Langkah Menyusun Strategi Corporate Communication

Keterangan foto tidak tersedia.

Langkah Menyusun Strategi Corporate Communication

 

Membuat corporate communication strategy merupakan hal yang menantang sampai saat ini. Di perusahaan besar sekalipun, masih banyak yang tidak memiliki strategi corporate communication yang baik. Hal ini bisa dilihat jika mereka terkena krisis, komunikasi yang disampaikan malah menjadi bumerang buat mereka sendiri. Oleh karena itu, corporate communication strategy adalah hal yang sangat penting. Strategi corporate communication dapat menjadi fondasi untuk kelangsungan perusahaan. Selain itu, penting pula untuk disusun hal-hal apa saja yang ingin disampaikan ke publik, baik pada pegawai maupun atasan yang memiliki kepentingan.

Berikut beberapa langkah terbaik dalam menciptakan strategi corporate communication, di antaranya adalah :

1.Mengidentifikasi dan memprioritaskan tujuan dari para eksekutif

Untuk memulainya, sangat penting untuk mengerti dan menanyakan apa yang dilihat oleh para eksekutif dari sebuah perusahaan. Cara terbaik untuk mendapatkan informasi ini adalah dengan melalui mewawancarai mereka. Tanyailah mereka untuk mengidentifikasi prioritas tertinggi mereka untuk tahun-tahun berikutnya. Selain itu, pastikan mereka semua setuju dengan pesan-pesan yang ingin disampaikan melalui corporate communication strategy.

2. Menyebarkan survei pegawai

Para pegawai merupakan barisan terdepan dari sebuah perusahaan. Maka dari itu, persepsi mereka juga sama dengan persepsi publik mengenai citra dari perusahaan tersebut. Buatlah survey untuk para pegawai demi mendaptakan jawaban yang dapat dimasukkan ke dalam strategi corporate communication. Pastikan juga suara para audiens akan selalu didengarkan oleh perusahaan. Pasalnya, dengan begitu, perusahaan sudah tahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan publik maupun dengan kalangan internal.

3. Mendapatkan masukan dari stakeholder

Stakeholder dan investor adalah elemen penting yang perlu terlibat dalam penyusunan corporate communication strategy. Tentukan strategi komunikasi terbaik yang sesuai dengan para investor.

4. Mengambil review dari customer

Manfaatkanlah segala tools online sebagai bahan untuk melalukan review dari para customer. Ajukanlah pertanyaan atau survey melalui email, link, dan lainnya untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh para customer. Dengan begitu, perusahaan bisa mengecek kembali janji apa yang ingin disampaikan kepada customer. Memanfaatkan media sosial bukan hanya sekadar untuk ladang promosi, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan percakapan dengan para konsumen.

5. Partisipasi dari supplier

Tidak hanya pegawai internal, publik, serta atasan saja yang opininya perlu dilibatkan. Para supplier juga perlu dilibatkan dalam pembuatan strategi corporate communication. Tanyalah mereka apa yang mereka harapkan dari perusahaan atau bisnis yang kamu rintis. Dengan begitu, kamu akan mengetahui ekspektasi mereka ke dalam perusahaan dan juga kamu bisa menjalin hubungan yang baik.