Jenis CSR Yang Bisa Dilakukan Perusahaan

Gambar mungkin berisi: 3 orang, teks

Jenis CSR Yang Bisa Dilakukan Perusahaan

 

Jenis CSR yang bisa dilakukan perusahaan, tanggung jawab social perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa perusahaan memiliki dan mempunyai berbagai tanjung jawab termasuk kepada semua yang berkepentingan seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan juga lingkungan dalam segala aspek operasional yang melingkupi aspek ekonomi, social dan lingkungan. Karenanya, CSR mempunyai hubungan yang erat dengan pembangungan berkelanjutan, yaitu suatu organisasi perusahaan dalam melakukan setiap aktivitasnya harus mendasarkan keputusan yang tidak semata hanya berdampak dalam segi ekonomi (keuntungan atau deviden) semata, namun juga harus menimbang dampak social dan lingkungan dari setiap keputusan yang diakibatkan dari keputasn tersebut baik efek jangka pendek maupun jangka panjang. Setelah menyadari betapa pentingnya upaya yang bertanggung jawab secara social bagi pelanggan, karyawan dan seluruh yang berkepentingan.

Banyak perusahaan yang telah focus pada beberapa kategori CSR yang bisa dikatakan cukup luas, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Upaya lingkungan

Salah satu focus yang biasanya menjadi focus utama adalah tanggung awab perusahan terhadapa lingkungan sekitar mereka dan dunia umumnya. Sebuah usaha bisnis terlepas dari besar kecil ukurannya memiliki jejak karbon, setiap langkah yang mereka ambil untuk membantu mengurangi jejak tersebut dianggap baik untuk citra perusahaan dan masyarakat.

2. Filantropi

Salah satu cara sebuah bisnis dalam mempraktikkan dan menunjukkan tanggung jawab social mereka adalah dengan menyumbangkang uang, produk, atau layanan dengan tujuan social serta nirlaba. Perusahaan besar cenderung memilik banyak sumber data yang dapat menguntungkan badan amal dan program komunitas sekitarnya. Sebaiknya perusahaan diharapkan terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan organisasi- organisasi ini tentang kebutuhan khusus mereka sebelum perusahaan mengucurkan dana.

3. Praktek kerja etis

Perusahaan hendaknya selalu memperlakukan karyawan mereka dengan adil dan etis, dengan begini perusahaan akan dianggap telah menunjukkan tanggung jawab social mereka. Hal ini terutama akan sangat berlaku bagi bisnis yang beroperasi di lokasi internasional dengan undang- undang perburuhan yang berbeda dari negara masing- masing.

4. Volunter atau sukarelawan

Perusahaan dapat menunjukkan itikad baik mereka dengan menghadiri acara sukarela, melakukakan perbuatan baik tanpa mengharapkan imbalan disebaliknya. Ada baiknya juga perusahaan berbagi kepedulian mereka untuk masalah yang bersifat spesifik dan komitmen kepada organisasi tertentu.