluruh paket program “Human Capital Management & Development System Building” silahkan klik disini.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kontak kami.

 

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • human capital development adalah
  • tugas hc
  • bagaimana system human development bagi perusahaan
  • tugas human capital
  • tugas dan tanggung jawab human capital
  • tugas kerja human capital development
  • tugas human capital di banj
  • tugas dari divisi humdan
  • tugas divisi human capital
  • tugas gm human capital
This entry was posted in HUMAN CAPITAL MANAGEMENT & DEVELOPMENT SYSTEM BUILDING PROGRAM, Jasa Konsultan SDM Konseling & Pendampingan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.