Peran Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam Meningkatkan Kompetensi

Peran Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam Meningkatkan Kompetensi

Sebagaimana diketahui, pelatihan maupun bimbingan teknis (bimtek), merupakan kegiatan pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap individu maupun institusi tertentu. Sehingga dengan mengikuti Bimtek diharapkan setiap individu maupun institusi tertentu, baik swasta maupun lembaga pemerintahan, dapat mengambil sebuah manfaat dengan berorientasi pada kinerja. Menghadapi kenyataan bahwa semakin tingginya tingkat kompetensi yang dibutuhkan, maka tentunya pelatihan pengembangan sdm ataupun bimtek telah menjadi sebuah kebutuhan untuk individu, instansi, ataupun lembaga pemerintahan.

Berdasarkan hal itu, oleh karenanya pelatihan-sdm.net menyediakan program Bimtek lembaga pemerintahan. Bimtek lembaga pemerintahan menyajikan materi bimbingan teknis yang disesuaikan dengan kebutuhan dari lembaga pemerintahan dengan tujuan agar setelah mengikuti kegiatan bimtek ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kinerja.

Sebagai contoh, Bimtek Administrasi Kepegawaian. Mengingat diperlukannya sdm yang mampu menunjang kelancaran dalam kegiatan organisasi dalam suatu institusi maupun lembaga pemerintah, khususnya dalam bidang kepegawaian, tentunya dibutuhkan pejabat yang mampu menyusun administrasi kepegawaian secara benar sehingga penempatan personil sesuai dengan tingkat pendidikan dan kemampuannya.

Administrasi Kepegawaian pada hakikatnya melakukan dua fungsi yaitu fungsi manajerial, dan fungsi operatif (teknis). Fungsi manajerial berkaitan dengan pekerjaan pikiran atau menggunakan pikiran (mental) meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian pegawai. Sedangkan fungsi operatif (teknis), berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dengan fisik, meliputi pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemensiunan pegawai.

Oleh karena itu, sangatlah penting diadakannya Bimtek Administrasi Kepegawaian, sehingga dengan diadakannya program bimtek administrasi kepegawaian tersebut ditujukan agar tercetak sdm yang mampu menunjang kelancaran dalam kegiatan organisasi dalam suatu institusi maupun lembaga pemerintah, khususnya dalam bidang kepegawaian.

Contoh lainnya, semisal Bimtek Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai. Mengingat bahwa tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin besar, namun profesionalisme yang diharapkan belum juga sepenuhnya dapat terwujud. Salah satu penyebab utama adalah kinerja dan produktivitas pegawai negeri sipil (PNS) yang rendah. Konsekuensinya adalah jika kompetensi pegawai rendah, otomatis sudah jelas pembangunan negara juga terhambat.

Oleh sebab itu, sangatlah perlu diadakannya Bimtek Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) untuk mencetak sdm yang memiliki kompetensi dan produktivitas yang tinggi, sebab keberadaan birokrat yang baik sangat penting dalam mendukung pembangunan bangsa.

Seperti yang telah disebut di atas, mengingat bahwa sangat dibutuhkannya sdm yang memiliki kompetensi tinggi dalam suatu institusi, baik swasta maupun lembaga pemerintahan, maka peran pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) dalam meningkatkan kompetensi sangatlah diperlukan.

Incoming search terms:

  • bimtek adalah
  • pengertian bimtek
  • apa itu bimtek
  • arti bintek
  • Apa itu BIMTEK?
  • pengertian bimbingan teknis
  • bintek
  • bimbingan teknis
  • manfaat bimtek
  • apa itu bintek
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.