Peran Intelijen Kompetitif dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Peran Intelijen Kompetitif dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

 

Peran Intelijen Kompetitif dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan, Dunia bisnis saat ini banyak sekali mengalami perubahan. Terutama pada sektor persaingan bisnis yang semakin ketat memaksa pimpinan perusahaan untuk perspektif untuk lebih banyak menangkap peluang dan mengelola serta bagaimana menghadapi berbagai macam tantangan yang terjadi saat ini. Keberlangsungan bisnis sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal sebab ketidakpastian dan faktor-faktor penghambat yang berasal dari eksternal tidak dapat diprediksi dan diantisipasi sehingga dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan oleh perusahaan. Faktor eksternal tidak hanya mencakup mengenai kompetitor saja, melainkan bisa meliputi faktor politik, ekonomi, sosial, lingkungan, budaya dan teknologi yang semakin canggih.

Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis, ditambah dengan kondisi lingkungan eksternal yang kompleks, dinamis dan cepat berubah, maka keberadaan intelijen kompetitif merupakan syarat utama bagi sebuah perusahaan untuk bisa bertahan. Karena dengan melakukan praktek analisa intelijen kompetitif, perusahaan akan memiliki strategi kompetitif yang lebih baik dibanding kompetitornya.

Analisis Intelijen Kompetitif merupakan penelitian terkait proses pengumpulan intelijen kompetitif yang digunakan dalam memahami kompetisi langsung/tidak langsung yang mempengaruhi perusahaan dan mampu menemukan dan memanfaatkan peluang untuk dikembangkan.

Lalu bagaimana peran Intelijen kompetitif dalam meningkatkan efektifitas di dalam perusahaan, berikut analisisnya :

  1. Intelijen kompetitif diperlukan untuk mendeteksi dini, pengecahan dini dan penanganan dalam berbagai ancaman-ancaman yang dapat terjadi di dalam perusahaan yang berkaitan dengan kompetitor.
  2. Intelijen dapat membantu organisasi bisnis untuk membangun skenario mulai dari yang terbaik hingga terburuk sekaligus menyiapkan strategi untuk mencegah dan menangani ancamannya.
  3. Memonitoring tindakan pesaing (kompetitor) sehingga dapat membentuk counter strategi didalam perusahaan.
  4. Mengukur efektifitas Intelijen Kompetitif yang berkaitan dengan asset building yang difokuskan dengan mengembangkan usaha baru, penghematan biaya, menghitung dampak potensial terhadap segi keuangan antara menggunakan Intelijen Kompetitif atau yang tidak menggunakan.
  5. Dengan melakukan analisis Intelijen Kompetitif dengan baik maka diprediksi perusahaan akan mendapatkan pertumbuhan 28% lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menerapkan Intelijen Kompetitif dalam mengambil keputusan.
  6. Dengan konsultasi dapat mengembangkan rencana bisnis yang akurat.

Proses intelijen kompetitif yang efektif yaitu dapat mengatur pengguna intelijen sebagai titik awal untuk seluruh fungsi. Para pengguna yang diberikan kecerdasan yang mereka butuhkan, dianalisis untuk meningkatkan dalam melayani yang terbaik, dan disampaikan dalam bentuk yang inginkan. Peran penambahan nilai Intelijen Kompetitif dalam merekomendasi yang apa yang muncul dari analisis yang memfasilitasi keputusan strategis yang dibuat oleh  manajer.

Intelijen Kompetitif  jika digunakan dengan benar akan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi organisasi bisnis.

Berikut manfaat menggunakan Intelijen Kompetitif dalam perusahaan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi peluang bisnis baru atau peluang pertumbuhan bisnis yang meningkat.
  2. Meningkatkan kemampuan organisasi untuk mengantisipasi adanya persaingan dari kompetitor atau faktor eksternal lainnya.
  3. Meningkatkan kemampuan analisis manajer
  4. Mampu mengidentifikasi titik-titik kritis yang mengakibatkan rentan terhadap persaingan.
  5. Sebagai peringatan dini dalam hal ancaman kompetitor
  6. Meningkatkan kualitas perencanaan yang strategis dan taktis

Saat ini sudah mulai bermunculan  perusahaan yang bergerak di bidang layanan intelijen kompetitif. Perusahaan tersebut tidak hanya menyediakan layanan informasi yang akurat dan penting sebagai pendukung pengambilan keputusan tetapi juga membantu organisasi bisnis untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan cara legal formal sehingga mampu menjaga keberlanjutan bisnis yang sangat tepat.