Program-Program Pengembangan Karyawan

Karyawan, memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi karena manusia memiliki kemampuan dan keahlian yang bersifat unik dan tidak dapat tergantikan oleh mesin. Sekalipun sekarang ini merupakan abad teknologi yang mana banyak mesin-mesin canggih diciptakan untuk membantu mempercepat produksi atau bahkan menggantikan peran manusia dalam sebuah perusahaan, tapi peran penting sumber daya manusia tetap tidak bisa digeser oleh mesin. Betapa tidak, sebagaimana diketahui, bahkan mesin-mesin berteknologi canggih sekalipun membutuhkan peran manusia agar dapat beroperasi.

Untuk itu, perlu kiranya bagi suatu organisasi atau perusahaan melakukan perencanaan kedepan dengan mengagendakan suatu program pengembangan kompetensi karyawan atau sumber daya manusia (Employee Development Program). Pengembangan merupakan suatu proses yang memungkinkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan pada individu dari kondisi saat ini menuju kondisi yang dibutuhkan, yakni meningkatnya pengetahuan, keahlian dan kompetensi. Sebagaimana dikatakan Noe dalam Employee Training and Development (2008), Pengembangan karyawan merupakan komponen yang sangat penting dalam usaha perusahaan untuk meningkatkan kualitas, mencapai kompetisi global dan beradaptasi pada perubahan sosial. Menurut para ahli, program pengembangan karyawan yang efektif untuk diagendakan yaitu:

Orientasi atau Sosialisasi
Kegiatan ini merupakan pengenalan karyawan baru terhadap kebijakan dan program organisasi, kepada orang- orang dengan siapa mereka akan bekerja serta terhadap pekerjaan itu sendiri;

Pelatihan dan Pengembangan.
Pelatihan dirancang untuk meningkatkan keterampilan dalam pekerjaan sekarang ini, sedangkan pengembangan ditujukan dalam mendidik karyawan diluar tuntutan pekerjaan saat ini sehingga mereka dipersiapkan untuk promosi dan mampu melihat peran mereka dalam organisasi dengan wawasan yang luas.

Perencanaan dan Pengembangan Karir.
Karir karyawan dan kebutuhan perusahaan adalah hal yang tak terpisahkan, oleh karena itu perusahaan harus membantu karyawannya dalam merencanakan karir mereka agar kebutuhan kedua belah pihak dapat terpenuhi. Dalam perencanaan karir, peran karyawan adalah terlibat dan berkomitmen dalam semua perencanaan karir, sedangkan peran perusahaan adalah membuat sistem perencanaan karir berupa asesmen atau pengukuran kompetensi dan kinerja karyawan, mengarahkan karyawan dengan menyediakan berbagai sumber informasi, sistem yang memadai, dan juga mengkomunikasikan sistem tersebut melalui peran coaching ataupun mentoring dari atasan ke bawahan.

Incoming search terms:

  • mengapa perusahaan perlu merencanakan program pelatihan dan pengembangan karyawan secara periodik
  • program perencanaan pelatihan karyawan
  • program pelatihan untuk karyawan
  • contoh program pengembangan sumber daya manusia
  • program development karyawan
  • program pengembangan karyawan di perusahaan
  • contoh pengembangan karyawan
  • program pengembangan karyawan
  • contoh program pengembangan sdm
  • program pengembangan pegawai
This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.