Assessmen Kompetensi Sumber Daya Manusia

Mungkin gambar teks

Assessmen Kompetensi Sumber Daya Manusia

 

Assessmen kompetensi sumber daya manusia, Perkembangan perusahaan di era saat ini dengan semakin luas nya perkembangan dengan melakukan salah satu kegiatan yang dikenal sebagai penilaian kompetensi seorang karyawan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan calon karyawan yang akan direkrut sebagai bagian dalam bidang kerja untuk membangun hasil usaha yang lebih baik dan dengan pencarian dan keinginan perusahaan supaya tidak ada pihak yang dirugikan.
Umumnya setiap perusahaan memiliki kriteria dari calon karyawan yang sesuai standarisasi yang berlaku yang digunakan untuk semua posisi yang dibutuhkan oleh para karyawan. Tak hanya itu, ekspektasi perusahaan tentu saja berbeda dari bagaimana proses penyaringan semua calon karyawan yang umumnya memiliki keahlian dan karakteristik berbeda agar memberi hasil seimbang atau bahkan hampir sempurna untuk kemajuan perusahaan dalam persaingan kerja.
Asessmen (assessment) merupakan upaya untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja yang diberikan untuk perusahaan. Metode Assesment ini juga merupakan salah satu sistem penilaian khusus untuk memilih dan menentukan karyawan baru yang akan ditetapkan dalam sebuah perusahaan sesuai dari hasil poin kelayakan kerja dalam bidang terkait. Alat terpenting dalam Metode Assesment Center adalah sebuah uji coba atau tes yang tersebar menjadi berbagai macam aspek karena satu sama lain memiliki fungsi dan tujuan berbeda untuk menyaring calon karyawan terbaik yang paling sesuai untuk menjadi bagian di perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja baru dan berhasil memenuhi kriteria dan syarat yang berlaku.

Berikut beberapa rangkaian Asessmen (assessment) kompetensi SDM dalam yang ada dalam perusahaan, yaitu:

1. Tes Psikometri

Psikometri merupakan suatu ujian yang ditetapkan untuk mengukur setiap potensi secara kognitif dari calon karyawan dan berpacu terhadap tes konstruksi sesuai dengan statistik yang berlaku. Bahkan, tes ini telah berhasil lolos dari uji validasi dan uji reliabilitas hingga wajib untuk dilakukan bagi perekrutan tenaga kerja untuk 3 aspek yang terdiri dari area penalaran angka, verbal dan abstraksi yang ketiganya berperan penting dalam pemilihan calon pegawai.

2. Exercise

Exercise ini merupakan suatu rangkaian dalam assessment yang bertujuan untuk menilai kinerja dari calon karyawan dalam proses penerapan Metode Assesment Center. Misalnya dapat dilakukan dalam proses pemilihan pegawai dapat diobservasi melalui cara ini yang nantinya akan melakukan proses pembukuan untuk mencatat dan menganalisa setiap calon pekerja yang telah memenuhi persyaratan dalam perusahaan.

3. Inventory / Self Preference

Bertujuan untuk menghasilkan preferensi dari setiap karyawan dalam melihat kondisi dari lingkungan pekerjaan, cara kerja, sikap, situasi hingga motivasi kerja. Self Preference ini merupakan suatu tes yang menyediakan beberapa pertanyaan yang wajib dijawab. Hasil akhir dari sesi ini akan memberikan nilai yang berpengaruh terhadap hasil ujian lainnya sehingga tidak dapat dianggap mudah atau remeh.

4. Interview

Interview biasanya digunakan untuk sistem wawancara yang berbeda. Karena sifatnya berpacu atas indikator dan karakter yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi agar lebih terstruktur.