Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Empat Teknik Marketing

Pelatihan di Jogja – Dalam upaya meningkatkan daya jual produk, perusahaan tentunya wajib memiliki strategi pemasaran agar memiliki daya tawar serta dapat menarik perhatian konsumen. Hal ini menjadi penting sebab strategi pemasaran yang baik mampu meningkatkan nilai tambah serta penjualan suatu produk, terlebih mengingat persaingan bisnis pada era sekarang semakin ketat (Baca: Pentingnya Manajemen dan Strategi Pemasaran). Dalam hal ini, terdapat empat teknik marketing yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan daya jual. Keempat teknik marketing tersebut juga mampu meningkatkan daya saing perusahaan kita sehingga menjadikannya lebih unggul dari kompetitor-kompetitor yang ada.

Menonjolkan Kegunaan Produk Bagi Customer
Teknik marketing pertama yang dapat diterapkan adalah dengan menonjolkan manfaat serta kegunaan produk yang kita tawarkan. Seorang customer tentunya akan membeli sebuah produk yang mereka butuhkan. Pelanggan tentunya tidak akan menyia-nyiakan uang yang mereka keluarkan untuk membeli barang yang sama sekali tidak mereka butuhkan. Oleh sebab itu, semakin kita menawarkan produk dengan manfaat dan kegunaan sebagaimana dibutuhkan, maka semakin banyak pula customer yang membutuhkannya kemudian membelinya. Baca: Strategic Brand Building Management.

Menekankan pada Benefit yang Dimiliki Produk
Masih sejalan dengan poin sebelumnya, teknik marketing yang kedua adalah dengan menekankan pada benefit produk tersebut. Sekali lagi, customer tentunya akan berpikir seribukali untuk membeli produk yang tidak memiliki banyak benefit bagi dirinya. Oleh karena itu, produsen haruslah memeberikan penekanan pada benefit yang dimiliki produk. Dengan begitu, konsumen tidak perlu merasa harus berpikir dua kali untuk membeli barang yang memang memiliki benefit bagi dirinya.

Sesuaikan Harga Dengan Kemampuan Pasar
Selanjutnya, teknik marketing yang ketiga adalah menyesuaikan harga dengan kemampuan beli pasar. Sukses tidaknya suatu produk ketika dilepas di pasar tentunya dapat diukur dengan seberapa besar “animo beli” customer (Baca: Customer Satisfaction Survey). Ini tentu sangat ditentukan oleh harga yang kita pasang. Karena itu, sebagai produsen kita harus jeli dalam menentukan serta menyesuaikan harga sesuai dengan kemampuan pasar supaya produk tersebut dapat terserap atau terbeli. Semakin kita dapat menyesuaikan harga dengan kemampuan pasar (semisal dengan membuat produk dengan versi yang lebih ekonomis), maka semakin besar pula peluang kita untuk memperluas area penjualan. Baca: Strategic Marketing For Business Expansion

Menyampaikan “True Value” dari Produk yang Ditawarkan
Salah satu yang pendukung penting untuk suksesnya penjualan produk yang kita miliki adalah iklan atau promosi yang kita berikan. Sebuah advertisment yang baik tentunya dapat mentransformasikan value yang dimiliki oleh produk tersebut, serta mampu membangun “citra” sehingga dapat menarik customer. Dalam hal ini, yang perlu digarisbawahi adalah iklan tersebut mampu menyampaikan nilai atau pesan yang ada pada produk tersebut (Baca: Value Added Market Strategic). Sebagai contoh, iklan minuman yang sukses dapat mentransformasikan nilai kesegaran minuman yang dimiliki oleh produk tersebut kepada konsumen, sehingga dengan meminumnya dapat menghilangkan dahaga serta membuat konsumen merasa segar. Dengan demikian, kemampuan dalam menyampaikan “true value” dari produk yang ditawarkan memiliki peran signifikan untuk meningkatkan daya jual suatu produk.

Sebagai kesimpulan, di era ekonomi global seperti halnya sekarang, persaingan antar produsen/perusahaan tentunya tidak dapat terelakkan. Karena itu, hal yang sangat menentukan agar produk/perusahaan yang kita miliki dapat survive dan bahkan semakin berkembang adalah upaya dan semangat kita untuk belajar, kejelian dalam membaca situasi, serta kecerdasan kita dalam menciptakan trobosan. Baca juga: Budayakan Kebiasaan Berikut untuk Meningkatkan Produktivitas.

Incoming search terms:

  • teknik membaca saing
  • Cara meningkat kan daya jual
  • strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing
  • pensiun
  • pelayanan image
  • meningkat kan daya jual marketing
  • manfaat peningkatan daya saing
  • home office construction human resources management information system
  • customer focused selling skill
  • cara untuk meningkatkan daya jual dan daya saing suatu produk
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.