Skill Visionary Leadership

Mungkin gambar 2 orang, orang tersenyum dan teks yang menyatakan 'P U R B L Assertive Leadership Skill A I N c N G X Training Consulting Outound KANAKA www.pelatihan sdm.net @kanakatraining fb.com/kanakatraining (0274) 74)5016111 Jatimulyo 153A, RW2, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta5524 55242'

Skill Visionary Leadership

 

Skill visionary leadership, Seorang pemimpin yang punya arah dan tujuan yang jelas serta berupaya keras mencapai tujuan itu akan lebih mudah menjadi Visionary Leader. Visionary Leadership ini merupakan kepemimpinan yang pekerjaan pokoknya difokuskan pada rekayasa masa depan yang penuh tantangan, menjadi agen perubahan (agent of change) yang unggul dan menjadi penentu arah organisasi yang tahu prioritas, menjadi pelatih yang profesional dan dapat membimbing personil lainnya ke arah profesionalisme kerja yang diharapkan. Visionary Leadership muncul sebagai respon dari statement “the only thing of permanent is change” yang menuntut pemimpin memiliki kemampuan dalam menentukan arah masa depan melalui visi. Visi ini merupakan idealisasi pemikiran pemimpin tentang masa depan organisasi yang bergabung dengan stakeholders dan merupakan kekuatan kunci bagi perubahan pada perusahaan yang menciptakan budaya yang maju dan antisipatif terhadap persaingan global.

Kepemimpinan visioner merupakan kemampuan pemimpin dalam menciptakan, merumuskan,mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mentransformasikan dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial diantara anggota perusahaan dan stakeholders yang diyakini sebagai cita-cita perusahaan dimasa depan yang harus diraih atau diwujudkan melalui komitmen semua personil. Pemimpin yang visioner mampu menciptakan visi yang jelas bagi perusahaannya,

Berikut merupakan tahapan penciptaan visi pada kepemimpinan visioner, diantaranya yaitu:

1. Trend Watching

Tahapan ini digunakan untuk memprediksi berbagai kemungkinan yang terdapat dalam masa depan perusahaan melalui data-data, inner sence yang dimiliki. Tahapan ini pemimpin dapat mendeteksi arah perubahan di masa yang akan datang dan juga sebagai peluang untuk meminimalisir risiko yang ada.

2. Envisioning

Pengamatan trend perubahan yang diperoleh dari tahap trend watching yang akan terjadi di masa yang akan mendatang. Tahapan ini menggambarkan pikiran yang melampaui realitas dan menciptakan gambaran kondisi yang belum pernah dialami.

Tugas dan tanggung jawab seorang pimpinan yang visioner yaitu mampu menemukan, melahirkan, mengembangkan dan menerapkan visi tersebut supaya perusahaan memiliki kemampuan untuk memberikan respons yang tepat denga cara yang tepat untuk menghadapi permaslahan yang dihadapi oleh perusahaan.

Berikut kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin visioner, diantarnya sebagai berikut:

1. Difficult Learning

Kemampuan dalam mengidentifikasi masalah (problem) yang belum diketahui cara memecahkan permasalahan tersebut.

2. Maximing Energy

Memaksimalkan energi untuk mengambil keputusan yang berkualitas melalui pola pikir yang sifatnya kompromistis.

3. Resonant Simplicity

Menerapkan logika yang sederhana yang menjadi keunggulan dalam sebuah kompetisi dengan perusahaan lain.

4. Multiple Focus

Fokus pada kegiatan yang strategis maupun non strategis yang akan dijalankan oleh perusahaan.

5. Mastering Inner Sense

Merupakan kemampuan untuk memprediksi tidak hanya berdasarkan logika dan rasio namun berbagai data yang memiliki “intuisi” dari inner sense yang menuntut pada keputusan yang cepat dalam kondisi tertentu.