Langkah-Langkah Penyusunan Struktur Materi Presentasi

Pelatihan Sdm

Langkah-Langkah Penyusunan Struktur Materi Presentasi

 

Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis. Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

Dalam menyusun materi dibutuhkan kejelian dan ketepatan. Kejelian berhubungan erat dengan kemampuan presentasi dalam memilih sumber yang bisa dipercaya sedangkan ketepatan berhubungan dengan kesesuaian materi dengan apa yang dibutuhkan oleh audience. Ada syarat yang harus dipenuhi dalam menyusun materi, antara lain materi harus sesuai dengan topik, update dan terpercaya. Anda bisa mendapatkan materi dari pengalaman pribadi, buku, jurnal, hasil penelitian, majalah, internet atau koran. Satu lagi yang harus dipahami, jangan membuat materi yang terlampau banyak dan jangan gunakan kata atau kalimat yang Anda sendiri tidak memahaminya.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyusun struktur materi presentasi yaitu :

1.  Bagian Pembuka

Presenter memiliki kesempatan untuk memperlihatkan first impression terbaik pada audience presentasi. Mulailah dengan sapaan dan sambutan yang hangat, hingga basa basi yang tidak penting. Secara tidak sadar, hal tersebut dapat meningkatkan rasa antusias audience presentasi. Dapat melibatkan para audience presentasi, ajak mereka berbincang layaknya teman dekat. Sapa mereka dengan penuh semangat yang membara serta antusias yang tinggi, sebab rasa semangat itu akan ikut timbul pada diri audience presentasi tanpa diminta. Setelah itu bisa memulainya dengan memberikan hints tentang materi yang akan dibawakan. Paparkan latar belakang yang berisi alasan yang jelas mengapa kamu mengangkat materi tersebut sebagai topik presentasi. Jangan terlalu cepat atau terlalu lama melakukan intro, sesuaikan dengan waktu yang tersedia.

2.  Bagian Isi

Bagian ini merupakan bagian terpenting dari penyampaian materi presentasi. Pada bagian isi, Anda bisa mulai menyampaikan hal-hal sederhana hingga materi yang lebih sulit. Usahakan untuk menyampaikan sedetail mungkin, namun jangan sampai dianggap bertele-tele karena dapat membuat audience presentasi bosan. Buruknya adalah mereka tidak memahami sama sekali apa yang kamu sampaikan. Tegaskan pada beberapa hal yang terbilang penting untuk diingat dan dimengerti, misalnya Anda dapat memberi highlight pada poin penting tersebut di dalam slide presentasi. Hal lain yang perlu diingat adalah sajikan desain presentasi yang sederhana dan profesional, serta tidak perlu berlebihan. Di bagian ini juga bisa menambahkan analogi atau contoh yang berkaitan dengan materi presentasi, baik menggunakan properti maupun tidak.

3.  Bagian Penutup

Tidak jauh berbeda pada saat membuka presentasi, Anda bisa membuat lelucon di akhir presentasi atau mengadakan permainan kecil (seperti teka-teki) yang berkaitan dengan materi presentasi. Bagian terpenting yaitu jangan lupa untuk membuat kesimpulan dan inti dari keseluruhan materi presentasi yang disampaikan pada bagian isi. Biarkan audience presentasi mencatat dalam buku atau pikiran mereka mengenai kesimpulan yang Anda sampaikan. Anda juga bisa meminta pendapat audience presentasi dan menyimpulkan tentang ilmu yang telah mereka dapatkan selama mendengarkan dan memperhatikan jalannya presentasi. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah menyerap informasi dan mengingatnya kembali di kemudian hari. Bagian penutup juga merupakan bagian terpenting dalam menyampaikan sebuah presentasi. Sebab presenter, secara langsung maupun tidak, akan dinilai oleh audience presentasi mengenai sikap dan gaya bicaranya selama memaparkan materi presentasi.

Hampir semua orang rasanya pernah berurusan dengan presentasi. Entah itu untuk menyampaikan materi di kelas, pertemuan komunitas, atau rapat bisnis. Pasti ada momen di saat kita harus membuat presentasi di depan audience. Karena itulah penting untuk mengetahui cara membuat presentasi yang efektif. Cara membuat presentasi yang baik dilakukan dengan menggabungkan teks dan gambar yang menarik. Memperhatikan kenyamanan dan kemudahan audience menjadi prioritas utama, sehingga presentasi bakal memiliki daya tarik tersendiri.