4 Hal Untuk Menciptakan Customer Experience Yang Baik

Pelatihan Sdm

4 Hal Untuk Menciptakan Customer Experience Yang Baik 

Customer experience adalah sentimen keseluruhan yang dimiliki konsumen terhadap setiap interaksi dengan merek (brand). Interaksi ini tidak harus berupa transaksi jual beli, tapi juga bisa berlaku sejak tahap awareness hingga pelayanan. Semakin baik customer experience yang dimiliki konsumen, maka idealnya semakin baik pula pengaruhnya terhadap hasil penjualan. Salah satu kunci penting dari terbentuknya customer experience yang baik adalah adanya visi yang jelas. Bukan hanya sembarang visi, tapi visi yang fokus pada konsumen atau istilahnya customer centric. Cara termudah untuk menentukan visi ini adalah dengan mencatat sederet pernyataan yang nantinya bisa berperan sebagai panduan atau guideline bisnis dalam beroperasi.

Membangun pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran karena pengalaman adalah tahap utama untuk merebut hati pelanggan. Pada tahap ini, pelanggan tidak sekadar memperoleh informasi maupun janji-janji seperti dalam iklan, tetapi pelanggan merasakan dan mengalami sendiri keterlibatan dengan produk maupun layanan dari perusahaan tersebut. Setelah mereka merasakan bagaimana kualitas produk dan pelayanan, pelanggan akan memberikan informasi yang baik pada pelanggan lain. Sehingga Anda sebagai pengusaha bisa menjual barang sebanyak-banyaknya dengan cara ini.

Untuk dapat menciptakan pengalaman pelanggan (customer experience) yang baik, Anda perlu melakukan beberapa hal penting berikut ini :

1.  Menentukan Experience

Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda, tergantung dari kebutuhan dan aktivitas yang dilakukannya. Perbedaan ini juga akan berpengaruh terhadap penentuan pengalaman pelanggan (customer experience) yang akan Anda jadikan sebagai target. Sebagai contoh, jika Anda akan mempromosikan sebuah ponsel premium, pemasaran akan menonjolkan tampilan yang elegan, dipasarkan secara personal atau eksklusif dan dengan desain yang unik. Berbeda jika Anda menawarkan ponsel yang bersifat massal, Anda akan menawarkan harga yang murah, desain biasa pada banyak kerumunan orang.

2.  Pelayanan yang Cepat

Saat ini banyak konsumen yang memilih pelayanan cepat dengan tanggapan yang baik terhadap pelanggan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pengalaman yang baik, berikan pelayanan secepat mungkin kepada semua pelanggan. Baik pelayanan secara langsung maupun tidak, Anda harus berlaku adil. Jika pelanggan menghubungi secara online, maka segera tanggapi pesan tersebut. Jangan menunda-nunda hanya karena konsumen tidak terlihat dan membelinya secara online.

3.  Berinteraksi dengan Pelanggan

Pengalaman juga bisa dibangun pada saat berinteraksi dengan pelanggan, karena pada saat itu pengusaha bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan pelanggan. Dengan melakukan interaksi, Anda bisa membangun tiga hal, yakni Experience Response Point (ERP), Experience Voting Points (EVP), dan Experience Touch Point (ETP). ERP menjadi poin utama dalam experience pada pelanggan, meskipun  produk yang ditawarkan tidak berupa makanan dan minuman. ERP juga bisa dengan konteks atau cara menyajikan, seperti interior ruang, jenis bangku, live music, mini bar, dan sebagainya.

4.  Memberi Reward

Pelanggan merupakan orang yang sangat penting bagi perusahaan. Karena tanpa pelanggan, penjualan produk tidak akan berhasil sehingga perputaran keuangan perusahaan pun tidak berjalan. Untuk menghargai hal tersebut, berikan reward kepada pelanggan sebagai wujud terima kasih. Anda bisa memberikannya secara langsung melalui ucapan atau memberikan sebuah hadiah pada periode tertentu. Dengan pemberian reward ini, akan tercipta customer experience yang baik demi kemajuan usaha.

This entry was posted in pelatihan marketing and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.