Pentingnya Menjaga Keseimbangan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Pelatihan di Jogja – Konsep keseimbangan antara kehidupan pribadi dan dunia kerja bagi karyawan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Ini dapat membantu mereka dalam memanage waktu dengan baik, antara pekerjaan dan aspek-aspek dalam keseharian (pribadi) yang tidak kalah pentingnya, seperti waktu bersama keluarga, teman, komunitas, dan aktivitas yang bersifat personal lainnya. Dengan demikian, hal tersebut dapat berefek positif bagi para pekerja dalam menjalankan tugas dan tuntutan-tuntutan pekerjaan.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa dengan menjaga keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan, hal tersebut dapat mengurangi tingkat stress bagi para pekerja. Ketika karyawan, staff, atau pekerja menghabiskan sebagian besar waktunya, setiap hari hanya untuk bekerja dan bekerja, tanpa adanya porsi yang seimbang dengan kehidupan pribadinya, maka dapat berujung pada hal yang negatif, seperti stress (Baca juga: Tips agar Tidak Membawa Persoalan Pribadi ke Kantor).

Ini juga hendaknya juga menjadi tanggungjawab bagi perusahaan. Sebab, kinerja karyawan sangat berpengaruh terhadap produktivitas perusahaan (Baca juga: Budayakan Kebiasaan Berikut untuk Meningkatkan Produktivitas). Salah satu upaya yang dapat dilakukan misalnya, menyusun waktu kerja yang fleksibel (tanpa mengesampingkan kedisiplinan), menjalin komunikasi yang baik dengan pekerja, serta mengagendakan kegiatan semisal family event yang diprakarsai oleh perusahaan.

Menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan dunia kerja para pekerjanya merupakan solusi bagi setiap perusahaan. Adalah pasti, setiap perusahaan di mana pun itu memiliki permasalahan terkait dengan pekerjanya. Ini bisa jadi disebabkan karena ketidak-adaannya keseimbangan work-personal life. Dengan menjaga keseimbangan hidup-kerja karyawan, mereka akan merasa “dimanusiakan”, dan dengan demikian, menimbulkan loyalitas dalam diri mereka. Dan ini tentunya juga berdampak positif bagi perusahaan (Baca juga: Kiat Menjaga Karyawan tetap Senang dan Semangat Bekerja).

This entry was posted in Artikel, Education and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.