Pola Pikir Dan Sikap Yang Harus Dimiliki Pemimpin Hebat

Pelatihan Sdm

Pola Pikir Dan Sikap Yang Harus Dimiliki Pemimpin Hebat

 

Pola pikir dan sikap yang harus dimiliki pemimpin hebat, pemimpin biasanya menjalani tahap demi tahap dalam hidup, hingga terbentuk jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Jika ditarik kesimpulan, sebenarnya kita pun bisa mempelajari bagaimana cara menjadi pemimpin idaman, dengan mengetahui desain cara berpikir seorang pemimpin. Tidak semua orang bisa dan mampu menjadi seorang pemimpin. Tapi, semua orang punya peluang untuk menjadi pemimpin.

Tanda-tanda apakah diri kita sudah pantas menjadi pemimpin, jika punya pola pikir seperti ini :

1. Selalu Fokus Mencari Solusi

Hal ini dilakukan bahwa jangan sampai solusi tersebut hanya menguntungkan satu pihak saja, tapi harus adil. Dan untuk mendapatkan solusi terbaik, maka pemimpin akan melihat pada inti dan akar masalah, sehingga punya gambaran bagaimana masalah itu terbentuk dan bagaimana cara mengatasinya.

2. Selalu Menarik Garis Lurus dari Setiap Titik

Memiliki desain cara berpikir mirip dengan desain visual pada umumnya. Tepatnya, selalu menggambarkan ide-ide cemerlang untuk sebuah kasus, kemudian menarik garis lurus disetiap ide yang muncul untuk mendapatkan garis besarnya. Kemudian akan menandai setiap poin masalah dan ide solutif untuk mengatasinya.

3. Tak Mati Rasa Tapi Punya Rasa Empati

Bisa merasakan apa yang orang lain sedang rasakan, menunjukkan bahwa seseorang memiliki rasa empati. Dan orang yang pantas menjadi pemimpin salah satunya adalah punya empati.

4. Terbiasa Mencari dan Menerima Umpan Balik

Umpan balik (feedback) adalah untuk memastikan apakah hal yang selama ini dilakukan sudah baik atau belum. Seorang pemimpin sangat peduli akan umpan balik yang diterimanya.

5. Memiliki Pemikiran Yang Terbuka

Sebagai pemimpin, tentunya harus bersikap terbuka atas segala pemikiran yang ada. Begitulah cara kerja atau desain berpikir seorang pemimpin. Apalagi untuk menemukan ide-ide jitu nan kreatif dan solutif, dibutuhkan sebuah eksperimen sederhana.

6. Bisa Bersinergi Dalam Tim

Seorang pemimpin harus bisa memberdayakan setiap anggota tim untuk terlibat dalam kemajuan kantor. Artinya, jangan sampai ada karyawan yang tidak ikut berkontribusi dalam pekerjaan dengan benar. Pemimpin juga harus bisa melihat potensi-potensi karyawan yang dimilikinya.

7. Selalu Ada Alasan Kuat Untuk Langkah Yang Diambil

Setiap langkah yang diambil haruslah memiliki alasan dibaliknya. Jangan asal ambil keputusan tanpa pertimbangan sebelumnya. Untuk itu, suarakan kepada karyawan tentang visi dan misi sebagai pemimpin. Pemimpin yang hebat pasti bisa menyambungkan antara visi dan misi, serta langkah yang akan diambil selanjutnya dalam menyukseskan perusahaan.

Sikap seorang pemimpin dalam perusahaan memiliki peran penting dan sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Pemimpin juga harus bisa menjadi contoh yang baik dan menjadi sahabat bagi seluruh karyawan. Untuk itu, sebagai pemilik bisnis sekaligus leader dalam bisnis, pemimpin harus memiliki sikap dan kemampuan khusus untuk menjalankan tugas dengan baik.

Berikut beberapa sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin atau leader :

1. Memiliki Sifat Jujur

Kejujuran adalah sifat yang harus dimiliki dan tidak boleh dilupakan oleh seorang pemimpin. Dengan memiliki sifat ini, karyawan akan lebih percaya dan dapat bekerja dengan tenang dan aman. Sifat ini juga yang menjadi kunci penting dalam mengembangkan sebuah bisnis.

2. Komunikasi Dengan Baik

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karyawan maupun pihak lain akan lebih mudah mengerti apa yang ingin disampaikan dan lakukan. Seorang pemimpin atau leader juga harus memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh karyawan maupun pihak eksternal yang berkepentingan. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kesalahpahaman atau berbeda pandangan.

3. Bersikap Adil

Bersikap adil, tidak membeda-bedakan karyawan satu dan yang lainnya. Pemimpin yang adil akan lebih tahu pekerjaan apa yang pantas diberikan kepada karyawannya dan berapa gaji yang pantas diberikan kepada karyawan tersebut atas kerja kerasnya.

4. Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki tanggung jawab. Bahkan ketika ada seorang karyawan yang tidak bekerja dengan maksimal, karyawan lain dan pemimpin turut serta ambil bagian untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya. Melempar kesalahan pada karyawan dan tidak mencarikan jalan keluar bukan contoh pemimpin yang baik.

5. Membangun Tim Dengan Baik

Memiliki tim yang baik dan solid bukan hanya membuat karyawan nyaman, tetapi juga dapat membantu pemimpin dalam mengembangkan bisnis. Untuk membangun tim yang solid, pemimpin harus membangun kekompakan dalam sebuah tim.

6. Percaya Diri

Kepercayaan terlalu tinggi memang tidak bagus, tetapi tidak memiliki kepercayaan diri juga tidak diperbolehkan. Sudah menjadi hal yang wajar bahwa seorang pemimpin harus memiliki sikap percaya diri. Sikap percaya diri dapat membantu para karyawan untuk tetap melihat positif ke depan.

7. Memahami Kondisi

Menjadi seorang leader, berarti harus mengetahui dan memahami kondisi yang terjadi dengan baik, mulai dari konsep, kelebihan dan kekurangan bisnis, hingga kondisi masing-masing karyawan yang dimiliki. Dengan memahami kondisi, dapat lebih mudah membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan mengetahui apa saja risiko yang bisa diterima perusahaan dengan solusi yang telah diberikan.

8. Memiliki Selera Humor

Selipkan sedikit candaan ketika sedang berbicara dengan karyawan untuk menciptakan suasana lebih ringan. Seorang pemimpin yang baik harusnya memiliki selera humor yang bagus. Pemimpin yang baik tahu kapan harus serius dan kapan untuk mendinginkan kondisi dengan lelucon yang bagus.

9. Bersikap Kreatif

Tidak semua perusahaan akan berjalan lancar-lancar saja. Sebuah perusahaan dapat saja suatu saat mengalami kebuntuan. Jika kebuntuan ini terus dibiarkan maka dapat menghambat tujuan perusahaan. Seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan yang tepat dengan cepat. Apabila keputusan yang diambil sudah tepat dan cepat, karyawan pasti akan merasa kagum dengan kepemimpinanmu.

10. Manajemen Waktu Yang Baik

Menjadi pemimpin berarti harus siap menerima tugas yang lebih besar, bukan hanya melakukan pengecekan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan. Oleh karena itu, pemimpin harus bisa mengelola waktu sebaik-baiknya untuk diri sendiri maupun bisnisnya.