Building Powerful Teamwork Untuk Keefektifan Perusahaan

Pelatihan Sdm

Building Powerful Teamwork Untuk Keefektifan Perusahaan

Dalam dunia kerja dan usaha, tidak dikenal istilah single fighter. Semua merupakan hasil teamwork. Semua anggota saling membantu dan mendukung demi tercapainya tujuan yang dicanangkan. Sebuah perusahaan akan berjalan dengan baik dan mengalami berbagai peningkatan kualitas sumber daya manusia dan juga keuntungan perusahaan secara finansial jika terdapat suatu teamwork yang saling bersinergi di dalamnya.

Hal ini sangat berkaitan dengan banyaknya konflik yang terjadi baik antar karyawan dan manajemen. Konflik ini bisa timbul karena sinergi yang lemah diantara karyawan sehingga produktivitas kerja pun menurun. Maka, manajemen perlu selalu memperbaharui dan menemukan cara kerja terbaik. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu dengan membentuk kerja tim atau teamwork.

Berikut ini cara membangun kerja sama tim yang kuat dan efektif dalam perusahaan :

1. Tanamkan Visi Misi Perusahaan pada Anggota Tim

Setiap anggota divisi perlu memiliki visi dan misi yang sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perusahaan. Akan menjadi kendala yang sangat berarti jika dari awalnya saja sudah berbeda visi. Tentu Anda dapat memastikan bahwa anggota tim tersebut tidak akan bertahan lama di tempat perusahaan tersebut.

2. Menghargai Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat memang biasa. Setiap orang memiliki ide masing-masing dan cara yang berbeda dalam melakukan tugasnya dalam memenuhi sebuah tujuan. Jika Anda mampu menerima keputusan bersama dalam sebuah rapat walaupun ide Anda tidak diterima, maka Anda adalah salah satu dari kumpulan orang-orang yang memiliki kedewasaan dalam berpikir, bertindak dan berperilaku.

3. Saling Percaya

Dalam sebuah perusahaan, tidak jarang timbul saling sikut karena menginginkan kenaikan jabatan dan tentu saja kenaikan gaji. Tak jarang kerap timbul perselisihan dan timbul rasa tidak percaya. Ada baiknya Standard Operational Procedure (SOP) yang seimbang antara bagian atau divisi sehingga tidak ada ketimpangan atau ketidakseimbangan pembagian tugas dan tanggung jawab.

4. Lakukan Komunikasi yang Intensif dan Efektif

Komunikasi memang tidak dapat dianggap sepele. Komunikasi yang tidak berhasil akan membuat suatu hubungan menjadi renggang. Lakukan komunikasi yang intensif dengan setiap anggota tim dengan mengadakan meeting atau setidaknya pertemuan untuk melakukan koordinasi tugas harian, briefing tugas secara singkat dan juga evaluasi kinerja harian atau mingguan.

5.  Adakan Kegiatan Bersama

Hubungan antar anggota perlu dipupuk dengan kegiatan-kegiatan kebersamaan, baik itu diadakan di dalam kantor atau saat hari di luar kegiatan kantor. Mengadakan kegiatan makan bersama di salah satu rumah anggota tim bisa menjadi salah satu pilihan. Ide itu akan sangat menolong Anda dalam membangun teamwork yang semakin kuat.

6.  Saling Menghargai Kinerja Antar Anggota

Hal ini memang menjadi salah satu strategi manajemen dari restoran tersebut untuk meningkatkan kualitas kinerja dari karyawannya. Selain menghargai hasil kerja dari karyawan tersebut, hal ini dapat memacu karyawan lain untuk bekerja lebih baik dan bertanggung jawab serta meningkatkan pelayanan mereka.

7. Tingkatkan Kompetensi Anggota Tim

Meningkatkan kerja sama tim bisa terjadi jika setiap anggota tim diperlengkapi dalam kompetensinya masing-masing. Dengan meningkatnya kompetensi mereka, semakin tinggi juga kinerja yang mereka lakukan.

Maju tidaknya suatu bisnis tergantung dari bagaimana teamwork antar anggota tim dalam perusahaan. Selain itu, hal yang mempengaruhi kemajuan bisnis ada pada cara membangun tim kerja. Agar terbentuk tim solid dan memiliki tujuan sama untuk kemajuan bisnis. Kemajuan juga bukan selalu berbentuk profit, bisa juga peningkatan nama baik merek perusahaan di mata masyarakat.