Manajemen Strategi dalam Pengembangan Pelayanan Kesehatan

Setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat (UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009). Tidak terkecuali instansi rumah sakit, sebagai pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tidak boleh tidak pun harus memberikan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya. Untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang sinergis dari berbagai komponen.

Dengan demikian, menjadi suatu keharusan bagi rumah sakit yakni membuat suatu sistem manajemen pelayanan kesehatan rumah sakit yang mencakup semua aspek yang diperlukan untuk terlaksananya sistem pelayanan yang efisien dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, perlu diterapkannya manajemen yang baik guna mendukung tercapainya penyediaan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.

Dalam perkembangannya, mulanya pola manajemen yang diterapkan pada instansi rumah sakit selalu berpola pada kepentingan internal instansi, namun dewasa ini bergeser menjadi pola yang mengacu kepada kepentingan dan tuntutan kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan apabila pada saat ini rumah sakit-rumah sakit telah mengembangkan sistem pelayanan kesehatan yang berbasis kepada kebutuhan konsumen.

Manajemen strategi merupakan suatu cara berpikir dan cara mengelola organisasi. Manajemen strategis tidak terbatas pada bagaimana mengelola pelaksanaan kegiatan di dalam organisasi, tetapi juga bagaimana mengembangkan sikap baru berkaitan dengan perubahan eksternal. Pemahaman mengenai makna manajemen strategis tidak hanya terbatas pada aspek pelaksanaan rencana, teapi lebih jauh lagi ke aspek visi, misi, dan tujuan kelembagaan.

Konsep pengembangan manajemen strategis diambil dari pengalaman pengembangan lembaga yang bersifat for profit. Keadaan ini sebenarnya menunjukkan kekurangan lembaga non profit dalam menjalankan usahanya, dan nampaknya sistem yang berjalan sering berjalan tidak efisien dan kurang memuaskan konsumen. Hal ini dapat membahayakan kelangssungan / keberlanjutan eksistensi lembaga non profit, khususnya yang harus bersaing dengan pelayanan serupa tetapi memiliki orientasi usaha for profit.

Secara singkat, beberapa penulis seperti Duncan dkk (1995), Truitt (2002), dan Katshioloudes (2002) mengambbarkan manajemen strategis sebagai langkah-langkah para pemimpin organisasi melakukan berbagai kegiatan secara sistematis. Langkah-langkah tersebut antara lain melakukan analisis lingkungan organisasi yang memberi gambaran mengenai peluang dan ancaman. Kemudian langkah berikutnya melakukan analisis kekuatan dan kelemahan organisasi dalam konteks lingkungan internal. Kedua langkah ini dilakukan dalam usaha menetapkan visi, misi dan tujuan organisasi.

Pernyataan misi merupakan hal utama dalam lembaga yang bersifat mission driven sehingga analisis lingkungan luar dan dalam lebih dipergunakan untuk menyusun strategi. Langkah berikutnya adalah merumuskan strategi sesuai dengan kekuatan dan kelemahan organisasi yang berada pada lingkungan yang mempunyai peluang atau ancaman. Melaksanakan strategi merupakan bagian dari manajemen strategi dalam pengembangan pelayanan kesehatan. Pelaksanaan strategi tersebut akan dilaksanakan bersama dalam sistem pengendalian strategis untuk menjamin tercapainya analisis perubahan dan persiapan penyususnan, diagnosis kelembagaan dan analisis situasi, formulasi strategi, pelaksanaan strategi dan pengendalian strategi.

Sumber: Makalah Prof. Dr. Ir. Suyadi, MSc, Health Services Management: An Interdisciplinary Approah

Incoming search terms:

  • manajemen strategi rumah sakit pdf
  • manajemen strategi rumah sakit
  • makalah manajemen strategi kesehatan
  • manajemen strategik dalam kesehatan
  • manajemen strategik kesehatan
  • pengembangan pelayanan adalah
  • pengembangan sdm di rumah sakit pada pelayanan kesehatan
  • sistem manajemen yang wajib diterapkan pada manajemen rumah sakit
  • soal manajemen strategis pelayanan kesehatan
  • strategi dalam sistem pelayanan kesehatan
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.