Halaman Penting yang Wajib Ada di Website Bisnis

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Halaman Penting yang Wajib Ada di Website Bisnis

 

Agar bisnis Anda semakin dikenal orang banyak, terlebih di internet, maka salah satu metodenya adalah dengan mengonlinekan website perusahaan. Dengan website bisnis, Anda bisa menyediakan berbagai informasi, seperti visi dan misi, staff member, dan produk serta layanan apa saja yang disediakan. Sayangnya masih banyak perusahaan yang menampilkan halaman website yang tidak efektif dan tidak berguna. Coba lihat web bisnis yang sering Anda buka dengan saksama. Di sana Anda akan lihat bahwa website tersebut menggunakan sejumlah tool penyaring informasi. Sebagai contoh, fitur bantuan pelanggan tidak terlalu dibutuhkan jika yang Anda buat adalah website bisnis untuk furniture yang dijual secara lokal. Idealnya hanya halaman website yang diperlukan saja yang harus ditambahkan ke situs perusahaan. Akan tetapi, memilih mana halaman web yang tepat guna seringkali menjadi tantangan tersendiri. Untuk membuat website perusahaan, setidaknya Anda harus tahu dan paham halaman mana saja yang wajib dijalankan di web bisnis.

Berikut 7 Halaman Penting yang Wajib Ada di Website Bisnis :

1.Contact Us (Hubungi Kami)

alaman Contact Us merupakan tempat yang tepat untuk menambahkan fitur maps jika Anda juga mendirikan toko fisik, di samping toko online tentunya. Dengan adanya fitur tambahan berupa maps, pengunjung situs memperoleh informasi yang valid mengenai alamat dan lokasi toko Ada. Secara tidak langsung, melalui halaman Contact Us, Anda ingin menyampaikan bahwa dengan beberapa metode inilah para pengunjung situs bisa berkomunikasi langsung atau bertukar pesan elektronik dengan Anda.

2. About Us (Tentang Kami)

Jika memasukkan keyword atau kata kunci tertentu, maka secara otomatis mesin pencari akan memunculkan banyak opsi. Anda tidak mungkin, kan, menggunakan seluruh sumber tersebut untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan? Tentu saja Anda akan melakukan ‘pengerucutan’ dengan melihat website resminya satu per satu. Membuka website dan melihat informasi pribadi, seperti biografi singkat, dari para pemiliknya seolah-olah mendekatkan jarak yang jauh di antara Anda dan pengelola bisnis.

3. Frequently Asked Questions (FAQ)

Banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh Anda jika memasang halaman FAQ di website perusahaan. Bahkan Anda juga bisa mengaktifkan halaman Knowledge Base (Pengetahuan Dasar), yang tentu saja tergantung pada besar kecilnya bisnis serta jenis layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh, karena perusahaan kami menitikberatkan pada layanan hosting, maka pertanyaan yang muncul pun seputar permasalahan teknis. Untuk itu, kami membuat halaman Knowledge Base (Pengetahuan Dasar) yang memuat pertanyaan serta jawaban teknis.

4. Pricing (Harga)

Tidak semua jenis bisnis bisa menerapkan daftar harga. Sebagai contoh, Anda menjual suatu barang dan untuk harganya, Anda harus melakukan pembicaraan dulu dengan klien. Pemasangan informasi harga tentu tidak memungkinkan untuk jenis bisnis seperti ini. Kalau sudah begini, yang Anda perlu lakukan adalah menambahkan beberapa informasi penting di halaman Contact Us, seperti menegaskan bahwa harus terjadi komunikasi antara Anda dan klien terlebih dulu guna mengetahui persyaratan yang ditetapkan sebelum membicarakan soal harga.

5. Support (Bantuan Pelanggan)

Setidaknya dengan adanya halaman bantuan pelanggan, pengunjung situs bisa lebih mudah dalam ‘mengadukan’ masalah pada Anda. Bantuan pelanggan bisa dalam bentuk formulir kontak, live chat, atau forum komunitas di mana klien atau user menuliskan pertanyaan apa pun terkait produk dan layanan yang Anda tawarkan. Jika website perusahaan Anda berbasis WordPress, maka fitur-fitur ini dapat ditambahkan dengan mudah. Ada banyak plugin khusus formulir kontak, live chat, dan forum yang bisa langsung diinstall dan diaktifkan.

6. Kebijakan Privasi

Memasang kebijakan privasi juga menunjukkan bahwa Anda bertanggung jawab terhadap keamanan informasi yang mereka masukkan. Jika gagal melindungi data dan informasi klien, maka Anda akan diminta pertanggungjawaban. Ingatlah untuk selalu menyebutkan informasi yang jelas di awal demi memperoleh kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

7. Terms of Service (Ketentuan Penggunaan)

Membuat website perusahaan berarti Anda akan berurusan dengan berbagai layanan, seperti pembelian, pengiriman, pendaftaran akun baru, dan lain sebagainya. Agar user atau klien mendapatkan informasi yang cukup mengenai layanan yang ditawarkan, maka Anda wajib memasang halaman Terms of Service (Ketentuan Penggunaan). Halaman Ketentuan Penggunaan tidak dibutuhkan jika Anda tidak menyediakan layanan di website. Misalnya, untuk toko fisik, ada pengukuran atau kualifikasi lain yang dibutuhkan guna melindungi diri dan bisnis Anda.