Fungsi Humas Dalam Komunikasi Pemasaran Perusahaan

Mungkin gambar satu orang atau lebih, rambut dan pakaian luar

Fungsi Humas Dalam Komunikasi Pemasaran Perusahaan

 

Fungsi Humas Dalam Komunikasi Pemasaran menjadi salah satu bagian yang amat penting dalam sebuah perusahaan. Sebab humas sendiri memiliki fungsi dan peran yang krusial terutama bagi penggerak sebuah perusahaan atau juga instansi. Keberadaan humas kini semakin penting terkait dengan semakin berkembang pesatnya aliran informasi. Oleh sebab itu, maka tidak heran jika kemudian huma dapat dianggap sebagai kaki kaki sebuah perusahaan.

Beikut merupkan Fungsi Humas Dalam Komunikasi Pemasaran perusahaan :

1.Membentuk Merk.

Merek akan berubah naik atau turun tergantung pada upaya-upaya untuk meningkatkan merek tersebut. Cara untuk membentuk merek dapat dilakukan dengan menggunakan nama yang unik namun memiliki makna yang baik, selain itu program pemasaran dan komunikasi pemasaran yang efektif dan konsisten juga akan membangun merek dengan nilai yang baik.

2. Memilih Media Komunikasi yang Tepat.

Media komunikasi sebagai alat menyampaikan pesan juga sangatlah penting. Contohnya adalah memilih iklan sebagai media pemasaran akan memberikan dampak positif bagi produk ataupun jasa yang dipasarkan. Seperti kita ketahui bersama, fungsi iklan bagi pemasaran sangatlah besar dan berguna sekali untuk menginformasikan dan menawarkan produk ataupun jasa kepada para konsumen. Jika sebuah produk tidak diiklankan, maka kemungkinan besar masyarakat selaku konsumen tidak akan mengetahui produk tersebut.

3. Sebagai Alat Penyambung Perusahaan dan Konsumen.

Setiap perusahaan yang mengeluarkan sebuah produk atau jasa, haruslah menggunakan komunikasi pemasaran yang baik demi terciptanya hubungan jual-beli yang baik juga. Humas merupakan wakil dari sebuah perusahaan ketika berhadapan dengna konsumen. Sehingga tentu harus mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

4. Meyakinkan Konsumen

Fungsi humas dalam komunikasi pemasaran juga akan berpengaruh terhadap pembelian produk yang dipasarkan tersebut. Oleh karena itu, komunikasi yang dilakukan juga harus mampu untuk meyakinkan konsumen untuk membeli dan produk tersebut. Peran komunikasi pemasaran yang satu ini juga akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan penjualan serta semakin membuka kesempatan untuk memperluas pasar.

5. Mengelola Pemasaran dengan Baik

Mengelola pemasaran dan mengkoordinasikan proses pemasaran secara terintegrasi juga merupakan salah satu peran dari komunikasi pemasaran demi terciptanya kegiatan pemasaran yang baik dan efektif. Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang ini mengelola dan mengkoordinasikan pemasaran bukan lagi menjadi hal yang sulit. Dimana saja dan kapan saja pemasaran dapat dikontrol dan dikoordinasikan.

6. Alat Ukur Keberhasilan Pemasaran

Hal ini dapat dilakukan dengan langsung bertanya kepada konsumen mengenai tingkat kepuasan dan kesukaan mereka terhadap produk yang dipasarkan serta sikap mereka sebelum dan setelah produk dipasarkan.

7. Merancang dan Menetukan Target

Merancangan strategi yang baik serta dijalankan dengan baik akan menghasilkan target yang baik pula. Oleh karena itu, diperlukan rancangan strategi pemasaran yang paling baik agar target yang sudah ditentukan dapat dipenuhi dengan baik.

8. Alat Meningkatkan Penjualan

Penjualan produk yang meningkat tentunya harus diikuti oleh pelaksanaan komunikasi pemasaran yang baik dan efektif. Namun, perlu diingat ketika penjualan telah meningkat maka sebuah perusahaan pencipta produk tersebut juga harus mampu memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen terhadap produk tersebut.

9. Mempelajari Pasar

Mempelajari karakteristik dari sebuah pasar juga akan sangat berguna untuk merancang strategi pemasaran agar berjalan lebih baik serta akan mempermudah bagian pemasaran untuk berinteraksi terhadap konsumen karena sudah mengerti karakter pasar yang dituju.

10. Memutuskan Startegi Promosi yang Tepat

Sebab humas lah yang mengetahui dan selalu langsung berhubungan dengan konsumen dan masyarakat secara luas. Sehingga tentunya bagian humas inilah yang nantinya akan memutuskan apa strategi promosi yang nantinya paling tepat untuk dipakai dalam rangka meningkatkan penjualan.

11. Sales Promotion

Humas juga berfungsi sebagai Sales yang lebih menekankan kegiatan penjualan atau kegiatan pemasaran produk langsung kepada baik konsumen maupun distributor. Biasanya Sales Promotion akan menggunakan pria ataupun wanita yang mengunjungi langsung konsumen di titik-titik lokasi yang telah ditentukan seraya memberikan informasi terhadap produk tersebut dan berusaha meyakinkan konsumen agar membeli produk tersebut.

12. Membentuk Citra Perusahaan

Hal ini akan terjadi jika pemasaran yang dilakukan memiliki strategi komunikasi efektif ditambah proses komunikasi efektif dengan cara berkomunikasi dengan baik, ramah, sopan dan murah senyum. Jika hal tersebut dilakukan, maka tahap-tahap komunikasi pemasaran yang dilakukan tidak akan memiliki hambatan-hambatan komunikasi yang berarti. Dengan demikian maka tentu humas memegang peranan yang penting dalam mmebentuk image sebuah perusahaan.

13. Referensi Pembanding

Jika konsumen sudah mengenal merek, mengetahui merek tersebut dengan jelas serta suka dan nyaman ketika menggunakan merek produk yang ditawarkan tentu bukan lagi ada halangan untuk memasarkan sebuah produk. Tapi bagaimana jika ada produk lain yang sejenis dan diyakini oleh konsumen lebih unggul? nah disinilah peran komunikasi pemasaran sebagai pemberi referensi pembanding dibutuhkan. Komunikasi pemasaran yang dilakukan haruslah bisa menyakinkan konsumen, bahwa produk yang dipasarkan tersebut lebih baik dengan produk yang sudah ada.