Compensation and Benefits Strategy dalam Perusahaan

Mungkin gambar 3 orang dan layar

Compensation and Benefits Strategy dalam Perusahaan

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kompensasi (Compensation) diartikan sebagai imbalan yang berupa uang atau bukan uang yang diberikan kepada karyawan dalam perusahaan. Kompensasi ini merupakan segala bentuk pemberian perusahaan kepada karyawan terkait dengan pekerjaannya. Kompensasi ini berkaitan dengan unsur misalnya gaji, tunjangan, bonus, insentif dan lain-lainnya. Sedangkan Benefit (Benefits) ini merupakan pemberian tambahan diluar kompensasi dari perusahaan untuk karyawannya. Benefit ini biasanya bersifat non-tunai dan ditujukan langsung untuk menunjang kesejahteraan antar individu maupun karyawan. Benefit (Benefits) dapat berupa kompensasi finansial tidak langsung dan kompensasi non-finansial. Terkait dengan benefit tidak dijelaskan secara spesifik dan tidak diatur dalam undang-undang. Karena tidak diatur dalam Undang-Undang sehingga manajemen perusahaan dapat merancang program benefit ini sekreatif mungkin. Hal ini dilakukan untuk menarik karyawan supaya lebih betah bekerja dalam perusahaan.

Kompensasi dan benefit dapat dijadikan sebagai instrumen salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh karyawan. Penentuannya pun diharapkan bisa berpihak pada perusahaan dan sekaligus memenuhi apa yang karyawan harapkan. Hal ini menjadi pertimbangan perusahaan yang diharapkan dan kemampuan finansialnya.

Bentuk strategi dalam Compensation and Benefits Strategy dalam perusahaan, meliputi:

1.Buat Rencana Strategis Perusahaan Jangka Panjang

Perusahaan akan menyesuaikannya dengan rencana jangka panjang bisnis perusahaan. Seiring pertumbuhan perusahaan dan kinerja karyawan, perusahaan akan menaikkan upah dan menambahkan comben yang menjadi hak karyawan tersebut.

2. Lakukan Survey Agar Mengetahui Pasar

Jangan malas melakukan survey terhadap kebutuhan dan permintaan karyawan yang terbagi dalam berbagai usia, industri, hingga gender karena hal ini akan menentukan comben yang sesuai dengan perusahaan. Perusahaan harus merancang dan menawarkan upah kepada calon karyawan untuk memastikan kompetitor.

3. Perhatikan Keberagaman Angkatan Kerja dalam Preferensi Benefit

Keberagaman karyawan perusahaan memiliki keberagaman usia yang memiliki preferensi dalam benefit. Untuk melihat preferensi yang cocok untuk angkatan kerja dalam perusahaan. Dengan insight yang bagus akan sangat bijak dalam memberikan benefits yang sesuai dengan kebutuhan usia.

4. Strategi Kompensasi Total

Tujuan utama dari penyusunan kompensasi adalah untuk mengintegrasikan gaji dengan insentif dan benefit dalam satu kelompok. Kalau bisa, pilihlah comben yang bisa dipadukan dan dijalankan bersamaan. Benefit yang akan diterima oleh karyawan dari dana pensiun masih sangat lama.

Kompensasi dapat berupa penghasilan (gaji, tunjangan, lembur, bonus, komisi) atau comben (Compensation and Benefit) yakni penghasilan ditambah program benefit. Menawarkan kedua komponen ke dalam hak karyawan dinilai penting, sebagai bentuk apresiasi perusahaan dan mendorong motivasi kerja yang lebih dari karyawan. Sehingga dibutuhkan pengetahuan dan kreativitas agar dapat memberikan paket comben yang efisien.