Bagian Penting Dalam Penulisan Laporan Tahunan

Pelatihan Sdm

Bagian Penting Dalam Penulisan Laporan Tahunan

Laporan tahunan (annual report) merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih organisasi dalam setahun. Data dan informasi yang akurat menjadi kunci penulisan laporan tahunan (annual report writing). Isi dari laporan tahunan tersebut mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja organisasi selama satu tahun.

Terdapat beberapa fungsi mendasar dari sebuah laporan tahunan yang dibuat oleh masing-masing perusahaan, yaitu :

  1. Sumber dokumentasi informasi perusahaan tentang apa yang telah dicapai perusahaan selama setahun,
  2. Alat pemasaran yang kreatif bagi perusahaan melalui integritas desain dan tulisan,
  3. Menambah daya tarik perusahaan dimata konsumen,
  4. Dokumen lengkap yang menceritakan secara mendetail kinerja perusahaan, beserta dengan neraca rugi laba perusahaan dalam setahun,
  5. Memberikan gambaran mengenai tugas, peran, dan pekerjaan masing-masing bidang.

Laporan tahunan merupakan bagian integral dari pelaporan perusahaan. Karena laporan tahunan didasarkan pada persyaratan hukum tertentu, item yang termasuk dalam laporan bervariasi. Sebagian besar laporan tahunan memberikan tinjauan mendasar bisnis perusahaan selama setahun terakhir.

Bagian-bagian yang biasanya dimasukkan dalam penulisan laporan tahunan adalah surat pembukaan dari ketua, profil bisnis, analisis oleh manajemen dan informasi keuangan.

1. Surat Ketua

Laporan tahunan biasanya dimulai dengan pengantar dan surat dari ketua, pemilik utama atau CEO perusahaan kepada para pemegang saham yang memberikan gambaran singkat tentang perkembangan signifikan pada tahun lalu, inisiatif perusahaan, dan ringkasan singkat keuangan. Elemen-elemen kunci yang termasuk dalam bagian ini adalah tantangan-tantangan yang dihadapi bisnis, keberhasilannya, dan wawasan tentang pertumbuhan perusahaan. Bagian ini diikuti oleh daftar isi.

2. Profil Bisnis

Bagian profil bisnis ini mencakup pernyataan visi dan misi perusahaan, rincian direktur, pejabat dan kantor terdaftar dan perusahaan, profil investor, produk atau layanan yang merupakan sumber utama pendapatan untuk bisnis, profil pesaing, dan faktor risiko bisnis.

3. Analisis dan Pembahasan Manajemen

Bagian ini memberikan tinjauan umum tentang kinerja bisnis selama tiga tahun terakhir dan membahas margin laba, penjualan, dan pendapatan. Jika bisnis telah meluncurkan produk atau layanan baru atau ada perubahan drastis dalam upaya penjualan dan pemasaran, mereka harus dimasukkan dalam bagian ini. Topik diskusi lainnya termasuk karyawan baru, akuisisi bisnis, dan informasi lain yang menurut manajemen akan bermanfaat bagi para pemangku kepentingan.

4. Laporan keuangan

Laporan keuangan adalah bagian terpenting dari laporan tahunan yang memungkinkan investor saat ini dan masa depan, pemegang saham, karyawan dan pemangku kepentingan bisnis lainnya untuk menentukan seberapa baik perusahaan telah melakukan di masa lalu, kemampuannya untuk melunasi utangnya dan rencananya untuk pertumbuhan. Pernyataan yang disertakan adalah:

  • Neraca keuangan
  • Laporan arus kas
  • Laporan laba rugi
  • Pernyataan kepada pemegang saham

Pernyataan-pernyataan ini menunjukkan apakah perusahaan telah menghasilkan laba atau rugi dalam setahun terakhir, berapa banyak pendapatan yang dipertahankan dan proporsi pendapatan terhadap biaya operasional. Terlepas dari laporan keuangan, informasi tentang harga pasar saham perusahaan dan dividen yang dibayarkan harus disediakan.

Kelebihan laporan tahunan yang dibuat secara lengkap dan didesain secara menarik akan menjadi sebuah dokumen yang sangat efektif untuk menginformasikan sekaligus mempromosikan perusahaan tersebut kepada publik sasaran, sedangkan kelemahan dari laporan tahunan yang berbentuk seperti buku dan tebal sering kali membuat publik sasaran enggan untuk membaca keseluruhan laporan tahunan tersebut.

Laporan tahunan (annual report) merupakan laporan perkembangan aktivitas dan pencapaian yang telah dilakukan organisasi selama satu tahun. Data dan informasi yang akurat menjandi kunci representasi dari budaya, karakter dan filosofi perusahaan yang mewujud dalam ritus, ritual, dan aktivitas perusahaan. Laporan tahunan dapat membangun citra dan reputasi perusahaan karena laporan merupakan bentuk tangguang jawab pihak manejemen perusahaan kepada publiknya. Laporan tahunan dapat menjadi alat komunikasi pemasaran yang efektif karena banyaknya investor yang mempelajari laporan tahunan sebelum melakukan investasi dalam perusahaan.