Teknik Penyampaian Presentasi Yang Efektif

Pelatihan Sdm

Teknik Penyampaian Presentasi Yang Efektif

 

Teknik penyampaian presentasi yang efektif merupakan suatu kegiatan berkomunikasi, berinteraksi atau berbicara di depan banyak orang dengan menampilkan suatu pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi yang diberikan kepada orang lain. Dalam perusahaan presentasi sering dilakukan untuk menjelaskan atau memaparkan sebuah materi kepada orang lain atau karyawan supaya dapat dipahami dan di mengerti.

Tujuan penyampaian presentasi ini dapat digunakan untuk membujuk, menginformasikan atau menyakinkan orang lain terhadap yang presentasi yang disampaikan. Keterampilan berbicara dengan orang lain merupakan keahlian yang sangat penting yang digunakan dalam perusahaan utnuk menyampaikan informasi kepada tim lainnya atau dengan klien perusahaan lain.

Teknik penyampaian presentasi yang efektif dalam menampilkan presentasi yang menarik dan memukau tentunya hal yang mutlak dilakukan oleh seorang presenter. Tentunya setiap presenter mempunyai ciri khas atau gaya masing-masing dalam menyampaikan materinya kepada audiens. Kunci keberhasilan dari presentasi yaitu mampu menampilkan materi yang disampaikan dengan menarik dan efektif sehingga dapat dimengerti audiens dan tidak menimbulkan kebosanan saat sedang mendengarkan presentasi.

Sebelum membahas mengenai teknik-teknik dalam menyampaikan presentasi maka dapat diketahui tujuan dilakukannya suatu presentasi yaitu dengan tujuan :

  • Menyampaikan informasi kepada audiens
  • Meyakinkan pendengar dengan presentasi yang ditampilkan
  • Memotivasi pendengar untuk melakukan suatu tindakan
  • Mempromosikan suatu produk atau jasa yang ingin dikenalkan dengan audiens
  • Menyampaikan suatu ide atau gagasan, untuk memberikan argumen atau solusi dari suatu permasalahan yang dikemas dalam bentuk presentasi.

Supaya semakin mahir dalam melakukan presentasi maka ada beberapa teknik dalam menyampaikan presentasi yang menarik untuk audiens berikut teknik-tekniknya :

1.  Teknik Berbicara

Bercerita merupakan salah satu teknik presentasi yang menarik dalam presentasi. Teknik bercerita ini dikemas dengan baik dan natural saat menyampaikan materi akan membuat audiens menjadi antusias saat mendengarkannya.

2.  Teknik Humor

Teknik presentasi menggunakan humor juga dapat menarik audiens dalam menyampaiakan presentasi. Perbedaanya terletak pada kapan dan dimana humor tersebut digunakan. Jangan sampai salah menempatkan humor tersebut karena kemampuan menggunakan humor dalam presentasi membutuhkan keterampilan yang khusus dan tidak semua presenter mampu melakukannya.

3.  Teknik Pengulangan (Anaphora)

Teknik ini untuk menggambarkan penggulangan dari kata atau frase yang sama pada awal klausa atau kalimat berurutan. Teknik ini biasanya digunakan saat presentasi atau berpidato yang inspirasional atau motibasional.

4.  Teknik The Rule Of Three

Teknik ini memudahkan untuk mengekspresikan konsep lebih lengkap dan menekankan poin presentasi sehingga memudahkan audiens mengingat apa yang disampaikan.

5.  Teknik Vocal

Suara merupakan kekuatan utama dari seorang presenter. Bicaralah dengan suara yang jelas, tidak bergumam dan menggunakan nada atau suara yang dapat mereflesikan pesan yang disampaikan.

6.  Teknik Body Language

Teknik bahasa tubuh ini digunakan untuk memperkuat kata-kata sebagai cerminan perasaan yang disampaikan kepada audiens, sebaliknya bahasa tubuh audiens juga akan terlihat saat presenter sedang menjelaskan.

7.  Teknik Menjadi Diri Sendiri

Teknik ini merupakan hal yang penting untuk menyampaikan presentasi kepada audiens. Dengan memahami betul diri anda sendiri dalam presentasi, maka materi yang disampaikan akan menjadi menarik dan memukau bagi para audiens.