Pemberian Motivasi Dalam Managing Work

Mungkin gambar teks yang menyatakan 'Cara Bangkitkan Kembali Motivasi Kerja 1. Ingat kembali tujuanmu DEKANAKA 2. Berpikir positif dan bersyukur 3. Beri penghargaan untuk diri sendiri 4. Cintailah pekerjaan yang dimiliki 5. Hilangkan rasa takut dan ragu Sumber ANAKA DEKANAKA DEKANAKA com/artikel www.pelatihan-sdm.net @kanakatrainin ffb.com/kanakatraining (0274)5016111 jatimulyo Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta'

Pemberian Motivasi Dalam Managing Work

 

Pemberian motivasi dalam managing work, Memotivasi karyawan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam menggerakkan dan mengarahkan karyawan untuk dapat melaksanakan masing-masing tugasnya. Untuk mencapai sasaran yang tepat diperlukan kesabaran dan rasa penuh tanggung jawab. Karyawan yang bekerja dengan memiliki motivasi yang tinggi akan merasakan senang dalam menyelesaikan pekerjaannya dan mendapat kepuasan tersendiri dalam bekerja. Tidak ada rasa tertekan atau rasa bosan dalam menjalankan tugasnya.

Faktor yang mempengaruhi motivasi kerja juga berasal dari faktor lingkungan kerja itu sendiri. Lingkungan kerja yang nyaman tentunya akan mempengaruhi kepuasan dalam bekerja sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja. Berbicara mengenai lingkungan kerja tidak hanya tentang lingkungan kerja fisik saja misalnya dengan tempat yang luas, nyaman, bersih, fasilitas lengkap tetapi menyangkut mengenai hubungan antar sesama rekan kerja maupun dengan pimpinan perusahaan. Dengan adanya hubungan kerja yang bagus antar semua pihak yang terlibat dalam perusahaan maka akan menumbuhkan kreativitas dalam bekerja sehinga mampu meningkatkan kepuasan bekerja karyawan.

Dampak dari rendahnya motivasi kerja dalam perusahaan yaitu mengenai tidak terselesaikannya pekerjaan dan berlarut-larut tidak pernah terselesaikan . Hal ini disebabkan karena motivasi yang rendah berakibat pada sikap acuh. Berpransangka bahwa individu/karyawan tersebut bukan bagian penting dari perusahaan, sehingga ada atau tidak adanya individu/karyawan tersebut tidak berdampak pada perusahaan. Hal ini menyebabkan terpecahkan atau tidak terpecahkannya masalah bukan hal penting bagi orang dengan memiliki motivasi yang rendah.

Pemberian motivasi dalam managing work dapat meliputi beberapa hal, diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan produktifitas Sumber Daya Manusia inilah yang kemudian akan membedakan satu kinerja perusahaan dengan perusahaan yang lain dengan sumber daya yang sama.

2. Faktor Manajerial, faktor inilah yang paling banyak memotivasi kerja karyawan, sehingga pengelolaan SDM harus memberikan efek yang menimbulkan motivasi dan semangat kerja bagi orang-orang yang ada dalam perusahaan.

3. Memberikan reward atas prestasi karyawan yang telah diraih. Adanya pemberian penghargaan yang tertradisikan dengan baik akan memberikan dampak pada tumbunya kebanggan pada profesi dan pada perusahaan.

4. Menumbuhkan rasa percaya diri, kepercayaan diri akan menumbuhkan sikap-sikap baik dalam bekerja. Sikap baik dalam bekerja dan merupakan sikap yang sangat penting adalah keberanian mengambil inisiatif.

5. Pengembangan Karir yang Bagus, pengembangan karir dilakukan melalui penumbuhan kepangkatan dan pengalaman yang telah dilalui pada berbagai bidang tugas.

6. Menciptakan Keadilan yang tercermin pada pembagian wewenang dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas sehari-hari dalam pengelolaan SDM. Kebijakan terkait dengan pengajian dan pendapatan juga harus dijaga kesenjangannya antar level sehingga mejadi adil.

Sehingga perusahaan harus tetap menjaga kondisi perusahaan agar tetap sehat dan lingkungan kerja yang nyaman serta didukung dengan fasilitas yang memadai sehingga mampu memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pekerjaanya. Selain itu faktor keselamatan dan keamanan kerja juga menjadi faktor utama untuk menumbuhkan semangat kerja dalam perusahaan.