Komponen Penting Dalam Total Cost of Ownership

Pelatihan Sdm

Komponen Penting Dalam Total Cost of Ownership

 

Komponen penting dalam Total Cost of Ownership, bagi pemilik aset atau teknologi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah TCO. TCO adalah singkatan dari “Total Cost of Ownership”, yaitu perkiraan semua biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan sebuah aset atau teknologi selama siklus hidupnya. Total Cost of Ownership ini sangat bermanfaat untuk menentukan setiap nilai sebuah produk atau sistem. Pada setiap investasi yang ditujukan untuk modal, terutama dalam bentuk aset, seorang calon pemilik aset pasti akan melakukan sebuah perhitungan untuk mengukur kelayakan aset tersebut. Dalam melakukan perhitungan, pemilik akan melakukan suatu analisis yang mencakupi semua total biaya baik biaya beli, operasional, hingga gambaran keuntungan yang nantinya akan didapatkan. Analisis inilah yang disebut Total Cost of Ownership (TCO).

Dalam industri teknologi, analisis Total Cost of Ownership (TCO) adalah sebuah metodologi yang menghitung semua biaya baik itu pada perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), dan pelatihan untuk menggunakan teknologi tersebut. Pada tahun 1987, Gartner Group mulai mempopulerkan analisis TCO kepada publik meskipun sebetulnya konsep ini sudah dikenal, dibuktikan dengan berbagai metodologi untuk melakukan analisis TCO.

Ada beberapa komponen-komponen penting didalam Total Cost of Ownership (TCO) yang harus diperhatikan, misalnya saja sebagai berikut :

1.  Biaya langsung

Dalam Total Cost of Ownership (TCO) atau total biaya kepemilikan, dikenal biaya langsung. Biaya langsung ini merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemilik bisnis untuk melakukan pembelian. Dalam hal ini pembelian yang dilakukan adalah pembelian perangkat yang dibutuhkan dan akan digunakan. Selain itu ada pula biaya instalasi perangkat yang tentunya juga membutuhkan biaya langsung dari perusahaan. Sebab instalasi ini memang tidak bisa dipisahkan dari perangkat sehingga instalasi perangkat akan selalu dibutuhkan dan tentu akan menimbulkan biaya.

2.  Biaya operasional

Selain biaya langsung, rupanya Total Cost of Ownership (TCO) juga terdiri dari biaya operasional. Biaya operasional ini merupakan segala biaya yang dikeluarkan untuk dapat mengoperasikan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang sudah dibeli dan sudah diinstalasi. Biaya operasional juga meliputi biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan pelatihan (training) bagi para karyawan yang akan melakukan operasional perangkat tersebut. Sebab, para karyawan yang hendak mengoperasikan perangkat memang harus dibekali dengan keahlian atau ketrampilan dalam menjalankan perangkat tersebut. Selain itu biaya operasional juga meliputi biaya listrik atau lainnya yang juga selalu dibutuhkan untuk mendukung operasional perangkat pada perusahaan.

3.  Biaya jangka panjang

Komponen terakhir dalam total biaya kepemilikan adalah biaya jangka panjang. Jika membeli sebuah perangkat, maka tentunya perangkat tersebut memiliki masa aktif atau masa pakai tertentu. Saat penggunaan perangkat yang telah dibeli tersebut melewati masa aktif atau masa pakainya, maka perangkat tersebut akan mengalami penurunan kualitas. Maka perangkat nantinya tidak bisa lagi berfungsi secara optimal sehingga perusahaan pun akan membutuhkan perangkat yang baru. Untuk mengganti perangkat yang baru dan menonaktifkan perangkat yang lama tentu saja dibutuhkan biaya yang dinamakan sebagai biaya jangka panjang. Biaya jenis ini umumnya dikeluarkan untuk melakukan pembaharuan dan penggantian perangkat sampai dengan perangkat tersebut sudah tidak dapat berfungsi lagi.

Total Cost of Ownership (TCO) rupanya memberikan beberapa manfaat pada perusahaan atau pemilik bisnis dari suatu aset atau teknologi tertentu. Dengan melakukan perhitungan Total Cost of Ownership (TCO) maka perhitungan tersebut dapat dijadikan sebagai patokan harga. Mungkin saja seorang pemilik bisnis dapat melakukan penawaran harga perangkat terhadap supplier (pemasok) perangkat sehingga dapat membeli perangkat dengan harga yang lebih rendah. Selain itu, perhitungan Total Cost of Ownership (TCO) juga bisa dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan kinerja keuangan. Tentunya kinerja keuangan ini diharapkan agar dapat meningkat dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tidak hanya itu saja, tetapi diharapkan pula agar perhitungan investasi berupa suatu perangkat pada akhirnya dapat kembali sekalipun dalam jangka waktu yang cukup lama.