Strategi dan Cara Menciptakan Ide Usaha Kreatif yang Menjanjikan

Pelatihan Sdm

Strategi dan Cara Menciptakan Ide Usaha Kreatif yang Menjanjikan

 

Strategi dan cara menciptakan ide usaha kreatif yang menjanjikan, memulai suatu usaha tidak hanya membutuhkan modal yang cukup, namun sebuah ide usaha kreatif sangat dibutuhkan agar membawa bisnis Anda mencapai kesuksesan. Karena tak sedikit, para pebisnis yang tidak memiliki ide usaha kreatif dalam menjalankan usahanya sehingga terkesan terburu-buru serta tidak terencana. Akibatnya mereka pun gagal dan menutup usahanya.

Berikut Tips Menciptakan Ide Usaha Kreatif:

1.  Menciptakan Hal Baru dan Berbeda

Memang tidak mudah untuk membuat hal yang baru dan berbeda, namun tidak sedikit pengusaha yang bisnisnya telah sukses karena ide baru yang belum pernah ada sebelumnya, tentu konsumen setelah melihat ada sesuatu yang berbeda pastinya akan penasaran dan ingin mencoba atau membeli atau mengunakan. Contoh saja perusahaan Gojek yang menciptakan sebuah ide usaha kreatif dari bidang jasa transportasi yang belum pernah ada sebelumnya. Begitu juga dengan perusahaan Aqua yang saat itu adalah perusahaan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menjual air minum tanpa rasa.

2.  Menciptakan Kebutuhan Konsumen

Jika awalnya tidak ada orang yang membutuhkan minuman pengganti eletrolit, setelah produk Pocari Sweat diluncurkan, maka minuman tersebut kemudian menjadi kebutuhan jika sedang mengalami kekurangan cairan. Jika Anda ingin mendapatkan ide bisnis yang kreatif dan inovatif, maka yang harus Anda lakukan adalah mengamati permasalahan yang ada di masyarakat lalu Anda akan menemukan produk yang akan menjadi kebutuhan masyarakat.

3.  Memanfaatkan Setiap Peluang yang Ada

Dari proses mengamati permasalahan apa yang dialami masyarakat, Anda harus bisa menemukan dan memanfaatkan peluang yang ada di dalamnya. Sekecil apapun itu, peluang yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan Anda harus memiliki kejelian untuk mendapatkan peluang dan kesempatan tersebut. Ide usaha kreatif yang muncul dari pengamatan peluang yang ada, akan menjadikan usaha Anda bisa terus bertahan meskipun Anda memiliki kompetitor. Contohnya saja adalah perusahaan Unilever. Ternyata perusahaan ini mampu memahami permasalahan yang ada di masyarakat, kemudian memanfaatkan setiap peluang yang ada sehingga mampu memunculkan ide usaha kreatif di berbagai bidang kehidupan manusia. Dapat kita lihat produk dari perusahaan Unilever telah ada dari kita saat bangun tidur, hingga tidur lagi.