Manfaat Pelatihan Manajemen Pemasaran bagi Industri

Pada masa sekarang ini, suatu perusahaan atau pelaku industri kecil-menengah dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dan mengikuti kebutuhan pasar. Keterlambatan dalam memonitor kebutuhan pasar (konsumen), keberadaan para pesaing, kurangnya peningkatan serta pengembangan nilai produk yang ditawarkan menjadi faktor yang sering menjadi penyebab kegagalan para pelaku industri kecil saat ini. Konsumen yang notabene saat ini lebih kritis, serta sarana informasi yang lebih mutakhir menjadikan mereka lebih mudah dalam mengakses informasi yang dibutuhkan mengenai berbagai produk yang tersedia dan ditawarkan pasar.

Oleh sebab itu, pelaku industri maupun perusahaan kecil-menengah secara umum dituntut untuk segera menemukan suatu strategi bisnis terutama dalam manajemen pemasaran agar supaya produk yang ditawarkan dapat diterima dan diminati pasar (konsumen). Dengan diterapkannya suatu strategi pemasaran yang baik, suatu program pemasaran yang terpadu yang mampu menyediakan bagi konsumen produk dengan level penawaran yang lebih akurat, diharapkan mampu untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif.

Namun demikian, yang menjadi permasalahan adalah masih minimnya pengetahuan kita tentang strategi atau manajemen pemasaran. Dalam manajemen pemasaran, hal mendasar yang perlu kita kuasai adalah meliputi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), serta kecakapan (ability) manajemen pemasaran. Contoh sederhana yang biasanya menjadi problem bagi industri-industri kecil dalam masalah manajemen pemasaran misalnya pertama, belum memiliki kemasan yang menarik, label dan merek, kedua harga penjualan produk belum mendatangkan laba yang wajar, ketiga saluran distribusi (perantara) belum mampu menyalurkan (mendistribusikan) dalam skala besar. Kemudian apa yang harus dilakukan untuk mengatasi problem mendasar tersebut?

Salah satu langkah yang mungkin dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengagendakan suatu program pelatihan manajemen pemasaran. Sebab dengan mengikuti program pelatihan pemasaran, kita akan mendapatkan pengetahuan secara mendasar tentang strategi pemasaran, apa itu manajemen pemasaran, serta bagaimana cara mengaplikasikannya, sehingga dengan pengetahuan yang kita dapatkan dalam program pelatihan tersebut, kita dapat membuat suatu langkah jitu untuk dapat mendongkrak produksi produk dan penjualan dalam perusahaan kita.

Dengan pengetahuan yang kita peroleh dari agenda pelatihan manajemen pemasaran tersebut, pelaku industri kecil-menengah dapat membuat langkah yang tepat semisal membuat kemasan, label dan merek yang lebih menarik minat konsumen, memasarkan produk dengan harga penjualan yang mendatangkan laba baik, ataupun kecakapan dalam memasarkan produk dengan melakukan promosi. Dengan demikian, perusahaan atau pelaku industri kecil-menengah dapat dan mampu menyesuaikan diri dan mengikuti kebutuhan pasar. Dengan kata lain, pelatihan manajemen pemasaran memiliki manfaat yang besar dalam memaksimalkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan kecakapan (ability) manajemen pemasaran para pelaku industri dalam memecahkan masalah manajemen pemasaran.

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.