Langkah-Langkah Dalam Menyusun Marketing Plan

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Langkah-Langkah Dalam Menyusun Marketing Plan

 

Rencana pemasaran (marketing plan) merupakan suatu bagian dari proses manajemen yang cenderung mengarah pada strategi pemasaran. Umumnya, jika di suatu perusahaan memiliki marketing plan yang baik maka perusahaan tersebut dapat mencapai keuntungan dengan berbagai macam cara yang cenderung efektif dan juga efisien. Dalam hal ini hal-hal yang tergolong sebagai bentuk dari rencana pemasaran yaitu pengumpulan informasi dan penyebarluasan informasi. Selain itu kegiatan tersebut juga meliputi strategi promosi serta koordinasi pemasaran. Seluruh komponen ini pada dasarnya merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk dapat menggunakan sumber daya yang ada secara maksimal.

Dalam suatu rencana pemasaran, ini berperan sebagai alat yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. Sebuah perusahaan atau bisnis yang ingin sukses dalam pasar, membutuhkan marketing plan untuk menyebarluaskan jangkauan ke dalam target pemasaran. Sehingga tahu tentang target pasar yang akan dibidik.

Berikut ini beberapa langkah untuk menyusun rencana pemasaran (marketing plan) diantaranya yaitu :

1.  Melakukan Analisis Situasi

Dengan adanya analisis SWOT, maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar, serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Menentukan target pasar penting untuk dilakukan, agar dapat menerapkan strategi pemasaran yang efektif.

2.  Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis SWOT, rencana pemasaran dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya dengan mengidentifikasi siapa saja yang memerlukan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Sehingga, ketika sudah mengetahui kemana arah pemasaran maka selanjutnya akan dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target pemasaran. Strategi pemasaran penting dilakukan untuk meminimalkan anggaran dan upaya yang diperlukan untuk promosi tetapi dengan keuntungan yang maksimal.

3.  Menuliskan Semua Target Pemasaran Dalam Daftar

Buatlah target pemasaran dalam daftar dan tidak lebih dari satu halaman. Tulis semua target pemasaran untuk tahun depan. Gunakan kriteria SMART saat menentukan target, yaitu : spesifik (specific), terukur (measurable), bisa tercapai (attainable), realistis (realistis), dan memiliki tenggat waktu (timely).

4.  Menyusun Strategi dan Program

Strategi dan program pemasaran dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan. Untuk mendukung strategi tersebut, dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.

5.  Menetapkan Anggaran Pemasaran

Karena setiap pemasaran membutuhkan biaya, maka penting untuk membuat anggaran khusus untuk pemasaran. Menghitung jumlah uang yang harus dikeluarkan dan cara memanfaatkannya. Melakukan pengelompokan biaya, lalu hitunglah jumlah total setiap kelompok.

6.  Buat Rencana Tahunan

Banyak ahli pemasaran yang menyarankan agar setiap perusahaan mengevaluasi rencana pemasaran minimal satu kali dalam setahun. Cara ini membantu perusahaan melihat target yang sudah tercapai, menentukan hal-hal yang berprogres berdasarkan saat ini, dan menentukan perubahan yang diperlukan berdasarkan rencana penjualan.