Menghasilkan Penjualan Dengan 8 Cara Pengembangan Website

Pelatihan Sdm

Menghasilkan Penjualan Dengan 8 Cara Pengembangan Website

 

Menghasilkan penjualan dengan 8 cara pengembangan website, Perkembangan teknologi semakin canggih dan persainganpun semakin ketat, termasuk dalam hal bisnis dengan berbagai perkembangan strategi marketing yang kreatif dan inovatif. Jika hanya mengandalkan cara kuno, bisa-bisa akan kalah bersaing dengan kompetitor dari usaha yang Anda jalankan. Berbicara soal strategi marketing, di era internet saat ini sepertinya sayang sekali kalau misalnya hanya mengandalkan “offline marketing”, sedangkan kebanyakan kompetitor sudah jauh lebih dulu menggunakan “online marketing” untuk meningkatkan penjualannya. Jadi alangkah lebih baik lagi kalau mengkolaborasikan antara keduanya (offline dan online marketing).

Bukan rahasia lagi memasuki era ini, pemanfaatan teknologi untuk bisnis semakin penting. Untuk tetap kompetitif di bisnis apapun yang digeluti, keberadaan website menjadi semakin penting. Mulai perusahaan besar sampai usaha UKM modal minim sekalipun kini sudah mulai memasarkan usahanya di internet. Untuk kebanyakan orang, hal ini cukup menyulitkan karena banyak orang memang tidak punya skill yang cukup untuk membuat website. Faktanya, diuntungkan atau tidaknya bisnis anda dari website sangat bergantung bagaimana anda membuat website anda sejak awal. Jika sudah punya website saat ini, informasi dibawah ini mungkin akan membantu apa saja kekurangan website Anda saat ini.

Berikut ini 8 cara mengembangkan website yang menghasilkan penjualan yang dapat diterapkan.

1.  Tampilkan Testimoni dari Pelanggan

Sudah bukan rahasia lagi jika testimoni pelanggan merupakan salah satu senjata ampuh untuk menarik kepercayaan dari calon konsumen. Testimoni adalah ramuan ajaib yang menambah keyakinan pengunjung website untuk membeli produk yang sedang di cari, pengaruhnya akan semakin kuat jika orang yang memberikan testimoni merupakan tokoh terkenal yang rekam jejaknya masih bersentuhan dengan produk yang Anda jual.

2.  Tambahkan Fitur Live Chat

Sebelum melakukan pembelian, pelanggan biasanya sering ragu-ragu dan menanyakan tentang spesifikasi produk. Nah, fitur Live Chat bisa menjadi salah satu alat penghubung antara pemilik bisnis dan calon konsumen yang merasa kebingungan. Fitur ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan bonafide mulai dari skala nasional hingga internasioanal.

3.  Tingkatkan Kecepatan Akses Loading Website

Angka loading atau waktu tunggu yang semakin lama bisa berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jika bisnis Anda menggunakan strategi telemarketing sebagai “core” pemasaran, tentu wajib melakukan optimasi waktu tunggu website semaksimal mungkin agar tidak mengalami potensi.

4.  Gunakan Teknik Copywriting

Tidak semua orang menguasai teknik copywriting. Jadi, sangat bagus jika kebetulan Anda memiliki skill ini. Terapkan strategi copywriting sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan, proses penerapannya sendiri sangat fleksibel dan beragam, yakni bisa dimulai dari pemberian judul heboh dan menarik di bagian header, penulisan landing page dengan kata-kata magic, hingga penyisipan kalimat ajakan untuk memancing calon pelanggan agar segera melakukan pembayaran.

5.  Bangun Email List Lewat Produk Gratisan

Meskipun sederhana, email list mampu menjadi senjata mematikan yang bisa meningkatkan penjualan di tangan internet marketer. Pasalnya, di antara banyaknya pengunjung website, akan selalu ada pengguna yang masih ragu atau memerlukan dana tambahan sebelum bisa membeli produk yang diinginkan. Fungsi email list di sini berperan untuk mengumpulkan target pasar potensial. Sehingga suatu saat nanti kita bisa memberikan kabar kepada para pengguna terkait adanya promo diskon, promo paket bundling atau bahkan stok pengganti dengan banderol harga yang lebih murah.

6.  Sediakan Metode Pembayaran yang Memadai

Bagaimana perasaan Anda jika sebagai konsumen tidak bisa melakukan check out karena terkendala masalah sistem pembayaran yang kurang beragam. Jika ingin meningkatkan penjualan melalui website secara signifikan, Anda harus benar-benar mempertimbangkan soal fleksibilitas pembayaran. Berikan opsi yang memudahkan, misalnya seperti menerima bank transfer dari berbagai jenis bank, pembayaran offline melalui minimarket, pembayaran lewat saldo uang digital, hingga kartu kredit. Selain mempermudah calon konsumen, penggunaan sistem multi payment ini juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan.

7.  Terapkan Strategi FOMO Sebagai Cara Meningkatkan Penjualan

Di dalam strategi cara meningkatkan penjualan ada beberapa teknik yang biasa diterapkan. Salah satunya yakni FOMO yang merupakan kependekan dari istilah Fear of  Missing Out. FOMO merupakan salah satu fenomena yang belakangan menyelimuti ranah digital, fenomena ini menggambarkan perilaku generasi milenial yang gelisah atau takut ketinggalan hal-hal yang sedang trend dikalangan lingkungan sekitar.

8.  Gunakan Tampilan Desain Profesional

Tampilan desain profesional menjadi senjata berikutnya yang bisa meningkatkan potensi penjualan. Seperti halnya saat kita berjumpa dengan klien atau partner kerja, aspek utama yang biasa dilihat adalah penampilan yang menawan. Maka dari itu, buatlah tampilan website bisnis semenarik mungkin agar mampu mendorong hasrat pengguna untuk berbelanja produk atau jasa yang dipasarkan. Harus diakui, untuk menghasilkan website dengan tampilan menarik dan sedap dipandang memang membutuhkan racikan khusus dari tangan profesional. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda sedikit mengeluarkan uang untuk berinvestasi menyewa jasa pembuatan website sebagai langkah untuk memaksimalkan penjualan.