Manfaat Change Management Untuk Kemajuan Organisasi

Pelatihan Sdm

Manfaat Change Management Untuk Kemajuan Organisasi

 

Manajemen perubahan (change management) merupakan pendekatan terstruktur untuk pergeseran atau transisi individu, tim, dan juga organisasi dari keadaan sekarang ke keadaan masa depan yang diinginkan. Ini merupakan proses yang bertujuan membantu karyawan untuk menerima dan merangkul perubahan dalam lingkungan bisnis mereka saat ini. Perubahan bertujuan agar organisasi tidak menjadi statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman, kemajuan teknologi dan peningkatan pelayanan yang berkualitas. Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup suatu organisasi, tanpa adanya perubahan maka dapat dipastikan bahwa usia organisasi tidak akan bertahan lama.

Perubahan mempunyai manfaat bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Tanpa adanya perubahan, dapat dipastikan usia organisasi tidak akan bertahan lama. Perubahan organisasi bertujuan agar organisasi tidak menjadi statis melainkan tetap dinamis dalam menghadapi perkembangan jaman. Seorang pemimpin melakukan perubahan dengan visi dan strategi yang didasarkan pada asumsi tentang keadaan di masa depan yang diperkirakan akan terjadi. Hanya pemimpin yang memiliki personality, behavior, dan the sense of power yang mampu menghadapi perubahan. Perubahan lingkungan dan teknologi yang begitu cepat memaksa sebuah organisasi untuk menyesuaikan diri. Banyak organisasi yang gagal dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dan akhirnya tertinggal oleh pesaingan-pesaingannya dan akhirnya organisasi menjadi mati. Namun sebaliknya, jika organisasi tersebut ingin bergerak secara inovatif dan selalu mampu bertahan menyongsong perubahan, tentu akan dapat tetap eksis walaupun usianya sudah lebih seratus tahun karena organisasi mampu berubah menyesuaikan diri.

Salah satu sasaran manajemen perubahan yaitu mengupayakan agar proses transformasi tersebut berlangsung dalam waktu yang relatif cepat dengan kesulitan-kesulitan seminimal mungkin. Tujuan konkrit dari manajemen perubahan (change management) bagi beberapa organisasi yang berbeda mungkin tidak sama. Namun, etos manajemen perubahan sama yaitu, menjadikan organisasi lebih efektif, efisien dan responsif terhadap perubahan yang terjadi di dalam organisasi. Manajemen perubahan merupakan proses yang sistematis yang terencana oleh pihak manajemen organisasi. Hal ini sangat berbeda dengan perubahan yang terjadi namun tidak diantisipasi atau ditangani secara baik oleh organisasi.

Beberapa manfaat dari manajemen perubahan (change management) ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Perubahan pada manajemen perubahan adalah proses yang direncanakan dan dapat dikelola. Manfaat dari perubahan ini dapat diketahui sebelum penerapannya dan dapat berfungsi sebagai motivator serta penilaian terhadap kemajuan yang dicapai.
  2. Organisasi dapat merespon lebih cepat terhadap permintaan pelanggan.
  3. Membantu menyelaraskan sumber daya yang ada dalam organisasi.
  4. Manajemen perubahan memungkinkan organisasi untuk menilai dampak keseluruhan dari perubahan.
  5. Perubahan dapat dilaksanakan tanpa berdampak negatif terhadap bisnis sehari-hari.
  6. Efektivitas dan efisiensi organisasi dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan dengan ada pengakuan dan kewaspadaan dari semua karyawan yang bersangkutan.
  7. Waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan perubahan berkurang.
  8. Kemungkinan perubahan yang tidak berhasil berkurang.
  9. Kinerja karyawan meningkat, ketika karyawan yang bersangkutan merasa didukung dan memahami proses perubahannya.
  10. Peningkatan layanan terhadap pelanggan akan lebih efektif dari karyawan yang percaya diri dan berpengetahuan.
  11. Manajemen perubahan menyediakan cara untuk mengantisipasi tantangan dan menanggapi ini secara efisien.
  12. Proses manajemen perubahan yang efektif menurunkan risiko yang terkait dengan perubahan.
  13. Dapat mengendalikan dan mengelola biaya pada perubahan yang diinginkan.
  14. Peningkatan laba atas investasi (ROI).
  15. Menciptakan peluang untuk pengembangan “praktik terbaik”, pengembangan kepemimpinan, dan pengembangan tim.