Trik Jitu Membuat Company Profile yang Menarik

Pelatihan Sdm

Trik Jitu Membuat Company Profile yang Menarik

Membuat profil perusahaan atau Company Profile menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan guna mendukung berbagai aktivitas organisasi perusahaan, khususnya dalam rangka menyebarkan informasi mengenai seluk-beluk perusahaan kepada publik atau calon konsumen.

Jika ada yang mengatakan sebuah profil bisnis bukanlah hal penting, maka tentu saja itu keliru. Memang kebanyakan perusahaan yang sudah berjalan normal dan menguntungkan, mereka mungkin tidak terlalu peduli akan profil perusahaan. Namun, bagaimana seorang konsumen tahu bahwa perusahaan tersebut maju jika company profile yang mereka baca untuk pertama kalinya tidak menariknya untuk percaya dengan perusahaan tersebut? Disinilah penting sebuah company profile terutama untuk membuat first impression yang mengesankan dan menarik tentunya.

Beberapa cara untuk membuat profil perusahaan atau Company Profile yang bagus diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membuat Profil perusahaan haruslah singkat, padat dan jelas.

Memaparkan produk maupun perusahaan kepada para pemangku kepentingan akan lebih baik jika dilakukan secara efektif dan efisien, yakni tidak terlalu banyak membuang waktu namun mampu menyita perhatian mereka agar fokus pada informasi yang ingin disampaikan.

2. Langsung ke pokok persoalan.

Profil perusahaan yang dibuat dengan penuh basa-basi menyebabkan kejenuhan bagi pembaca karena terlalu bertele-tele. Gunakan kalimat yang efektif, hal-hal yang memang tidak perlu dapat dipotong atau dihapus sehingga pembaca langsung bisa menangkap pokok persoalan yang akan disampaikan.

3. Gunakan data yang akurat.

Dalam membuat company profile, menyampaikan data-data secara akurat harus dilakukan guna meningkatkan kepercayaan semua pihak yang berkepentingan. Dengan data yang akurat dan terjamin validitasnya, mereka yang akan melakukan penelusuran, penelitian kelapangan secara langsung, ataupun mengkonfirmasi informasi yang ada dalam perusahaan tidak akan merasa dibohongi. Mengeksplorasi dan menyampaikan informasi tentang kelebihan perusahaan tanpa kebohongan merupakan kunci sukses dalam membangun komunikasi melalui company profile.

4. Informasi yang ter-update

Seiring berjalannya waktu, perusahaan tentu akan mengalami perubahan-perubahan. Buatlah company profile sesuai dengan kondisi terkini.  Update informasi dalam profil bisa dilakukan setidaknya 6 bulan sekali, ataupun pada saat terjadi perubahan yang mendasar pada perusahaan sehingga bisa mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan.

5. Disajikan dengan cara kreatif

Company profile yang dibuat haruslah mampu memberi kesan profesional sehingga akan sesuai dengan kepentingan bisnis. Gunakan bahasa visual maupun verbal yang mampu membangkitkan minat, memberi kesan positif, menjadi pusat perhatian dan mampu  menginspirasi.

Company profile yang disajikan dengan baik bisa digunakan sebagai sarana pemasaran untuk menarik minat investor dan klien atau diberikan kepada orang-orang yang ingin mengetahui misi perusahaan dan aktivitasnya.

This entry was posted in Pelatihan Kehumasan and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.