Caranya Membangun Audiens untuk Bisnis

Pelatihan Sdm

Caranya Membangun Audiens untuk Bisnis

 

Caranya membangun audiens untuk bisnis, Setelah tahu alasan dan manfaat pentingnya membangun audience sebelum meluncurkan produk, pasti Anda mulai tertarik dengan pendekatan ini. Konten marketing merupakan cara yang efektif dalam membangun audiens Anda bahkan sebelum Anda membangun bisnis Anda. Nah, untuk memuaskan rasa penasaran Anda,

Berikut strategi dalam membangun audiens untuk bisnis:

1. Strategi Konten Marketing yang Kuat

Cara ini tak hanya ampuh untuk menarik target audiens Anda, tetapi juga berpotensi untuk menjadikan mereka sebagai pengikut alias followers setia Anda. Dampaknya, saat Anda memutuskan untuk meluncurkan produk Anda, Anda telah memiliki basis pelanggan yang sudah Anda bangun sebelumnya. Perpaduan strategi konten marketing yang tepat dengan produk atau layanan yang kuat, akan membawa kesuksesan pada bisnis Anda.

2. Manfaatkan Blog

Bicara tentang strategi konten marketing yang kuat, tidak bisa dilepaskan dari keberadaan blog. Namun, Anda pasti juga bertanya-tanya, apa saja yang harus ditulis dalam blog tersebut? Sesuaikan passion dan keahlian Anda dengan minat dan kebutuhan target audiens Anda. Penting untuk Anda menawarkan nilai tambah agar audiens Anda senantiasa tertarik untuk terus kembali kepada Anda. Jangan lupa untuk mempublikasikan posting Anda secara reguler agar pemirsa Anda memiliki sumber konten untuk dikunjungi. Jangan takut juga bila konten Anda sepi saat Anda memulai, karena memang butuh waktu untuk membangun ini.

3. Bangun Komunikasi dengan Audiens Melalui Komentar

Setelah berhasil membangun audiens, tahap selanjutnya adalah menjaga dan mempertahankan hubungan serta komunikasi dengan audiens. Salah satu caranya adalah dengan membiarkan audiens Anda menyuarakan pendapat mereka dengan mengomentari posting blog Anda. Ada baiknya pula bila Anda menanggapi komentar audiens agar tercipta komunikasi dua arah. Untuk itu, pastikan fitur komentar dalam blog dalam keadaan aktif.

4. Desain Visual yang Menarik

Sama ketika kita akan memilih buku untuk dibaca, terkadang desain cover buku mempengaruhi keputusan kita. Kita cenderung akan melewatkan buku dengan desain yang membosankan. Begitu pun dengan konten marketing. Konten yang kita buat harus didesain dengan semenarik mungkin sesuai dengan karakter target konsumen kita. Tak hanya desainnya, isi kontennya pun harus tak kalah menarik. Jika target audience kita adalah remaja, maka siapkanlah konten yang memang disukai remaja. Update diri kita dengan tren-tren yang tengah muncul di kalangan remaja. Dengan begitu kita dapat memperoleh inspirasi untuk konten marketing yang akan kita produksi.

5. Email Marketing

Bila Anda sudah membangun blog dan basis pembaca, membuat daftar email pelanggan tidaklah sulit. Anda pastikan saja ada kolom atau tempat yang jelas bagi pembaca untuk berlangganan newsletter dari Anda. Selain itu, bangun hubungan yang lebih personal dengan pembaca Anda. Buat judul yang sederhana, mudah diingat namun mendorong orang untuk membuka email Anda. Selalu kirimkan email kepada pelanggan Anda saat Anda mempublikasikan postingan baru baik berupa artikel, video, e-book maupun webinar dan lain sebagainya. Batasi hanya sekali atau dua kali setiap minggu agar pelanggan Anda tidak terganggu dan berhenti berlangganan newsletter Anda.

6. Gandeng Influencer

Influencer adalah orang-orang yang dianggap berpengaruh dalam suatu bidang dan biasanya memiliki followers/subscribers/audiences yang banyak di social media. Mereka bisa siapa saja, dari kalangan seniman, entrepreneur, atau bahkan masyarakat biasa namun memiliki pengaruh yang besar kepada audience-nya. Pengaruh influencer yang besar ini dapat dimanfaatkan sebagai strategi marketing untuk menarik target konsumen, karena mereka dapat mendorong dan menginspirasi audience-nya untuk menyukai atau setidaknya meluangkan waktu untuk mencari tahu tentang bisnis kita. Gandenglah influencer yang memang relevan dengan target audience yang kita tuju untuk mengisi beberapa konten marketing yang akan kita produksi.

7. Maksimalkan Social Media

Social Media sudah menjadi santapan masyarakat sehari-hari. Bahkan Social Media bisa digolongkan ke dalam kebutuhan primer masyarakat saat ini. Nah, bagi Anda yang sedang membangun audiens, social media dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten Anda menjadi viral. Membagikan konten ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest dan lain sebagainya akan meningkatkan kesadaran brand dan visibilitas.