Menyusun Strategi Public Relations yang Efektif

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Menyusun Strategi Public Relations yang Efektif

 

Hampir semua perusahaan menggunakan strategi public relations sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasarannya. Namun Pertanyaannya, apakah strategi yang sudah diterapkan tersebut jitu? Kini kita akan membahas bagaimana strategi public relations yang efektif. Mulai dari elemen penting yang wajib dimasukkan, hingga tips menyusun strategi public relations agar berjalan efektif untuk perusahaan. Public relations adalah cara yang bagus untuk membangun citra suatu perusahaan. Sekalipun perusahaan sudah matang, public relations selalu layak untuk diterapkan karena memberikan banyak manfaat. Salah satu hal yang membuat public relations penting adalah karena mereka memiliki peran untuk meningkatkan kesadaran akan merek perusahaan. Dengan tujuan ini, perusahaan tidak hanya mengungguli kompetitor di pasar, tapi juga secara tidak langsung mengikat pembeli.

Berikut elemen penting yang wajib dimasukkan saat menyusun strategi public relations :

1.Komunikasi perusahaan

Elemen ini bisa dilihat dari bagaimana suatu perusahaan berkomunikasi dengan perusahaa lain, baik secara internal maupun eksternal. Strategi komunikasi perusahaan adalah tulang punggung dari strategi public relations secara keseluruhan. Mengapa demikian? Karena komunikasi perusahaan menggunakan sebuah metode untuk mengekspresikan pesan-pesan penting. Metode ini harus dapat dimengerti oleh audiens, karena berkaitan dengan bagaimana perusahaan memperlihatkan diri ke luar.

2. Hubungan dengan media

Hubungan media adalah hubungan yang dimiliki suatu organisasi, termasuk perusahaan, dengan pers. Agar berhasil, perusahaan harus membangun hubungan yang benar dengan pers untuk memastikan bahwa apa yang dikatakan digambarkan dengan baik. Apabila tidak memiliki hubungan langsung, perusahaan biasanya mengirimkan siaran pers. Siaran pers biasanya berisi beberapa hal penting soal perusahaan, seperti investasi dari pihak luar hingga pendapat perusahaan soal isu tertentu.

3. Hubungan masyarakat

Elemen ini berkaitan dengan bagaimana sebuah perusahaan memiliki relasi dengan masyarakat atau kelompok yang memiliki latar belakang serupa. Hubungan ini disusun untuk memperlihatkan sisi di mana perusahaan mampu berjalan beriringan dengan masyarakat. Beberapa perusahaan memasukkan elemen hubungan masyarakat dalam strategi yang biasa disebut Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam proyek ini, biasanya dibuat beberapa acara yang terdiri dari kegiatan pendidikan dan kesehatan masyarakat.

4. Manajemen krisis

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam menyusun strategi public relations adalah manajemen krisis. Manajemen krisis berarti bagaimana sebuah perusahaan menangani krisis atau situasi tak terduga lainnya yang bisa saja membuat atau menghancurkan bisnis mereka. Memiliki rencana manajemen krisis memungkinkan perusahaan beroperasi secara normal dan secara tidak langsung menjaga citra. Untuk menanggulangi ini, dibutuhkan komunikasi internal dan eksternal agar situasi tetap terkendali.

5. Manajemen acara

Salah satu strategi public relations terbaik adalah membuat acara. Acara penting karena dapat meningkatkan kedekatan antara perusahaan dengan komponen-komponen yang berkaitan dengan bisnis mereka. Namun demikian, menciptakan acara tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa pertimbangan, seperti topik apa yang akan diambil, kapan dan di mana acara akan diselenggarakan, hingga siapa yang akan diundang dan dihadirkan.