Tips Menjalankan Fungsi Corporate Communication

pelatihan dan sertifikasi BNSP bidang MSDM/HRD

Tips Menjalankan Fungsi Corporate Communication

 

Tips menjalankan fungsi corporate communication Untuk urusan komunikasi perusahaan, umumnya orang lebih mengenal posisi public relations atau humas. Meski demikian, seiring perkembangan zaman keberadaan posisi corporate communication semakin dibutuhkan. Chron menggambarkan bahwa corporate communication memegang peran penting dalam bagaimana sebuah perusahaan digambarkan di mata investor, karyawan, dan masyarakat umum. Sementara itu, dilansir dari Northeastern University, corporate communication adalah cara di mana perusahaan berkomunikasi dengan beragam audiens, baik itu internal maupun eksternal. Jenis audiens ini sendiri sangat bervariasi. Umumnya elemen yang disasar adalah pelanggan atau pelanggan potensial, karyawan, stakeholder penting seperti investor, media, khalayak umum, dan juga pemerintah. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menangani berbagai macam kasus atau krisis atau masalah pada perusahaan. Terkadang, mereka juga berperan dalam komunikasi di bidang marketing. Pada intinya, corporate communication adalah sebuah wadah atau sarana dalam berkomunikasi baik internal atau eksternal. Kedua hal ini tidak boleh dianggap sebagai dua hal yang terpisah. Komunikasi eksternal dan internal harus berjalan beriringan agar tujuan bersama dapat terpenuhi. Selain untuk menyatukan komunikasi di perusahaan, ada juga beberapa fungsi penting corporate communication, di antaranya adalah :

1.Branding perusahaan

Menciptakan branding merupakan salah satu hal wajib bagi perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Corporate communication bertanggung jawab untuk menjaga image, menyampaikan pesan, menciptakan reputasi yang baik, dan juga semua tujuan yang ingin disampaikan kepada publik.

2. Komunikasi krisis

Setiap perusahaan khususnya perusahaan besar pastinya akan berjaga-jaga dan menyiapkan rencana jika perusahaan dilanda krisis atau musibah. Mereka akan mempersiapkan corporate communication dengan orang yang betul-betul kompeten dalam bidangnya. Mengapa demikian? Komunikasi saat krisis harus dihadapi dengan sangat hati-hati jika tidak akan berpengaruhi dengan reputasi dari perusahaan itu sendiri.

3. Berbagi informasi

Tidak hanya dari segi eksternal saja, corporate communication juga sangat bermanfaat bagi jalannya komunikasi di antara pegawai internal. Hal ini berlaku misalnya dalam urusan berbagi informasi. Salah satu hal yang bisa menjadi gambaran dari hal ini adalah, corporate communication bisa membagikan tujuan dan visi perusahaan kepada seluruh karyawan. Dengan menjalankan fungsi komunikasi internal tersebut, karyawan akan merasa lebih terikat dengan perusahaan. Jika sudah begini, maka performa dari pegawai akan mengalami peningkatan.

4. Tanggung jawab perusahaan

Belakangan ini, tanggung jawab perusahaan kepada publik atau sering disebut corporate responsibility menjadi semakin penting. Corporate communication dapat menjalankan fungsi ini. Melalui fungsi ini, perusahaan akan terlihat lebih bisa beradaptasi dengan kondisi sosial dan masyarakat yang ada di sekitarnya.

5. Memperbaiki produktivitas pegawai

Produktivitas sangat dibutuhkan sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Ternyata, komunikasi sangat berpengaruh pada proses ini seperti contohnya dalam menyelesaikan masalah atau problem solving. Para pegawai pastinya sering kali mengalami kesulitan dalam bekerja. Saat mengalami hal ini, mereka akan mencari tahu tentang masalah yang bersangkutan dengan pekerjaannya.