Hadirkan Citra Positif Dengan Corporate Identity Management

Pelatihan Sdm

Hadirkan Citra Positif Dengan Corporate Identity Management

Corporate identity management atau manajemen identitas perusahaan adalah penciptaan identitas perusahaan untuk menghadirkan citra positif kepada pemangku kepentingan. Ini juga berusaha untuk mengatasi fitur atau identitas negatif dari perusahaan. Identitas berkaitan dengan cara perusahaan menampilkan diri mereka kepada publik. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa identitas perusahaan diterapkan dengan benar, secara konsisten untuk setiap aplikasi, dan dengan mempertimbangkan biaya yang terlibat.

Dalam bidang hubungan masyarakat (public relations), relasi identitas perusahaan dijelaskan dalam bentuk model dinamika identitas perusahaan yang dikemukakan oleh Hacth and Schultz. Model dinamika tersebut menyebutkan bahwa identitas perusahaan memiliki relasi dengan budaya perusahaan (corporate culture) dan citra perusahaan (corporate image). Secara internal, identitas perusahaan terkait dengan kultur atau budaya yang dianut oleh perusahaan. Namun, secara eksternal, identitas perusahaan memiliki keterkaitan dengan citra perusahaan. Saat ini, identitas perusahaan telah diakui sebagai sumber daya yang strategis dan sumber keunggulan yang kompetitif.

Corporate identity dapat dipandang terdiri dari tiga bagian:

  1. Corporate Design (logo, seragam, warna perusahaan dll)
  2. Corporate Communication (iklan, public relations, informasi, dll)
  3. Corporate Behaviour (nilai-nilai internal, norma, dll)

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan sebagai corporate identity, salah satunya adalah dengan membuat newsletter (buletin perusahaan). Dalam bidang desain komunikasi visual, bentuk paling sederhana dari jati diri perusahaan adalah simbol. Menentukan arah, design, nyawa dari sebuah korporasi tidaklah mudah. Penentuan arah dimulai dari tujuan didirikannya perusahaan atau bisnis, bidang industri yang dipilih, serta market yang dituju, perusahaan juga harus memiliki arah kreasi corporate identity yang berhubungan dengan branding perusahaannya. Menjalankan bisnis berkembang dan produktif dalam bukan tentang menjadi beruntung. Tapi tentang bagaimana membuat pilihan yang akan mempengaruhi orang dan meningkatkan pendapatan. Sebuah identitas bisnis melakukan hal ini dengan meningkatkan daya tarik pasar untuk produk atau jasa bisnis.

Selain sebagai identitas suatu perusahaan, corporate identity mempunyai beberapa fungsi lainnya yaitu :

1. Sebagai patokan dari program menyeluruh strategi dari suatu perusahaa

Suatu corporate identity yang baik haruslah selalu sejalan dengan rencana perusahaan. Karena merupakan image yang ingin dibentuk perusahaan dibenak konsumen sehingga seharusnya mewarnai setiap strategi branding, marketing ataupun public relations yang dibuat dimasa kini dan dimasa yang akan datang.

2. Sebagai landasan dari sistem operasional suatu perusahaan.

Hal ini disebabkan corporate identity adalah suatu image yang ingin dibentuk dibenak konsumen sehingga seluruh personil harus mampu menghayatinya terutama ketika menjalankan operasional perusahaan sehari-hari.

3. Sebagai tiang dari jaringan (network) yang baik bagi perusahaan.

Image yang baik dan positif dari suatu perusahaan akan memudahkan perusahaan mendapatkan investor, pinjaman atau partner dari berbagai tempat sehingga memudahkan hubungan dengan pemerintah seperti mengurus perizinan.

4. Alat jual dan promosi.

Corporate identity merupakan alat jual bagi perusahaan untuk produk-produk yang sekarang ada atau produk yang akan dikembangkan. Karena image yang positif dari suatu perusahaan akan membuat konsumen percaya dan nyaman akan perusahaan itu dan percaya pula dengan produk-produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut merupakan produk berkualitas terbaik.

This entry was posted in Artikel, Pelatihan Kehumasan and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.