Pentingnya Pelatihan Leadership

Seorang pemimpin merupakan sosok penting yang mampu membaca setiap situasi dengan cermat, jeli melihatnya dari berbagai sisi, mampu mengetahui kapasitas anak buahnya, serta tahu bagaimana cara untuk mengembangkannya dengan tepat serta harus bisa memotivasi anak buahnya untuk bekerja dengan  lebih efektif dan efisien. Untuk itu, seorang pemimpin haruslah menguasai strategi leadership dengan baik.

Leadership atau kepemimpinan bisa diartikan sebagai teknik untuk mempengaruhi orang-orang yang berada di sekitar kita, agar supaya dapat bekerjasama demi mencapai tujuan, target atau keinginan yang diharapkan.  Untuk mempunyai semangat atau jiwa leadership, seseorang haruslah sering terlibat bekerjasama sebagai tim dalam suatu kegiatan atau aktivitas apapun itu. Sebab, dalam proses kerjasama dalam sebuah tim tersebut pada dasarnya terdapat unsur-unsur komunikasi, diskusi, solusi, ide, pemikiran, serta pemecahan masalah yang nantinya akan sangat diperlukan. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk menanamkan semangat kepemimpinan dalam pribadi masing-masing.

Leadership atau kepemimpinan pada dasarnya dapat dibentuk dan dilatih sejak usia dini, agar pada saatnya nanti ketika menghadapi beberapa permasalahan, dapat dengan mudah mencari dan menemukan solusi atau alernatif penyelesaian masalah tersebut. Untuk itu, semangat leadership sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dikarenakan seseorang yang mempunyai semangat atau jiwa leadership yang matang mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi pada setiap amanah atau aktivitas yang sudah menjadi tanggung jawabnya. terlebih ketika berada dalam dunia kerja.

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan semangat leadership, seseorang juga dapat mengikuti sebuah pelatihan leadership. Sebab dengan mengikuti pelatihan, seseoranbg mendapatkan arahan serta pengetahuan tentang kepemimpinan dengan lebih terstruktur, tentunya dari pemateri-pemateri yang memang berkompeten dalam bidang tersebut, dengan harapan mendapatkan hasil yang maksimal dan menciptakan sumber daya manusia yang lebih berkompeten, terlebih ketika seseorang tersebut berada dalam dunia kerja atau perusahaan.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan hendaknya mengagendakan pelatihan leadership secara berkala dalam perusahaan mereka. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mengasah kemampuan leadership yang sangat dibutuhkan oleh para karyawan atau anggota tim mereka.

Sumber: https://putripasir.wordpress.com/2015/05/09/pentingnya-pelatihan-leadership/

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.