Inspirasi Budaya Perusahaan Yang Menarik

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Inspirasi Budaya Perusahaan Yang Menarik

 

Inspirasi Budaya Perusahaan Yang Menarik, Budaya perusahaan (Corporate Culture) merupakan nilai-nilai yang dianut dan diturunkan dalam tradisi, kode etik, lingkungan kerja, perilaku, dan interaksi yang terjadi dalam badan internal perusahaan. Corporate Culture yang sangat kental akan sangat kuat terasa, bahkan bagi pihak luar yang tidak bekerja atau tidak mengenal perusahaan tersebut. Namun kesuksesan perusahaan tidak hanya ditentukan pada satu faktor saja, namun berbagai faktor juga menjadi penunjang kesuksesan perusahaan. Budaya perusahaan (Corporate Culture) berperan penting untuk mendorong dan meningkatkan efektivitas kerja perusahaan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tanpa adanya budaya perusahaan (Corporate Culture)  yang baik akan menimbulkan kinerja perusahaan tidak dapat berjalan secara optimal. Untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai budaya perusahaan sehingga akan menjadi pedoman dalam perusahaan.

Berikut referensi dan inspirasi budaya perusahaan (Corporate Culture)  terbesar di dunia dalam membangun budaya perusahaan yang menarik, diantaranya yaitu:

1.Google

Google selain mendapatkan predikat sebagai perusahaan terbaik di dunia, Google juga memiliki budaya perusahaan (Corporate Culture) yang baik. Dengan menggunakan konsep representasi yaitu prinsip sederhana membuat pelanggan bahagia, dengan cara karyawan juga harus bahagia. Dengan gaya bekerja yang santai dan fleksibilitas untuk menata ruang kerja dan tersedia fasilitas hiburan lainnya serta adanya ruangan khusus untuk istirahat sehingga dapat memulihkan energi dan semangat karyawan.

2. Facebook

Facebook memiliki budaya kerja yang dapat mendorong karyawannya untuk bersikap kompetitif, namun tetap nyaman untuk bekerja di dalamnya. Saat bekerja dengan kenyamanan tinggi, karyawan akan menjalankan tugasnya dengan maksimal, sehingga perusahaan akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu karyawan Facebook juga diberikan kebebasan untuk memberikan kritik dan saran kepada atasannya.

3. Netflix

Budaya perusahaan (Corporate Culture) yang dijunjung tinggi dalam Netflix yaitu fleksibilitas, kejujuran dan keterbukaan sejak dini mungkin bahkan pada tahapan seleksi awal karyawan. Fleksibilitas ini diterapkan dengan pemberian waktu liburan yang lama untuk karyawan untuk mendorong penjadwalan jam kerja yang fleksibel dan optimal. Selain itu karyawan juga didorong untuk terbuka antar satu sama lainnya dalam pekerjaan dan juga jujur dalam mengutarakan apa yang dipikirkan.

4. Amazon

Perusahaan Amazon memberikan kesan dan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan. Dalam budaya perusahaan Amazon didorong untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan terbaik tersebut dapat tercapai dengan adanya tim-tim kecil untuk membantu.

5. Buffer

Budaya perusahaan Buffer dibentuk oleh pengembangan personal, kerendah-hatian, mendengar, dan transparansi. Buffer memiliki kebijakan untuk memberikan keterbukaan kepada karyawan dan pelanggan, dan mendorong mereka untuk melakukan hal yang sama. Buffer juga akan mendorong peningkatan skill karyawan dengan membuat lingkungan kerja yang penuh dengan inovasi.

Budaya perusahaan (Corporate Culture) yang sudah diterapkan oleh perusahaan mungkin tidak dapat sesempurna mungkin namun dengan menerapkan budaya perusahaan sedini mungkin dengan baik akan mendorong tercapainya kesuksesan perusahaan dalam waktu yang cepat dan berkesinambungan.