Fungsi Penerapan CSR yang Harus di Ketahui Oleh Perusahaan

Mungkin gambar 2 orang dan teks yang menyatakan 'PUBLIC TRAINING DEKAN ANAKA ANAKA D4 ANAKA S www.pelatihan-sdm.net CSR Management dengan Pendekatan ISO ISO 26000 @kanakatraining ffb.com/kanakatraining (0274)501611 jatimulyo 153A Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta'

Fungsi Penerapan CSR yang Harus di Ketahui Oleh Perusahaan

 

Fungsi penerapan CSR yang harus di ketahui oleh perusahaan, Bicara tentang CSR tidak dapat dilepaskan dari fungsinya yaitu sebagai suatu bentuk tanggung jawab suatu perusahaan terhadap pihak yang terlibat atau terdampak baik secara langsung atau tidak langsung atas apa yang menjadi aktivitas perusahaan.

Secara rinci, fungsi dari CSR bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Social license to operate

Sebuah bisnis atau perusahaan bisa berkembang atau tidak akan sangat dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu masyarakat. Oleh sebab itu, adanya CSR, masyarakat yang mendiami dan bertempat tinggal disekitar perusahaan tersebut akan mendapatkan manfaat dari perusahaan yang bersangkutan. Hal ini tentu akan memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar. Manfaat yang diperoleh ini lama kelamaan akan membuat masyarakat menjadi loyal dengan perusahaan tersebut. Di sisi lain, hal ini akan menguntungkan bagi perusahaan karena memudahkan dalam menjalankan program atau kegiatannya di daerah yang bersangkutan.

2. Melebarkan akses sumber daya

Sebuah CSR perusahaan bila dikelola dengan baik akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Diantaranya adalah meningkatkan daya saing perusahaan dan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan sumber daya yang diperlukan.

3. Melebarkan akses menuju pasar

Dengan program CSR sebenarnya seluruh investasi serta biaya yang telah dikeluarkan bisa menjadi sebuah potensi untuk mendapatkan akses pasar yang lebih luas dan besar lagi. Tidak hanya itu saja, langkah ini bisa membangun loyalitas konsumen, bahkan menembus target pasar yang baru. Hal ini bisa terjadi karena program CSR yang berjalan dengan baik dapat membuat nama atau brand perusahaan menjadi lebih terkenal dan dikagumi oleh masyarakat luas.

4. Mereduksi risiko bisnis perusahaan

Bagi perusahaan, menyelenggarakan CSR dapat mengurangi risiko bisnis. Mengapa demikian? Karena dengan CSR akan membangun hubungan perusahaan dengan pihak yang terlibat menjadi lebih baik lagi, sehingga risiko bisnis seperti adanya kerusuhan dapat diatasi dengan mudah. Dengan demikian, biaya pengalihan risiko bisa dipergunakan oleh perusahaan untuk hal lain yang lebih bermanfaat untuk masyarakat atau perusahaan.

5. Membangun hubungan baik dengan regulator

Tidak hanya dapat memperbaiki hubungan perusahaan dengan masyarakat, namun dengan CSR juga dapat menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan pihak pemerintah karena adanya program CSR ini akan lebih meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Dimana pemerintahlah yang sebenarnya memiliki tanggung jawab besar terhadap kesejahteraan lingkungan dan masyarakatnya. Namun, dengan CSR peran ini dapat dilakukan oleh perusahaan.

6. Meningkatkan hubungan dengan stakeholder

Selain membangun hubungan yang baik kepada masyarakat, regulator, CSR juga bisa memperbaiki hubungan dengan stakeholder perusahaan, termasuk pemegang saham. Melalui pelaksanaan program CSR ini akan dapat memudahkan komunikasi dengan stakeholder yang tentu saja akan menambah kepercayaan kepada perusahaan yang bersangkutan.

7. Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan

Reputasi perusahaan yang baik adalah yang berkontribusi besar kepada stakeholder, masyarakat sekitar, dan lingkungannya. Sementara dari sisi internal, hal ini akan menambah kebanggaan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dan dapat berdampak pada peningkatan etos kerja dan produktivitas karyawan.