Pengaruh Kebahagiaan Pegawai di Tempat Kerja Terhadap Kinerjanya

Pengaruh Kebahagiaan Pegawai di Tempat Kerja Terhadap Kinerjanya

 

Pengaruh kebahagiaan pegawai di tempat kerja terhadap kinerjanya,  Happiness at work atau kebahagiaan di tempat kerja merupakan perasaan positif yang dimiliki seorang individu secara sadar untuk memberikan perhatian penuh kepada pekerjaannya, sehingga mampu meningkatkan kinerja dan juga potensinya kepada perusahaan secara optimal. Kebahagiaan atau happiness ialah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta, kepuasan, kenikmatan, atau kegembiraan yang intens. Kebahagiaan juga dapat berhubungan dengan kepuasan hidup, penghargaan hidup, tetapi secara keseluruhan itu berkaitan dengan pengalaman positif dari emosi. Lingkungan kerja yang positif dapat berkontribusi pada hasil yang positif pula. Jika pegawai merasakan kebahagiaan di tempat kerja, kemungkinan besar akan mencapai kinerja yang lebih baik dan juga produktivitas yang lebih tinggi.

Terdapat faktor-faktor yang akan mempengaruhi kebahagiaan pegawai di tempat kerja, diantaranya :

1.  Pujian dan Pengakuan

Terlepas dari pekerjaan atau posisinya dalam perusahaan, tentu ada rasa ingin diakui untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Meskipun itu hanya ucapan terima kasih sederhana dari atasan atau manajer perusahaan. Pegawai akan lebih puas jika dipuji atas pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik. Ini akan menumbuhkan rasa bahwa apa yang telah dikerjakan dihargai dan kontribusinya terhadap tujuan perusahaan diakui. Pujian dan pengakuan dari perusahaan merupakan salah satu hal yang akan memberikan makna dan kebahagiaan bagi karir Anda.

2.  Pekerjaan yang Berarti dan Menarik

Gaji bukanlah segalanya yang dibutuhkan untuk bahagia. Tempat kerja, tempat pegawai melakukan pekerjaan yang bermakna dan menarik dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan di tempat kerja. Menurut penelitian, pegawai yang secara konsisten puas dan terlibat dengan pekerjaan, mereka akan selalu bertahan. Jika bekerja dalam posisi yang Anda sukai dan nikmati, kebahagiaan di tempat kerja akan selalu Anda rasakan.

3.  Keseimbangan Kehidupan Kerja

Keseimbangan kehidupan kerja juga disebut sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kebahagiaan pegawai. Keseimbangan kehidupan kerja yang sehat mencakup elemen seperti waktu istirahat, lingkungan kerja yang ramah, sangat penting dalam mencegah kelelahan dan ketidakhadiran, serta meningkatkan motivasi.

4.  Kepercayaan Perusahaan, Budaya dan Lingkungan

Lingkungan yang transparan dan komunikatif menciptakan hubungan kerja yang lebih baik antara manajemen dan pegawainya. Ini akan membuat pegawai merasa lebih berinvestasi dalam keseluruhan tujuan perusahaan. Budaya perusahaan juga menentukan kebahagiaan tempat kerja. Jika gaya kerja Anda bekerja secara mandiri, budaya perusahaan yang mendorong kinerja individu mungkin akan membuat Anda lebih bahagia di tempat kerja.

5.  Pertumbuhan dan Perkembangan Profesional

Pegawai menyukai peluang untuk pertumbuhan karier melalui tanggung jawab dan promosi yang menantang. Beberapa perusahaan yang memberikan kesempatan untuk berkembang, diwujudkan melalui tanggung jawab harian atau adanya kelas pelatihan yang berbeda. Jadi, jika kelas pelatihan ini berlangsung secara baik dan berdampak pada pertumbuhan karier, ini akan berdampak positif pada kepuasan kerja dan kebahagiaan.

6.  Hubungan dengan Manajer dan Rekan Kerja

Hubungan yang dimiliki dengan manajer dan kolega, tentu saja merupakan salah satu hubungan terpenting yang ada di tempat kerja. Ini akan berdampak langsung pada kebahagiaan saat kerja dan tempat kerja. Hubungan dengan manajer yang menjadikan adanya feedback yang membangun dan humor profesional menciptakan hubungan kerja menjadi harmonis. Berbagi dengan rekan kerja tentang rencana akhir pekan atau mendiskusikan hobi, juga dapat membantu Anda merasa menjadi bagian dari tim dan membuat Anda bahagia di tempat kerja.

Kebahagiaan di tempat kerja (happiness at work) dan keterikatan pegawai memiliki peran penting, karena nantinya ini akan memunculkan perilaku-perilaku positif sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja serta merasa puas dalam bekerja. Dengan begitu kebahagiaan pegawai di tempat kerja sangat berpengaruh pada tujuan perusahaan dalam mencapai keberhasilan lebih mudah untuk dicapai. Keterikatan seorang pegawai merupakan kemampuan pegawai untuk mengekspresikan dan melibatkan dirinya baik secara fisik, kognitif, dan emosional, dengan menjalankan peran secara bersemangat dan memberikan fokus yang tinggi pada pekerjaan sehingga dapat mencapai tujuan dan keberhasilan perusahaan.