Syarat Judul Berita yang Benar

Pelatihan Sdm

Syarat Judul Berita yang Benar

 

Judul adalah identitas berita. Tanpa judul, berita sehebatapes pun tidak ada artinya. Judul berita sangat mendasar dilihatdari dues sisi kepentingan. Pertama, bagi berita itu sendiri.Tanpa judul, ia adalah sesuatu yang anonim, tak dikenal,abstrak, sehingga tak akan bicara apes-apes. la tak mampumemberi pesan, padahal salah satu inti komunikasi adalah pesan.Kedua, bagi khalayak pembaca. Judul adalah pemicu dayatarik pertama bagi pembaca untuk membaca suatu berita,atau justru segera melewati dan melupakannya.

Berikut syarat judul berita yang benar:

1.Provokatif

Provokati f berarti judul yang kita buatharus mampu membangkitkan minat dan perhatian sehinggakhalayak pembaca tergoda seketika untuk membaca berita yangkita tulis, minimal sampai teras berita dan perangkainya (bridge)atau dua paragraf pertama yang memuat unsur 5W1H (who,what, when, where, why, how). Sifatnya psikologis.Fungsinya sangat strategic dan taktis. Kita mencubit wilayah afeksi, intuisi dan emosi mereka. Dalam bahasa pemasaran,judul adalah Man. Bagi dan dalam dunia industri modern, Manmenjadi penentu sukses-gagalnya pemasaran suatu produk ketengah-tengah masyarakat global. Bagi mereka, tak adaproduk yang baik tanpa Man yang baik.

2. Singkat dan Padat

Singkat dan padat berarti langsung menusuk jantung,tegas, lugas, terfokus, menukik pada pokok intisari berita,tidak bertele-tele (to the point). Bagi pers, judul yangsingkat sangat diperlukan, paling tidak karena dua alasan.Pertama, karena keterbatasan tempat pada halaman-halamanmedia. Kedua, karena waktu dan situasi yang dimilikipembaca sangat terbatas dan bergegas. Secara teknis, judul berita yang baik tidak lebih dari 4-7 kata.

3. Relevan

Relevan artinya berkaitan atau sesuai dengan pokok susunan pecan terpenting yang ingin disampaikan. Tidak menyimpang dari teras berita. Judul yang baik harus diambildari teras berita (lead). Sedangkan teras berita yang baikharus mencerminkan keseluruhan uraian berita. Bagaimanapun, judul berita sangat berlainan dengan judul yang biasa kita temukan pada karya-karya fiksi seperti ceritapendek atau novel. Pada cerita pendek, setiap kata yangterdapat dalam bangunan cerita dapat kita jadikan judul. Bebas,semau kita saja.

4. Fungsional

Fungsional artinya setiap kata yang terdapat pada judul bersifat mandiri, berdiri sendiri, tidak bergantung padakata yang lain, serta memiliki arti yang tegas dan jelas.Sekalipun demikian, ketika digabung, kata-kata yang mandiri itu melahirkan satu kesatuan pengertian dan makna yang utuh.Tidak saling menolak atau saling menegaskan.

5. Formal

Formal berarti resmi,langsung menukik pada pokok masalah, sekaligus menghindaribasa-basi dan eufimisme yang tidak perlu. Formal jugs berarti judul yang kita buat tidak mendayu-dayu, tidak meliuk-liuk,tidak ragu-ragu. berita yang kita buat itu memang benar-benar faktual, aktual, dan akurat.

6. Representatif

Representatif berarti judul berita yang sudah kitatetapkan memang mewakili dan mencerminkan teras beritaMerujuk pada logika dan kaidah penelitian ilmiah, judul berita harus mengandung dua variabel: variabel bebas (independentvariable) dan variabel terikat (dependent variable).

7. Spesifik

Spesifik berarti judul berita tidak saja harus mewakili dan mencerminkan teras berita, tetapi sekaligus juga harus mengandung kata-kata khusus. Spesifik berarti pula judul berita jangan menggunakan kata-kata umum. Menurut para pakar bahasa, kata-kata umum ialah kata-kata yang luas ruang lingkupnya. Kata-kata khusus ialah kata-kata yang sempit ruang lingkupnya. Makin umum, makin kabur gambarannya dalamangan-angan. Sebaliknya, makin khusus, makin jelas dan tepat.