Employee Development Program

Sebagaimana kita ketahui, organisasi (termasuk juga perusahaan) merupakan suatu sarana yang digunakan untuk mengoordinasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu produktivitas, kesejahteraan dan kepuasan karyawannya, serta perkembangan dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan. Terdapat faktor-faktor penunjang keberlangsungan suatu organisasi (perusahaan) dalam mencapai tujuan tersebut, salah satu faktornya adalah peran sumber daya manusia (SDM) atau karyawan dari suatu perusahaan.

Adanya perkembangan bisnis global menuntut persaingan kompetitif antar perusahaan untuk dapat memasuki pasar atau bahkan berhasil menguasai pasar. Oleh karena itu perusahaan harus menyiapkan semua sumber daya yang dimilikinya untuk dapat bersaing. Lingkungan industri yang kompetitif memacu setiap perusahaan dan organisasi untuk terus meningkatkan serta memaksimalkan usaha serta potensi kerja yang dimiliki oleh karyawannya.

Oleh sebab itu, agar dapat terus berkembang dan memiliki daya saing kuat, perusahaan tentunya harus memberikan pelayanan terbaik (top performance) kepada customer. Namun demikian, hal itu tidak dapat terjadi serta merta begitu saja. Untuk mewujudkan perusahaan yang baik, juga perlu adanya dukungan dari sumber daya manusia atau karyawan yang baik, berkualitas, mumpuni, memiliki loyalitas, dan memiliki motivasi yang baik

Karyawan, memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi karena manusia memiliki kemampuan dan keahlian yang bersifat unik dan tidak dapat tergantikan oleh mesin. Sekalipun sekarang ini merupakan abad teknologi yang mana banyak mesin-mesin canggih diciptakan untuk membantu mempercepat produksi atau bahkan menggantikan peran manusia dalam sebuah perusahaan, tapi peran penting sumber daya manusia tetap tidak bisa digeser oleh mesin. Betapa tidak, sebagaimana diketahui, bahkan mesin-mesin berteknologi canggih sekalipun membutuhkan peran manusia agar dapat beroperasi.

Untuk itu, perlu kiranya bagi suatu organisasi atau perusahaan melakukan perencanaan kedepan dengan mengagendakan suatu program pengembangan kompetensi karyawan atau sumber daya manusia (Employee Development Program). Pengembangan merupakan suatu proses yang memungkinkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan pada individu dari kondisi saat ini menuju kondisi yang dibutuhkan, yakni meningkatnya pengetahuan, keahlian dan kompetensi. Sebagaimana dikatakan Noe dalam Employee Training and Development (2008), Pengembangan karyawan merupakan komponen yang sangat penting dalam usaha perusahaan untuk meningkatkan kualitas, mencapai kompetisi global dan beradaptasi pada perubahan sosial.

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.