Aplikasi Gratis Paling Diminati Untuk Video Conference

Pelatihan Sdm

Aplikasi Gratis Paling Diminati Untuk Video Conference

Kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan setiap orang mengurus segala macam keperluan dengan mudah melalui smartphone, laptop, dan PC. Dalam hal ini, termasuk pula urusan pekerjaan, rapat hingga menggelar pelatihan yang tidak melulu harus dilakukan secara formal di kantor atau datang ke lokasi berlangsungnya acara. Karena, sekarang sudah ada beragam aplikasi video conference terbaik yang dapat digunakan secara gratis di berbagai perangkat seperti smartphone maupun laptop, dan PC. Dengan aplikasi perteman virtual ini, para pekerja profesional yang bekerja dari rumah tetap bisa berkomunikasi lancar dengan rekan kerja yang lain.

Penggunaan aplikasi video conference tentunya jauh lebih efektif dan menjadi solusi untuk komunikasi secara audio dan visual daripada hanya melalui pesan teks. Beberapa aplikasi ini mendukung layanan video call untuk menggelar konferensi jarak jauh dan mampu menampung kapasitas peserta rapat yang cukup banyak.

1.    Zoom Cloud Meeting

Zoom adalah aplikasi video conference yang mulai banyak digunakan oleh kebanyakan orang terutama oleh para pekerja kantoran. Untuk aplikasi gratis dari Zoom dapat menampung maksimal 25 orang dalam melakukan panggilan. Dengan menggunakan Zoom, bukan hanya bisa mengadakan video conference saja, tetapi juga audio conference, live chat, merekam jalannya konferensi, dan webinar. Dari sisi kelebihannya, Zoom memiliki fitur share screen alias dapat memperlihatkan layar komputer atau laptop ke orang lain yang sedang dalam panggilan tersebut. Jadi, bisa menampilkan slide presentasi, jurnal, buku, dan lain sebagainya sebagai pendukung materi konferensi yang sedang dilakukan.

2.    Google Hangouts Meet

Aplikasi Google Hangouts Meet ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan kerja melalui video call. Google Hangouts Meet memungkinkan untuk menggelar sebuah konferensi secara online yang melibatkan hingga 350 peserta. Bahkan, platform ini juga dapat menyiarkan live streaming kepada 100 ribu penonton. Kelebihan lain dari Google Hangouts Meet adalah aplikasi ini bisa digunakan dari berbagai perangkat mulai dari PC, laptop, atau smartphone sekalipun.

3.    Skype

Skype menjadi salah satu layanan populer yang bisa digunakan untuk saling berkomunikasi melalui video call. Tidak hanya secara one on one, layanan milik Microsoft ini juga bisa digunakan untuk melakukan conference call dengan banyak orang sekaligus. Untuk melakukan video call secara berkelompok, Skype memungkinkan 50 pengguna untuk bergabung sekaligus dalam sebuah sesi percakapan. Serupa dengan Google Hangouts Meet, Skype juga bisa dinikmati dari beragam platform, seperti komputer, tablet, dan juga smartphone.

4.    Microsoft Teams

Satu lagi layanan besutan Microsoft yang bisa digunakan untuk melakukan video conference. Teams adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menggelar rapat sekalipun dengan rekan kerja. Tersedia dalam dua versi, berbayar dan gratis. Teams menawarkan sejumlah kelebihan yang bisa dinikmati penggunanya. Pada versi gratis, Anda bisa menikmati beragam layanan seperti akses panggilan hingga 300 orang, panggilan video tanpa batas durasi, berbagi layar, hingga penyimpanan pada cloud untuk pribadi dan juga tim.

5.    Cyberlink U Meeting

Aplikasi video conference lain yang bisa digunakan untuk melakukan konferensi secara video call dengan rekan kerja dari rumah atau tanpa tatap muka langsung adalah Cyberlink U Meeting. Layanan ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Pada versi gratisnya, pengguna dapat menikmati beragam layanan yang ada. Seperti group call hingga 25 orang, penyimpanan cloud sebesar 2 GB, perekaman sesi panggilan video, dan yang paling penting, adanya end-to-end encryption.

Teknologi interaktif ini terbukti efektif dalam segala tingkat dan aspek kehidupan, bahkan setiap penggunanya tidak lagi terbatas pada penampilan visual atau audio, Anda juga dapat mengirimkan file dan melakukan interaksi layaknya konferensi konvensional seperti menuliskan isi rapat pada papan tulis digital. Jika tertarik menggunakan aplikasi tersebut, pastikan Anda menemukan aplikasi yang memenuhi kebutuhan konferensi online Anda dengan tepat.