Kunci Menjadi Seorang Pemimpin Sukses

Kunci Menjadi Seorang Pemimpin Sukses

Secara umum, kepemimpinan dapat diartikan sebagai proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas-aktivitas tugas dari orang-orang dalam kelompok. Kepemimpinan berarti melibatkan orang lain, yaitu bawahan atau karyawan yang akan dipimpin. Kepemimpinan juga melibatkan pembagian kekuasaan. Atau dengan kata lain kepemimpinan ialah kemampuan meyakinkan orang lain supaya bekerja sama di bawah pimpinannya sebagai suatu tim untuk mencapai atau melakukan suatu tujuan. Seorang pemimpin berfungsi untuk memastikan seluruh tugas dan kewajiban dilaksanakan di dalam suatu perusahaan. Seseorang yang secara resmi diangkat menjadi kepala dalam suatu kelompok bisa saja ia berfungsi atau mungkin tidak berfungsi sebagai pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang unik dan tidak di wariskan secara otomatis tetapi seorang pemimpin haruslah memiliki karekteristik tertentu yang timbul pada situasi-situasi yang berbeda.

Agar dapat menjadi seorang pemimpin yang sukses tidaklah semudah seperti saat membalikan telapak tangan, sebab apabila menginginkan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses maka dibutuhkan berbagai macam cara dan sikap yang baik dalam memimpin serta mengejar tujuan organisasi atau perusahaan. Seorang pemimpin merupakan ujung tombak suatu perusahaan karena suatu tim tentu membutuhkan seorang pemimpin yang kompeten, terutama di dalam bidang bisnis. Segala tindakan dalam bisnis seperti mengambil keputusan investasi, menentukan klien, membeli stok produk dan sebagainya pada umumnya akan ditentukan oleh seorang pemimpin.

Mendengar kata sukses, yang ada dibayangan banyak orang hal itu berkaitan dengan materi, kesejahteraan hidup dan keberhasilan akan sesuatu yang besar. Memang, definisi suskes pada setiap orang itu dapat berbeda-beda. Hal tersebut merupakan hak masing-masing individu untuk membuat “standar” atau kriteria tertentu terkait apa saja yang bisa dikatakan sukses dengan sudut pandangnya sendiri.

Namun dalam kepemimpinan, menjadi seorang pemimpin yang sukses tentu memiliki kunci tersendiri seperti penjelasan berikut ini :

1.  Kemampuan mengatur diri sendiri

Sulit untuk mengelola orang lain secara efektif jika tidak dapat mengatur diri sendiri. Self managing atau kemampuan dalam mengatur diri sendiri artinya dapat memprioritaskan tujuan dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut.

2.  Bertindak secara strategis

Pemimpin masa kini perlu memiliki pemikiran yang jauh ke depan, terbuka dengan berbagai pengetahuan dan saran yang ada. Pemimpin harus selalu siap untuk menyesuaikan strategi mereka dengan peluang yang muncul. Pemimpin juga harus selalu siap mengatasi tantangan yang tak terduga di masa mendatang.

3.  Komunikator yang efektif

Pemimpin tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Mereka ialah komunikator yang efektif dan memiliki kemampuan dalam memberi penjelasan secara jelas dan singkat kepada orang lain tentang segala sesuatu, mulai dari tujuan perusahaan hingga tugas-tugas tertentu yang mendetail.

4.  Memiliki sikap yang bertanggung jawab

Pemimpin sukses ialah mereka yang tidak sok berkuasa atas jabatan yang ia miliki. Mereka merupakan orang-orang yang bertanggung jawab, bahkan atas kesalahan mereka sendiri. Tentu, mereka tidak akan melemparkan kesalahan kepada orang lain.

5.  Merancang tujuan dengan jelas dan tekun dalam mengejar impian

Menetapkan tujuan adalah kunci keberhasilan pribadi, tim, dan perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu membutuhkan waktu. Jika menyerah begitu saja, demikian juga orang yang ada di sekitar. Pemimpin yang sukses harus rela terus berjalan dan berjuang saat orang lain tergoda untuk menyerah.

6.  Miliki visi masa depan jangka panjang

Pemimpin yang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perusahaan mereka dan membuat tujuan riil yang mampu diimplementasikan. Berlatihlah untuk beradaptasi dan memiliki “sense” menerapkan strategi baru dan biarkan model bisnis berkembang seiring berjalannya waktu.

7.  Menyelesaikan masalah yang terjadi

Pemimpin harus menjadi pemecah masalah yang bisa membuat keputusan dalam situasi yang dinamis. Belajar memimpin dalam lingkungan yang kompleks adalah keterampilan vital bagi pemimpin manapun.

8.  Pengembangan kreativitas dan inovasi

Pemimpin perlu memiliki keberanian untuk mengambil risiko dan mencoba ide baru. Mereka harus bisa mengembangkan kreativitas hingga menularkan suatu inovasi. Dengan begitu, perusahaan yang dipimpinnya akan tiba pada satu kondisi baru dan memiliki perubahan-perubahan yang mengarah kepada kemajuan.

9.  Pengembangan kerja sama dalam tim

Kepemimpinan yang baik dapat dinilai ketika orang-orang di sekitar “terprovokasi” secara positif untuk melakukan tujuan yang sudah disepakati bersama. Pengembangan kerja sama dalam tim sangatlah penting, mengingat karakter serta kemampuan orang yang dipimpin sangat beragam.

10.  Menciptakan hubungan yang tak terputus

Dalam kepemimpinan yang efektif, tidak ada unsur pemaksaan, karena pemimpin yang benar akan memancarkan inspirasi kepada orang-orang yang mengikuti dan menganggapnya sebagai pemimpin. Para karyawan yang merasa dihargai dan merasa membawa perubahan positif bagi perusahan, akan merasa bangga dan akan bekerja lebih keras untuk kesuksesan dan kemajuan perusahaan.

11. Mengembangkan kecerdasan diberbagai bidang

Memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan akan mendorong keinginan untuk terus belajar dan bertumbuh. Jadilah pemimpin yang selalu ingin tahu bagaimana mengembangkan keterampilan dalam berpikir kritis, menerima ketidakpastian, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, serta selalu memiliki keinginan dan tekad untuk terus maju.