Empat Kemampuan Leadership Yang Harus Dimiliki Untuk Meraih Sukses

Pelatihan di Jogja – Barangkali, kita berpikir bahwa kemampuan leadership hanya dibutuhkan oleh mereka yang bergiat pada bidang-bidang tertentu maupun menempati jabatan tertentu. Hal tersebut merupakan cara berpikir yang salah, sebab kemampuan leadership sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap orang untuk meraih sukses dalam kehidupannya.

Dalam berbisnis, kemampuan leadership setiap SDM (yang menjadi motor penggerak) memiliki peran central untuk membantu tumbuhnya bisnis serta meraih goal yang ditargetkan. Sebab, seringkali kita akan dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita untuk mengambil keputusan serta menentukan sikap secara cepat dan seketika. Apa jadinya jika SDM tersebut tidak memiliki leadership ability yang mumpuni, sebab suatu keputusan yang diambil tentu dapat memberikan advantage maupun disadvantage disaat yang bersamaan.

Berikut lima kemampuan leadership yang harus kita ketahui agar kita dapat meraih goal dan sukses sebagaimana kita cita-citakan dalam kehidupan pada umumnya maupun untuk tujuan khusus seperti berbisnis atau menjadi pimpinan dalam sebuah organisasi.

  1. Sukses Dimulai dari Dalam Diri
    Untuk meraih kesuksesan, seseorang terlebih dahulu harus menerima dan menyadari dirinya sendiri. Sukses dimulai dari dalam diri. Pada saat kita memiliki kesadaran dan penerimaan terhadap diri kita, apa yang menjadi tujuan kita, hal itu akan menstimulasi kita untuk bertindak secara maksimal sebab kita menerima dan sadar terhadap kelemahan yang kita miliki. Karena itu, kita kemudian terstimulasi untuk bekerja dengan lebih baik untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Semakin seseorang sadar terhadap dirinya, maka semakin bisa pula ia menjadi seperti “apa yang sebenarnya bisa ia raih.”
  2. Kecerdasan dalam Berbisnis
    Sukses ditentukan oleh seberapa cepat respon dan seberapa cerdas kita membaca serta memahami situasi dan peluang, sehingga dapat mengantarkan kita dalam meraih hasil yang baik.  Dalam situasi bisnis yang kompetitif, berusaha sebaik dan semaksimal mungkin adalah perlu, pengambilan keputusan yang tepat adalah baik, tetapi mampu membaca peluang serta memahami situasi bisnis yang kita jalankan secara komprehensif adalah sangat bernilai harganya. Baca: Business Process Management
  3. Kemampuan dalam Membangun Relasi
    Relasi adalah pijakan pertama untuk dapat meraih sukses. Khususnya dalam dunia bisnis, membangun relasi yang baik dapat mempersolid tim sehingga kita dapat meraih goal atau tujuan yang kita cita-citakan, yakni kesuksesan. Seberapa pun bagus kualitas produk yang kita tawarkan, seberapa berpotensinya bisnis yang kita jalankan, kita tetaplah perlu memiliki tim yang solid untuk meraih sukses. Baca: Customer Relationship Management
  4. Kecerdasan dan Kemampuan Beradaptasi
    Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan. Dalam hal ini kemampuan beradaptasi memerlukan kesediaan kita sehingga membentuk suatu ability dalam menerima perubahan serta terbuka terhadap gagasan atau ide-ide baru, situasi yang terus berkembang dan berubah, meng-handle kebutuhan yang tidak terduga secara confident, serta fleksibel (mampu menyesuaikan diri) dalam menghadapi situasi yang terus berkembang dan bergerak maju. Kemampuan adaptasi ini tentu harus juga dibarengi dengan kecerdasan kita dalam membaca situasi.

Dalam hal ini, sebenarnya terdapat banyak sekali hal-hal dalam kepemimpinan yang dapat kita pelajari. Akan tetapi, empat poin diatas kiranya cukup untuk membentuk suatu kemampuan leadership yang baik apabila kita kuasai dengan baik.

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.