Pentingnya Manajemen dan Strategi Pemasaran

Pada era pasar global seperti sekarang ini, adanya manajemen dan strategi pemasaran yang baik tentu sangat berdampak signifikan bagi suatu perusahaan. Sebab, dengan adanya manajemen pemasaran yang baik, perusahaan dapat bertarung di dalam kancah persaingan pasar serta mendapatkan laba atau keuntungan sebagaimana yang sudah ditargetkan.

Philip Kotler menyebutkan bahwa “manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.”

Manajemen pemasaran merupakan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan membangun komunikasi, interaksi, sehingga dapat membuat suatu pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan rangka untuk mencapai tujuan yang sudah ditargetkan. Titik tekan diletakkan pada penawaran perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut serta menentukan harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.

Terdapat beberapa aspek penting perihal manajemen pemasaran yang perlu untuk perhatikan untuk keberhasilan pemasaran, salah satunya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran menurut W. Y. Stanton adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Oleh sebab itu, strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.

Incoming search terms:

  • strategi manajemen pemasaran
  • pentingnya strategi pemasaran
  • pentingnya strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan
  • jelaskan pentingnya manajemen pemasaran bagi sebuah perusahaan
  • pentingnya strategi manajemen pemasaran
  • pentingnya strategi dalam pemasaran
  • pentingnya menejemen pemasaran dalam perusahaan
  • pentingnya manjemen pemasaran dalam perusahaan
  • pentingnya manajemen pemasaran bagi sebuah perusahaan
  • apa pentingnya srtategi dan teknik pemasaran
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.