Pelatihan Peningkatan Kinerja Karyawan

Pelatihan Peningkatan Kinerja Karyawan

Pelatihan Peningkatan Kinerja Karyawan

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), adalah mendapatkan orang-orang untuk mengisi organisasi. Biasanya yang menangani masalah ini dikoordinir oleh Departemen SDM dan melibatkan bagian-bagian lain yang terkait (pada organisasi yang besar). Pada organisasi yang kecil pemimpin dapat secara langsung melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain atau para ahli.

Namun, terdapat satu langkah penting yang harus dilakukan sebelum melakukan penerimaan tenaga kerja baru (recruitment), yaitu menentukan jenis atau kualitas pegawai yang diinginkan untuk mengisi jabatan tersebut dan rincian mengenai jumlah atau kuantitas yang nanti akan menempati jabatan tersebut. Dengan demikian fungsi atau kegiatan pertama dalam manajemen SDM adalah mendapatkan orang yang tepat, baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Setelah itu dilanjutkan pada penarikan tenaga kerja, seleksi penempatan, orientasi, promosi dan pemindahan atau mutasi.

Kebutuhan tenaga-tenaga terampil sudah merupakan tuntutan yang tidak dapat ditunda lagi. Di masa krisis yang melanda seperti saat ini, justru seharusnya para manajemen puncak harus lebih menyadari bahwa tuntutan untuk memiliki SDM yang handal harus dilakukan secara terus-menerus. Salah satu caranya adalah melalui pendidikan dan pelatihan SDM (diklat). Pendidikan dan pelatihan SDM yang direncanakan sesuai dengan analisis kebutuhan akan dapat menghasilkan tenaga-tenaga SDM yang handal. Di samping itu, pendidikan dan pelatihan SDM akan dapat mempercepat (akselerasi) dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap semua karyawan. Oleh karena itu peranan pendidikan dan pelatihan adalah hal yang penting bagi setiap organisasi.

Di lain pihak, dengan adanya pendidikan dan pelatihan juga akan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Kinerja merupakan suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan. Untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, seseorang harus memiliki derajat kesediaan dan tingkat kemampuan tertentu. Kesediaan dan keterampilan seseorang tidaklah cukup efektif untuk mengerjakan sesuatu tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya. Salah satu cara yang cepat untuk dapat menghasilkan karyawan yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai adalah dengan memberikan program pendidikan dan pelatihan SDM yang tepat, terencana dan terus menerus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan para karyawan yang akan berdampak pada kinerja karyawan dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan.

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • pelatihan pegawai
  • pengembagan kinerja
  • pelatihan kinerja
  • pelatihan pelatihan kinerja
  • pelatihan untuk meningkatkan kinerja
  • pelatihan untuk pegawai
  • pelatihab dan pengembangan kinerja karyawan
  • materi pelatihan konerja karyawan
  • pengajuan pelatihan peningkatan skill karyawan
  • bahan pelatihan untuk meningkatkan kinerja karyawan
This entry was posted in Artikel and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.