Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik

Pelatihan Sdm

Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik

 

Tips membuat slide presentasi yang menarik, dalam membuat slide presentasi biasanya menggunakan powerpoint sudah menjadi hal yang tidak asing lagi dalam dunia kerja. Presentasi yang baik akan menempatkan para audience menjadi fokus dan menarik dengan materi yang disampaikan. Meskipun keberhasilan presentasi sangat tergantung pada kemampuan pemateri dalam menyampaikan materi namun hal yang tidak boleh diremehkan yaitu megenai slide presentasi yang akan dibawakan.

Slide presentasi yang kurang bagus akan mengalihkan perhatian audience dan melemahkan kredibilitas seorang pemateri. Selain itu slide presentasi yang kurang bagus akan membuat audience merasa bosan dan tidak tertarik saat melihat materi presentasi yang ditampilkan. Sehingga untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi akibat tampilan slide presentasi yang kurang bagus, maka berikut merupakan tips dalam membuat slide presentasi yang menarik, diataranya meliputi :

1.  Menggunakan Theme Custom

Penggunaan tema (theme) dalam slide presentasi merupakan hal utama yang harus dipilih. Tema-tema ini sangat berguna karena mengandung banyak gagasan didalamnya. Dengan warna dan font yang dapat digunakan juga, selain itu tema juga dapat mendesain slide yang akan ditampilkan.

2.  Layout Slide

Layout slide merupakan titik awal untuk mendesain slide yang akan digunakan. Layout ini berisikan text box, gambar dan masih banyak yang lainnya. Tipsnya jangan meletakkan gambar atau teks yang tidak sesuai dengan isi yang ditampilkan dalam slide. Selain itu memastikan bahwa gambar yang dimasukan dalam slide tersebut mempunyai hubungan dalam satu kesatuan antara slide berikutnya.

3.  Slide

Slide ini akan memberikan pesan yang menarik pada setiap slide yang akan ditampilkan. Slide yang menarik akan membuat audience tertarik untuk mengetahui materi-materi berikutnya yang akan ditampilkan. Perhatikan warna dan font sesuai dengan tema yang sudah dipilih sehingga memudahkan untuk mengingat pokok-pokok penting dalam menyampaikan materi presentasi.

4. Visualisasi

Dengan menampilkan gambar, video, diagram atau tabel akan memudahkan untuk mengingat para audience dibandingkan hanya dengan tulisan saja. Tujuannya yaitu para audience yang melihat dapat dengan mudah untuk memahami tanpa harus banyak membaca semua slide nya. Namun juga tetap memasukan sedikit teks pada slide.

5.  Alur Slide

Membuat slide harus berkesinambungan antara slide satu dengan yang lainnyaa. Untuk membuat slide maka harus berkreasi supaya slide tersebut mempunyai alur yang jelas dan teratur baik slide awal (pembuka), penjelasan hingga penutup.

6.  Memanfaatkan Situs Pembuat PPT

Selain menggunakan desain asli yang ada di power point, alternatif lain juga dapat digunakan yaitu memanfaatkan situs pembuat presentasi yang menarik. Misalnya dengan beberapa situs seperti slidecarnival.com , canva.com , emaze.com , visme.com dan juga prezi.com.

Selain menggunakan Power Point yang menarik dan juga penyampaian materi yang baik kepada audiens. Keterampilan lain yang dapat digunakan untuk mendukung penyampaian presentasi yaitu keterampilan public speaking sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri saat melakukan presentasi.