Etika Berpenampilan Dalam Bekerja Bagi Sekretaris

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Etika Berpenampilan Dalam Bekerja Bagi Sekretaris

 

Di dunia bisnis modern, penampilan atau kepribadian dari karyawan menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Hal tersebut berlaku untuk karyawan yang berinteraksi langsung dengan pelanggan maupun back office, terlebih lagi seorang sekretaris. Program pengembangan sekretaris (secretary development program) tentu akan sangat membantu sekretaris dalam mengembangkan keterampilan dan juga memahami lebih dalam tentang etika-etika yang ada di dunia sekretaris. Salah satu yang akan dipelajari yaitu tentang bagaimana etika berpenampilan dalam bekerja. Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai etika berpenampilan, mari kita cari tahu apa itu etika sekretaris. Etika sekretaris merupakan sebuah sistem yang mengatur bagaimana seharusnya seorang sekretaris bertindak atau melakukan interaksi (tindakan moral yang benar) dengan semua pihak yang ada di dalam maupun di luar perusahaan.

Dalam dunia sekretaris terdapat istilah grooming, yang artinya penampilan diri. Penampilan diri atau grooming merupakan suatu penampilan seseorang yang dapat menggambarkan dan mencerminkan kepribadian seseorang. Sejatinya, penampilan yang baik di dunia kerja memiliki tafsir yang sangat luas dan kontekstual. Jika ingin menjadi sekretaris yang baik, maka harus memiliki penampilan diri dan kepribadian yang baik juga. Perlunya penampilan diri yang baik dari seorang sekretaris dalam memberikan pelayanan kerja bagi pimpinan, relasi atau rekan kerja, nantinya akan menentukan keberhasilan dalam pekerjaan.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penampilan diri yang prima dan terus terjaga diantaranya yaitu : 

  1. Pembawaan lahir
  2. Kesehatan fisik dan mental
  3. Kebersihan pribadi
  4. Latar belakang sosial, ekonomi dan kebudayaan

Seorang sekretaris hendaknya berperilaku sesuai dengan norma dan etika seorang sekretaris. Dalam bersosialisasi dengan segala lapisan masyarakat, kita harus mengedepankan etika bila ingin dihargai.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan seorang sekretaris dalam berpenampilan secara umum yang dapat digunakan dalam semua keadaan di antaranya :

  1. Dalam berpenampilan, seorang sekretaris harus memenuhi tiga syarat mutlak yaitu sederhana, serasi dan sopan
  2. Mengenakan pakaian yang bersih, rapi dan tidak berbau
  3. Berpenampilan dengan menyesuaikan kepribadian Anda. Kenyamanan dalam berpakaian sangat berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda
  4. Menggunakan pakaian dengan menyesuaikan dengan waktu, acara, dan tempat acara. Misalnya : kaos sebaiknya tidak dipakai dalam suasana formal seperti kantor, seminar, pertemuan bisnis resmi, seminar, perkawinan dan sebagainya.
  5. Mengenakan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Pada dasarnya bentuk tubuh manusia digolongkan menjadi 5 (lima) yaitu normal atau ideal, gemuk pendek, kurus pendek, tinggi gemuk, dan tinggi kurus
  6. Kenali kelebihan dan kekurangan tubuh Anda. Tak perlu khawatir dengan bentuk tubuh, karena bentuk tubuh yang kurang sempurna dapat ditutupi dengan mengenakan busana yang potongan, model dan warnanya sesuai untuk tubuh Anda