Teknik Internal Communications Yang Efektif Dalam Perusahaan

Pelatihan Sdm

Teknik Internal Communications Yang Efektif Dalam Perusahaan

 

Membangun suatu perusahaan merupakan suatu manfaat bagi banyak individu yang sedang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing yang dimiliki. Perusahaan tentunya mempunyai tanggung jawab yang penuh untuk mengembangkan perusahaannya dengan aturan atau prosedur yang berlaku. Hal yang sangat penting dalam perusahaan yaitu proses komunikasi yang baik antar individu/kelompok didalam perusahaan. Kemampuan berkomunikasi mampu memberikan efek yang baik untuk membangun cipta kerja pada perusahaan khususnya komunikasi internal perusahaan (Internal Communications).

Komunikasi Internal (Internal Communications) merupakan komunikasi yang terjadi dalam lingkungan perusahaan atau organisasi yang mencakup komunikasi dengan pemilik perusahaan, manajemen  maupun karyawan yang didalamnya harus terjalin komunikasi sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan. Tujuan komunikasi internal (Internal Communications) merupakan upaya peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dalam perusahaan yang prosesnya dimulai dengan adanya pertukaran informasi antara pelaku internal perusahaan sehingga akan menimbulkan feedback  untuk menciptakan tolak ukur pengaruh komunikasi internal dalam perusahaan. Komunikasi internal (Internal Communications) juga dapat digunakan untuk menghilangkan kesalahpahaman yang sering terjadi antar karyawan dengan atasan perusahaan sebagai media untuk menjelaskan tentang suatu kebijakan dan peraturan yang ada dalam perusahaan.

Komunikasi Internal (Internal Communications) juga dapat digunakan sebagai sarana karyawan untuk menyampaikan saran, ide, keinginan dan laporan kepada pihak perusahaan (Ruslan, 1992). Sehingga kelancaran komunikasi dalam perusahaan dapat terjalin dengan baik dan dapat meminimalisir miscomunication dalam perusahaan.

Berikut beberapa teknik Internal Communications yang dapat diterapkan di dalam perusahaan, diantaranya yaitu :

1.  Membuat Visi dan Misi Yang Jelas

Menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan kepada seluruh anggota dalam perusahaan merupakan hal yang penting dengan melekatkan visi dan misi yang jelas kepada semua orang yang terlibat dalam perusahaan sehingga mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuan (goal) yang diinginkan.

2.  Menebarkan Positivitas Dengan Tersenyum

Menunjukkan senyuman kepada rekan kerja merupakan suatu tanda bahwa anda merupakan orang yang ramah dan mudah untuk diajak berkomunikasi. Senyuman merupakan tanda bahwa ada energi yang positif yang dapat  menarik seseorang untuk datang kepada anda.

3.  Menjadi Pendengar Yang Aktif

Dengan mendengarkan ketika seseorang sedang bercerita dan memberikan perhatian atau respons sesuai yang mereka sampaikan akan memberikan rasa percaya  dalam komunikasi internal, selain itu bahasa tubuh (body language) dan ekspresi merupakan suatu yang jujur dalam berkomunikasi.

4.  Membuat Dialog Terbuka

Memberikan informasi kepada bawahan atau karyawan mengenai informasi terbaru tentang perusahaan misalnya perubahan, kemajuan dan rencana perusahaan yang akan datang dengan menerbitkan majalah internal perusahaan atau dengan mengadakan pertemuan rutin setiap sebulan sekali atau seminggu sekali dengan orang-orang yang terlibat dalam perusahaan. Hal ini diharapakan semua orang yang terlibat akan merasa memiliki peran didalam perusahaan tersebut.

5.  Membuat Group Obrolan

Perkembangan teknologi yang terus meningkat maka komunikasi internal (Internal Communications) juga mengalami perkembangan. Setiap semua orang yang terlibat dalam perusahaan tentunya memiliki group obrolan di media sosial masing-masing hal ini untuk mempermudah dalam menginformasikan dan mengumumkan informasi penting kepada rekan dalam perusahaan, sehingga terjadi komunikasi baik yang terjalin dalam perusahaan.

6.  Merencanakan Acara Ekternal Perusahaan

Merencanakan acara gathering atau liburan di luar kantor mampu membuat koneksi antar karyawan dengan semua yang terlibat dalam perusahaan menjadi lebih kuat. Komunikasi yang tercipta akan lebih efektif dan akan membuat suasana lebih refresh dalam menjalankan tugas dan peran masing-masing setelah kembali lagi berkegiatan di dalam perusahaan.

7.  Memiliki Humor

Dalam berkomunikasi internal juga diperlukan humor saat sedang berkomunikasi, humor ini dapat menghilangkan hambatan yang sedang dialami atau sedikit menghilangkan sikap yang tegang atau spaneng dalam perusahaan. Manfaat humor ini akan menjadikan kekompakan dan kerjasama yang terjalin semakin lebih efektif.

Itulah teknik Internal Communications yang efektif yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan komunikasi internal di dalam perusahaan, sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan dapat berjalan lebih efektif dan lancar.