Personal Development Planning

Personal Development Planning berisi perencanaan mengenai pembelajaran karyawan yang bertujuan sebagai pengembangan personal dan pengembangan karir individu. Personal Development Planning disusun oleh karyawan yang bersangkutan, ini berarti karyawan sepenuhnya bertanggung jawab dalam merumuskan dan mengimplementasikan rencana tersebut, namun masih dalam pengawasan oleh atasan dari karyawan yang bersangkutan.

Perencanaan Personal Development Planning merupakan suatu kegiatan yang dapat mengecilkan atau bahkan menghilangkan gap antara apa yang telah dipenuhi dan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi persyaratan kompetensi pada posisi-posisi yang ditargetkan. Oleh karena itu, Personal Development Planning dihasilkan dari perbandingan antara kekuatan individu dengan kelemahannya dan potensi yang ada pada individu untuk berkembang dalam rangka mencapai karir yang diharapkannya.

Di dalam Personal Development Planning juga tercantum kontrak belajar, kontrak kinerja, dan formulir perencanaan karir. Kontrak belajar adalah suatu persetujuan untuk belajar, kontrak kinerja adalah persetujuan untuk mencapai level kinerja yang teridentifikasi dan dapat diukur, sedangkan formulir perencanaan karir adalah alat untuk membantu individu dalam mengidentifikasi tujuan karir dan menetapkan strategi efektif untuk mencapainya.

McBeath mengatakan bahwasanya Personal Development Planning berisi rangkuman singkat mengenai informasi penting terkait dengan rencana pengembangan dan karir karyawan. Isi dan bentuk dari formulir Personal Development Planning sangat bervariasi tergantung kebutuhan dari perusahaan. Adapun isi dalam Personal Development Planning meliputi data personal karyawan, rangkuman karir dan pengalaman karyawan, kekuatan dan kelemahan karyawan, pilihan pekerjaan dan karir karyawan secara personal, dan aktivitas rencana pengembangan karyawan.

Personal Development Planning merupakan sebuah win-win strategy di perusahaan karena memiliki manfaat bagi karyawan dan juga perusahaan sekaligus. Implementasi dari Personal Development Planning membantu karyawan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman sehingga secara langsung manfaat yang diterima karyawan adalah tercapainya tujuan karir baik di dalam maupun diluar organisasi. Sedangkan manfaat bagi perusahaan adalah dengan mengembangkan kapabilitas karyawan, maka akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan pada akhirnya dapat membantu organisasi untuk lebih efektif.

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.