Cara Menumbuhkan Mental yang Kuat dari Diri Sendiri

Pelatihan Sdm

Cara Menumbuhkan Mental yang Kuat dari Diri Sendiri

 

Cara menumbuhkan mental yang kuat dari diri sendiri sering kali, hal-hal yang menghambat kita untuk maju, justru datang dari diri sendiri. Contohnya adalah rasa takut, malu, atau tidak percaya diri. Untuk menghilangkannya, Anda perlu menyisihkan waktu untuk mencoba cara melatih mental, agar berbagai emosi negatif tersebut bisa hilang. Semakin kuat mental Anda, maka daya juang yang dipunya pun akan semakin tinggi. Ini adalah salah satu modal yang diperlukan untuk bisa sukses, dalam menghadapi berbagai cobaan dan tantangan dalam hidup.

Berikut cara menumbuhkan mental yang kuat :

1.Coba lakukan setidaknya satu hal sulit dalam satu minggu

Punya mental yang kuat, berarti berani berbuat. Untuk melatihnya, Anda dapat belajar hal baru yang sebelumnya mungkin sama sekali tidak terpikirkan oleh Anda, misalnya mengikuti les memasak atau les fotografi. Doronglah diri Anda untuk keluar dari zona nyaman. Jangan batasi diri dengan rasa takut gagal.

2. Jaga kesehatan fisik dengan baik

Cara melatih mental yang baik tidak bisa dipisahkan dari menjaga kesehatan fisik. Untuk bisa melakukan kegiatan fisik secara baik, Anda perlu mental yang sehat, begitupun sebaliknya.Sehingga, agar mental menjadi sehat dan kuat, Anda perlu tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, serta mengonsumsi makanan bergizi.

3. Tulis hal-hal yang Anda syukuri

Tulislah hal-hal yang disyukuri setiap harinya, niscaya pandangan Anda terhadap hidup akan berubah. Rasa syukur, bisa menurunkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah. Jadi, sisihkanlah waktu beberapa menit saja dalam sehari untuk bersyukur.

4. Berani menerima perubahan dalam hidup

Ada ungkapan yang menyebut bahwa satu-satunya yang konstan di dunia ini adalah perubahan. Inilah sebabnya, tidak semua rencana Anda bisa terlaksana.Tidak mudah memang menerimanya. Namun, Anda harus ingat bahwa terkadang ada hal-hal yang tidak bisa kita kontrol hasilnya. Sehingga, daripada bertahan dengan hal yang sudah tidak bisa diubah, sebaiknya Anda mulai mengalihkan fokus pada hal-hal lain yang bisa Anda kontrol.

5. Sisihkan 15 menit sehari untuk mengevaluasi diri sendiri

Salah satu cara melatih mental yang penting dilakukan adalah belajar mengeevaluasi diri sendiri. Sisihkan waktu 15 menit sehari untuk “ngobrol” dengan diri Anda sendiri. Lihat kembali kemajuan yang sudah Anda raih dan pikirkan mengenai hal yang masih bisa diperbaiki untuk introspeksi diri.Meski sebentar, waktu yang Anda gunakan untuk melihat kembali refleksi diri bisa juga menjadi ajang untuk kembali mengisi energi yang terbuang setelah Anda berusaha. Hal ini juga akan membuat Anda mendapatkan gambaran yang lebih jernih mengenai kehidupan, serta memperbarui motivasi Anda untuk terus maju.

6. Habiskan lebih banyak waktu bersama orang terdekat

Bertemu dengan orang-orang terdekat, penting untuk kesehatan mental Anda. Sehingga, meski sedang sibuk mengejar mimpi, selalu sisihkan waktu bersama orang-orang yang bisa menjadi sumber energi Anda.

7. Bertekad untuk menghentikan satu kebiasaan buruk

Salah satu contoh kebiasaan buruk adalah ngemil berlebihan. Kebiasaan ini, selain bisa berpengaruh buruk pada kesehatan fisik, juga bisa berdampak pada kesehatan mental. Misalnya membuat Anda menjadi stres karena berat badan yang naik atau malah menciptakan pandangan buruk terhadap bentuk fisik diri sendiri.Menghentikan kebiasaan buruk tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk melatih mental. Namun, Anda tidak perlu melakukan perubahan secara drastis dan tiba-tiba. Lakukanlah langkah yang lebih mudah terlebih dahulu. Misalnya, dibanding bertekad untuk makan sayur lebih banyak, Anda bisa mulai dengan berhenti mengonsumsi makanan kemasan seperti snack saat sore hari.