Email Marketing Sebagai Magnet di Era Digital

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Email Marketing Sebagai Magnet di Era Digital

Dalam sebuah bisnis, memiliki pelanggan yang loyal itu jauh lebih menguntungkan dibanding mendatangkan pembeli baru. Mereka yang sudah pernah menjadi pembeli umumnya sudah mempercayai apa yang menjadi produk bisnis Anda dan cenderung akan membeli lagi di kemudian hari. Sebaliknya, meyakinkan calon pembeli itu membutuhkan effort dan biaya yang lebih besar. Dengan email marketing, Anda akan sangat dimudahkan untuk menjaga pelanggan lama tetap mengenal Anda, karena Anda tetap keep in touch dengan mereka melalui email.

Email marketing adalah salah satu media pemasaran yang berfungsi untuk melakukan promosi produk atau jasa serta memberikan informasi terkait perusahaan melalui email. Cara ini seharusnya lebih efektif dan simple bila dibandingkan dengan mengirimkan brosur dan kupon ke rumah konsumen. Selain itu, email marketing juga dapat berfungsi sama dengan mengirimkan barang tersebut ke email konsumen karena dengan perkembangan di era digital saat ini, Anda tidak perlu repot-repot datang ke toko pengirim brosur ini. Anda hanya perlu usaha lebih pada jari Anda untuk meng-klik email-nya.

Inilah beberapa faktor suksesnya email marketing sebagai magnet di era digital, yaitu :

1.  Product knowledge

Sebagai seorang marketing, Anda harus mengetahui produk yang dijual, seperti spesifikasi dan manfaat produk yang ditawarkan, cara penggunaan atau perawatan produk sebelum memasarkannya melalui email marketing.

2.  Target konsumen

Sebelum melakukan promosi, ada baiknya seorang marketing menargetkan siapa saja calon pelanggan yang siap membeli produknya. Dengan begitu Anda bisa lebih mendalami karakter pelanggan dan apa yang mereka inginkan terhadap produknya, sehingga pemasaran melalui email dapat tepat sasaran.

3.  Gaya bahasa yang memikat

Setelah seorang marketing dapat menentukan target konsumennya, maka perusahaan khususnya seorang marketing harus dapat memiliki keterampilan atau dapat merangkai kata-kata dalam iklan yang sesuai bagi mereka. Misalnya target pemasaran adalah remaja, maka seharusnya dapat memberi kesan gaul pada kalimat yang disusun dalam iklan. Dan ini menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai faktor kesuksesan dalam email marketing.

4.  Review produk

Tulis deskripsi lengkap mengenai keunggulan dan manfaat produk perusahaan. Mengapa konsumen harus membeli produk perusahaan, spesifikasi produk, saran dan testimony dari konsumen yang pernah membeli produk Anda melalui online.

5.  Visualisasi menarik

Tambahkan berbagai gambar atau video yang memikat visualisasi konsumen. Apabila perusahaan menawarkan produk dengan gambar atau bahkan video, konsumen tentu akan lebih merasa puas dan tertarik melihat produk yang ditawarkan. Bisa juga memberikan gambar atau video yang menimbulkan rasa ingin tahu dan penasaran bagi konsumen tentang produk itu. Ingat gambar atau video yang baik dapat berbicara banyak mengenai produk yang dijual.

6.  Promosi yang spektakuler

Bila memungkinkan, seorang marketing sebaiknya menawarkan promosi hebat atas produk yang dijual. Misalnya, siapa yang tidak penasaran melihat tulisan “Diskon 50%, Beli 1 Gratis 1”, atau kata- kata lainnya.

7.  Layanan penjualan

Setelah perusahaan menulis dengan hebat mengenai produk yang ditawarkan, jangan lupa untuk mencantumkan detail kontak perusahaan yang bisa dihubungi oleh pelanggan, sertakan pula metode pembayaran sebanyak mungkin sebagai alternatif pembayaran dan tentunya yang memberikan rasa aman bagi pelanggan. Mungkin hal ini menjadi utama sebagai faktor kesuksesan dalam email marketing.

Email marketing juga menjadi sarana promosi yang baik untuk perusahaan, karena dengan melakukan email marketing, maka perusahaan terus menerus akan dilihat oleh pelanggan atau subscriber email newsletter yang melakukan pendaftaran dengan kemauannya sendiri. Selain promosi terhadap brand ataupun perusahaan, dalam email marketing pelanggan bisa menerima informasi terbaru tentang produk terbaru perusahaan yang dikirimkan dalam email tersebut. Sehingga potensi penjualan juga akan semakin besar jika email marketing diterapkan secara benar.